Waspada Saat Hiking Ya Bro, Bisa-bisa Ketemu Hewan Buas!

Ada banyak kemungkinan yang terjadi ketika melakukan petualangan di alam bebas. Salah satu yang dikhawatirkan itu umumnya bertemu dengan hewan liar.

Waspada Saat Hiking Ya Bro, Bisa-bisa Ketemu Hewan Buas!

Jangan khawatir, bro. Selama nggak ada yang saling mengusik, traveling lo bakal asyik-asyik aja kok. 

Cuma lo harus waspada. Namanya juga lagi bertamu ke habitat mereka, pertemuan lo dengan hewan liar pasti kejadian.

Jangan Panik

Waspada Saat Hiking Ya Bro, Bisa-bisa Ketemu Hewan Buas!

Image source: unsplash.com/@wsanter

Bisa meredam kepanikan saat bertemu hewan liar itu suatu keharusan bro. Kalau lagi bertemu hewan yang membahayakan sebisa mungkin tetaplah tenang. kepanikan yang lo perlihatkan justru bisa memancing kemarahan para hewan liar itu.

Biasanya juga, hewan bisa menyerang ketika tahu ada yang ketakutan. So, tetap rileks. Biasanya sih hewan yang sering ditemukan saat hiking itu mulai dari monyet liar, ular, sampai harimau.

Nah, kalau nggak mau berakibat fatal, baiknya tenang ya. Sudah banyak lho kejadian yang diserang hewan di hutan.

Nggak cuma itu aja, lo juga harus menjauhi bayi dari hewan-hewan liar itu. Nggak sedikit lho, hewan yang tadi jinak tiba-tiba jadi menyerang, karena merasa bayinya diganggu. Lebih baik jangan dekat-dekat dengan bayi hewan ya, daripada lo yang terancam.

Waspada Binatang Besar

Waspada Saat Hiking Ya Bro, Bisa-bisa Ketemu Hewan Buas!

Image source: backpacker.com

Ketika hiking bisa saja lo bertemu dengan hewan liar yang berbadan besar. Misalnya beruang. Sebisa mungkin kalau hal ini kejadian lo harus segera cari sebuah bukit yang tinggi. Termasuk kalau ketemu harimau. Jangan bertindak gegabah. Mundurlah perlahan sambil menatap matanya. Jangan panik dan tetap tenang sampai harimau itu meninggalkan lokasi lo berada.

Satu hal lagi nih bro, jangan pernah kasih makanan hewan-hewan liar itu. Usahakan tutup tenda rapat-rapat. Jangan juga mengeluarkan makanan yang punya aroma sedap. Itu bisa memancing kedatangan hewan bro. 

Pendaki juga harus memiliki kemampuan beradaptasi cepat dan gesit. Kalau memang hewan itu sudah mengancam keselamatan maka langkah yang paling tepat adalah menyelamatkan diri. 

Kalau lo terancam dengan keberadaan babi hutan, maka lo bisa menghindar dengan naik ke atas pohon. Babi hutan juga menyerang pendaki. 

Jaga kebersihan juga jadi poin untuk menghindari masuknya hewan-hewan liar ke area tenda pendaki. Sampah jangan sampai berserakan. Terus tutup rapat kantung sampahnya, dan simpan di area yang aman saat nge-camp. 

Karena para hewan-hewan liar ini kadang mencari makan dari sisa makan manusia yang berbau dan amis. Sisa makanan seperti tulang ayam atau ikan sebaiknya langsung dibuang ke tempat aman. Bisa disimpan rapi di kantong sampah, terus dibawa turun. Atau kubur saja rapat-rapat, tapi jangan di dekat tenda camping ya.

 

source: https://www.superadventure.co.id/news/3725/waspada-binatang-binatang-berbahaya-ini-saat-hiking/
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Muhammad Romli
Selalu haris waspada
Yuniarto ( Tato )
Waspadaaaaa
Dewandi amirullah
Selalu berhati hati
Reno Kuncoro
mantap , bermanfaat
agung
tq info ya
Yoga prisma haryanto
Jangan menganggu
Yadi pitriadi
Slalu waspada dan jangan mengganggu
Sumardiyono
tank infonya
Ricko Pratama Putra
Yuphh betul
Rull
Setuju min, nice infoooonya