Siap-siap, Jepang Mau Buka Pariwisata Pada Musim Semi 2021!

Mau traveling ke Jepang tapi tertunda lama akibat pandemi di tahun ini? Tenang bro, kabarnya pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk uji coba perizinan wisatawan asing dalam jumlah terbatas pada musim semi 2021. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Siap-siap, Jepang Mau Buka Pariwisata Pada Musim Semi 2021!

Tempat yang sangat asri dan budayanya yang unik bisa dibilang menjadi "senjata" andalan Jepang untuk menarik para wisatawan di seluruh dunia agar berkunjung ke negaranya. Nggak heran, jika banyak sekali traveler yang merindukan suasana di Negeri Sakura saat masa pandemi ini.

Yup, saat masa pandemi Jepang memang menutup pintu pariwisata dari wisatawan asing guna meminimalisir penyebaran pandemi. Namun, kini kabarnya pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk uji coba dan mengizinkan kembali wisatawan asing dalam jumlah terbatas pada musim semi 2021, bro.

Persiapan Pelaksanaan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo

Siap-siap, Jepang Mau Buka Pariwisata Pada Musim Semi 2021!

Image source: Reuters

Dilansir laman kompas dari The Asahi Shimbun, langkah ini dilakukan untuk menilai persiapan Jepang menangani pandemi ini sebelum pelaksanaan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo yang sempat tertunda di tahun 2020 kemarin, bro.

Akibat tertunda, Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo direncanakan bakal digelar pada 2021 ini. Percobaan dibukanya pintu pariwisata ini tentu saja menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan kembali industri pariwisata Jepang yang terdampak parah dari pandemi Covid-19, bro.

Prosedur Khusus untuk Tur Spesial

Siap-siap, Jepang Mau Buka Pariwisata Pada Musim Semi 2021!

Image source: pexels.com/@donaldtong94

Dilansir laman kompas dari Travel Off Path, para wisatawan asing yang jumlahnya sangat terbatas ini wajib melalui berbagai pembatasan dan prosedur yang didesain guna menjaga wisatawan dan masyarakat lokal biar tetap aman, bro.

Sebagai bagian dari pencegahan penyebaran virus, peserta tur kecil ini akan diharapkan untuk bepergian di kendaraan sewaan, misalnya bus. Selain itu, mereka juga akan bergerak secara terpisah dari grup turis asing lainnya untuk menghindari kerumunan besar di satu daerah wisata.

Setelah menerima pengunjung untuk pagelaran olahraga, rencananya Jepang bakal mengizinkan turis masuk kembali ke Jepang secara bertahap, bro.

Penggunaan Fasilitas Publik Secara Terbatas

Siap-siap, Jepang Mau Buka Pariwisata Pada Musim Semi 2021!

Image source: unsplash.com/@fikrirasyid

Nantinya, atlet yang datang ke Jepang untuk mengikuti perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade kemungkinan besar bakal diizinkan untuk menggunakan transportasi publik selama berada di Negeri Sakura ini, bro.

Oleh karena itu, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan para peserta tur spesial di musim semi untuk menggunakan beberapa gerbong kereta Shinkansen. Namun secara prinsip, dalam rencana terbaru para wisatawan belum bisa menggunakan sistem transportasi publik setelah kedatangan mereka.

Sejauh ini belum ditentukan sebesar apa jumlah peserta yang bisa mengikuti tur spesial. Serangkaian tindakan pencegahan untuk turis bisnis jangka pendek yang dapat memasuki Jepang tanpa periode isolasi mandiri juga akan diterapkan pada peserta tur spesial tersebut, bro.

Agen Perjalanan Bakal Bertanggung Jawab

Siap-siap, Jepang Mau Buka Pariwisata Pada Musim Semi 2021!

Image source: Leo Patrizi / Getty Images

Agen perjalanan diharapkan agar selalu mengawasi suhu tubuh para peserta sebagai tanggung jawab mereka memantau kondisi kesehatan para peserta.

Para peserta juga wajib menunjukkan sertifikat yang membuktikan hasil tes negatif coronavirus serta bukti pembelian asuransi medis perjalanan sebelum kedatangan mereka ke Jepang. Termasuk juga rincian mengenai rencana aktivitas mereka selama berada di Jepang, bro.

Sebagai tambahan, para peserta tur akan diminta untuk memisahkan diri mereka dari wisatawan asal Jepang ketika di hotel atau destinasi wisata. Wisatawan juga diminta untuk menggunakan aplikasi contact-tracing untuk mengonfirmasi jika mereka terinfeksi virus serta juga menggunakan aplikasi LINE untuk melaporkan kondisi kesehatan mereka, bro.

 

Referensi: https://travel.kompas.com/read/2020/12/08/161800727/jepang-berencana-buka-pariwisata-pada-musim-semi-2021-ini-alasannya?page=all#page2
Trending Beginner Extreme solo traveling

23 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
wah pas sakura bersemi
Senuadi Tandun
bakal oengunjung membludak
Muhammad Romli
Siap siap buat yg punya planing jalan ke Jepang
Hari Tristiyanto
Mantap....
Yuniarto ( Tato )
Jepang niceeee
Sumardiyono
nice infonya
Miftha Noviarti
Good info
Yeni Kurniasih
Negeri matahari terbit
Hengky  kik
kapan bisa kesana ya
Cecep Jajang
Duh pengen ngerasain liburan di Jepang