Spot Diving Gunung Api Bawah Laut Ada di Kepulauan Sangihe

Keindahan laut Indonesia nggak cuma terlihat dari cantiknya batu karang. Tapi Indonesia juga punya spot diving atau menyelam gunung api bawah laut yang menarik banget buat dicoba.

Spot Diving Gunung Api Bawah Laut Ada di Kepulauan Sangihe

Jumlah gunung api bawah laut di Indonesia nggak cuma satu. Masih aktif, tapi terbilang aman buat dijelajahi. Dari sekian gunung api di Indonesia, tapi cuma sebagian saja yang ada di perairan dangkal, dan bisa dinikmati keindahannya oleh banyak wisatawan.

Spot gunung api itu ada di laut Pulau Mahengetang, Sulawesi Utara. Lokasi Pulau Mahengetang ini ada Kepulauan Sangihe. Lokasi tepatnya berjarak 300 meter dari sisi barat daya Pulau Mahengetang.

Suhu Air 37 Sampai 38 Derajat Celcius

Spot Diving Gunung Api Bawah Laut Ada di Kepulauan Sangihe

Image source: ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Gunung api bawah laut ini terbilang unik, karena cukup dangkal. Makanya Spot di Kepulauan Sangihe ini paling memungkinkan buat diselami.

Karena termasuk dalam gunung api, jadi wajar kalau suhu airnya nggak biasa dibanding penyelaman di spot laut pada umumnya. Kalau di sekitaran gunung api bawah laut Pulau Mahengetang ini, suhu arinya mencapai 37 derajat sampai 38 derajat celcius. 

Kerennya lagi, gunung api bawah laut Pulau Mahengetang ini punya titik punya yang dekat banget sama permukaannya, yaitu 8 meter.

Cuma 2 di Dunia yang Nggak Berbahaya

Spot Diving Gunung Api Bawah Laut Ada di Kepulauan Sangihe

Image source: abadikini.com

Spot underwater volcano ini sebenarnya banyak di dunia. Tapi yang nggak terlalu berbahaya buat dijelajahi para penyelam itu cuma dua, ada di Kepulauan Karibia dan Kepulauan Sangihe.

Meski gunung api bawah laut ini bisa disusuri para penyelam, tapi tetap harus waspada ya, bro. Kalau lo melihat ada gelembung-gelembung di antara bebatuan, maka itulah puncak gunung atau titik kepundan. 

Sebaiknya hindari titik gelembung yang lo lihat. Jangan pernah memasukkan tangan telanjang ke antara gelembung tersebut. Bisa bikin tangan melepuh.

Di Kepulauan Sangihe ini memiliki empat gunung berapi, yakni Gunung Sahendaruman dengan ketinggian 1.046m, Gunung Awu 1.320m, Gunung Kakiralong 1.002m dan Gunung Banua Wuhu, yang berada di bawah permukaan laut.

Nah spot yang paling memungkingkan diselami itu yang Gunung Banua Wuhu. Di titik ini lo bisa menyelam dengan snorkeling maupun diving, dengan kedalaman hanya 5 meter.

Banua Wuhu ini merupakan gunung vulkanik yang masih aktif dan puncak gunungnya berada di kedalaman sekitar 6-8 meter di bawah permukaan laut. 

Pesona Pulau Mahengetang

Spot Diving Gunung Api Bawah Laut Ada di Kepulauan Sangihe

Image source: commons.wikimedia.org

Kalau menyelam di perairan ini lo juga bisa menemukan biota laut dari jarak dekat. Menyelam di kedalaman 10-20 meter, lo bakal nemuin ekosistem laut yang menakjubkan. Kerennya, Banua Wuhu sudah terkenal sampai ke mancanegara lho.

Dianjurkan kalau mau menyelam di sini jangan saat sore hari. Arus di perairan Pulau Mahengetang kuat banget kalau sore hari. Maka hindari deh niat menyelam sore atau malam hari di Pulau Mahengetang.

Kalau mau ke sini, lo bisa langsung menuju Manado terus dilanjut perjalanan ke Tahuna, baru deh ke Pulau Mahangetang. Dari sana, lo masih harus naik kapal sekitar 1 jam untuk menuju ke titik penyelaman.

 

source: https://bali.tribunnews.com/2018/09/16/spot-diving-gunung-api-bawah-laut-hanya-ada-dua-di-dunia-salah-satunya-di-kepulauan-sangihe?page=all
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

23 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Ahmad Juhanda
Nice info
Agus Sungkawa
Spot yang sangat bagus
Muhammad Romli
Tempat yang menjakan utk pencinta diving
Yuniarto ( Tato )
Keren bangettttt
Yeni Kurniasih
Nice informasi
Yadi pitriadi
ekosistem laut yang menakjubkan keren banget.
agung
tq info ya
Yoga prisma haryanto
Kereeeennnnn..mantap lah
arief
maksih infonya