Gunung Talamau, Surga Telaga di Pasaman Barat

Daya tarik pegunungan selalu bikin mau balik lagi dan balik lagi. Bentang alam dari ketinggian bisa dilihat dengan mata telanjang. 

Gunung Talamau, Surga Telaga di Pasaman Barat

Berdiri di puncak diantara gumpalan awan putih bikin hati meleleh. Belum lagi tragedi saat perjalanan yang menyempurnakan petualangan di alam bebas. 

Ada yang bikin jengkel, ada juga yang bikin senyum-senyum sendiri. Pengalaman itu yang akhirnya nempel dan mau diulang lagi. 

Bersyukur Indonesia memiliki banyak pegunungan yang layak untuk didaki. Salah satunya Gunung Talamau di Pasaman Barat, Sumatera Barat. 

Gunung Talamau ini punya keunikan sendiri yang nggak bakal lo temuin di pegunungan lain. Gunung ini berpagarkan aneka vegetasi hijau yang sejuk banget. Belum lagi ada belasan telaga yang membentang di kaki Gunung Talamau. Lokasi ini surganya buat yang cari keteduhan.

Ada 13 Telaga di Kaki Gunung Talamau

Gunung Talamau, Surga Telaga di Pasaman Barat

Image source: instagram.com/samsulah

Kawasan ini bisa dibilang surganya telaga. Gimana nggak, selain di kaki Gunung Talamau, di sekitar gunung ini ada 13 telaga cantik di antara rimbunnya pepohonan hijau hutan Talamau. Bahkan gunung ini juga termasuk gunung dengan jumlah telaga terbanyak di Indonesia.

Belasan telaga itu memiliki nama, mulai dari Talago Biru, Buluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rubiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa,Satwa, Siuntang Sudah, Tapian Puti Mambang Surau dan Tapian Sutan Bagindo.

Semakin dekat dengan camp, maka semakin banyak telaga yang bisa dijumpai. Sumber air yang digunakan pendaki saat menginap di camp terakhir juga dari telaga ukurannya cukup luas dan dinamai telaga Putih Sangka Bulan.  

Air Terjun Putri Lenggo Geni

Gunung Talamau, Surga Telaga di Pasaman Barat

Image source: Wildan Carbon/Travelingyuk.com

Nggak cuma memiliki belasan telaga aja, daya tarik Gunung Talamau juga karena ada Air Terjun Putri Lenggo Geni. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 100 meter.

Air terjun ini jadi spot paling tepat buat melepaskan rasa capek. Air terjun ini nggak jauh dari camp Harimau Campo atau pos penjagaan di pintu rimba. Sambil menikmati kopi hangat, lo bisa menikmati alam dengan suara gemuruh air terjun.

Rute ke Gunung Talamau

Gunung Talamau, Surga Telaga di Pasaman Barat

Image source: instagram.com/caarabiner

Gunung Talamau masuk dalam wilayah desa Pinaga, kecamatan Kinali, kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Perjalanan sampai ke desa ini bisa ditempuh dengan dua rute yakni dari Kota Padang dan Rao. Tapi biasanya rute dari Padang yang paling banyak dilalui. Selain karena Padang ibu kota Sumatera Barat, tetapi juga karena banyak transportasi ke Padang-Pasaman Barat. 

Gunung Talamau sendiri memiliki ketinggian 2.980 mdpl sekaligus gunung tertinggi yang ada di Sumatera Barat. Ada beberapa pos camp yang sumber airnya bisa digunakan. Pos ini juga bisa buat mendirikan tenda setelah memasuki hutan Gunung Talamau. Di antaranya yaitu, pos Pintu Rimba atau Harimau Campo, camp Rindu Alam (1100 Mdpl), camp Bumi Sarasah (1860 mdpl), camp Peninjauan (2500 Mdpl), dan yang terakhir camp Rajawali (2880 mdpl). Jarak antar camp perkiraan waktunya 2 sampai 3 jam perjalanan.

 

source: https://www.superadventure.co.id/news/20180/ingin-mendaki-gunung-talamau-jangan-lupa-akan-4-fakta-menariknya-ini-yaa/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

35 COMMENTS

SHARE
Anchakdc
Nice infonya
HikmaKDC
Nice infonya
ABD SAMA KDC
Nice infonya
RISNA
Nice infonya
KARISNA R
Nice infonya
Nur hikmah Ramadan kdc
Nice infonya
Fajar Satritama
Mantap inimah
HAMSAH
Nice infonya
IMMA KDC
Nice infonya
Yadi pitriadi
Keren luar biasa alam Indonesia..