Beberapa Museum Unik yang Nggak Kalah Menarik di Indonesia

Museum memang seringkali dianggap sebagai tempat yang dipenuhi dengan benda-benda bersejarah. Bahkan, banyak juga yang kurang tertarik untuk berkunjung ke museum karena merasa tempat tersebut terlalu biasa dan membosankan. Tapi, Indonesia juga punya museum unik yang nggak kalah menarik buat dikunjungi saat liburan lho, bro. Berikut ulasan selengkapnya!

Beberapa Museum Unik yang Nggak Kalah Menarik di Indonesia

Pernah menjadikan museum sebagai salah satu tujuan wisata? Yup, museum memang seringkali dinilai kurang menarik dan membosankan untuk dijadikan tujuan wisata. Tapi, nggak semua museum seperti itu lho, bro.

Pasalnya, Indonesia punya beberapa museum yang memiliki koleksi unik dan sangat menarik buat dikunjungi. Berkunjung ke museum-museum ini pasti bakal bikin liburan lo menjadi menyenangkan dan menambah wawasan, bro.

Berikut ini beberaoa museum unik yang nggak kalah menarik di Indonesia buat referensi liburan selanjutnya!

Museum Kesehatan Dr Adhyatma, Surabaya

Beberapa Museum Unik yang Nggak Kalah Menarik di Indonesia

Image source: https://travelingyuk.com/museum-kesehatan-dr-adhyatma/251479

Sesuai namanya, Museum Kesehatan Dr. Adyatma ini memamerkan koleksi peralatan medis. Pasalnya, museum yang berada di Jl. Indrapura No.17, Kemayoran, Kec. Krembangan, Surabaya ini didirikan oleh dr. Haryadi Suparto.

Sebelum dialihfungsikan menjadi museum, bangunan ini adalah sebuah rumah sakit kelamin terbesar di Asia Tenggara lho, bro. Bukan Cuma sekadar dokter, dr. Haryadi juga seorang ahli dalam bidang supranatural.

Wajar saja, jika museum ini juga memiliki koleksi non medis seperti patung jelangkung serta hasil rontgen bagian perut korban santet yang bikin bulu kuduk lo berdiri, bro. Museum ini juga lebih dikenal sebagai museum santet dibanding museum kesehatan oleh warga sekitar.

Siap-Siap Tercengang di Museum Rekor Indonesia

Beberapa Museum Unik yang Nggak Kalah Menarik di Indonesia

Image source: https://twitter.com/MURI_org

Kalau lo sedang butuh sesuatu yang bisa bikin mulut lo ternganga, datang saja ke Museum Rekor Indonesia (MURI). Dijamin selama berada di dalam bangunan museum ini lo akan tercengang akan semua rekor yang pernah dibuat oleh orang-orang Indonesia, bro.

Contoh koleksi museum yang berada di semarang antara lain; lukisan wajah yang dibuat dari 1,5 kuintal paku, ada juga lipstick setinggi 3 meter, dan patung budha terkecil yang dibuat dari sebatang korek api. MURI juga melengkapi koleksinya dengan sejumlah dokumentasi berupa video pemecahan rekor.

Museum Angkut yang Fotogenik

Beberapa Museum Unik yang Nggak Kalah Menarik di Indonesia

Image source: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Inside_Museum_Angkut_(Transport_Museum),_Batu,_Malang_Indonesia_01.jpg

Museum yang satu ini namanya pasti sudah familiar di telinga lo, kan? Yup, Museum Angkut yang berada di Kota Batu ini nggak hanya menawarkan informasi tentang sejarah transportasi, tetapi juga spot kece buat lo yang doyan berfoto ria. Setiap sudutnya memang fotogenik buat dijadikan background foto.

Eits, jangan sampai lo keasikan foto-foto dan melewatkan informasi yang ada di museum ini ya. Di sini lo dapat menemukan koleksi jenis-jenis angkutan mulai dari sepeda hingga pesawat terbang. Museum ini juga turut memamerkan beragam kendaraan lama yang otentik lho, bro.

Museum Kata Andrea Hirata, Kepulauan Bangka Belitung

Beberapa Museum Unik yang Nggak Kalah Menarik di Indonesia

Pasti sudah nggak asing kan, dengan sosok Andrea Hirata? Yup, dari tangan pria asal Belitung itu nggak hanya terlahir novel-novel best seller tetapi juga ia membangun sebuah museum sastra pertama di Indonesia, bro.

Keunikan museum ini pasti bakal dirasakan bahkan sebelum lo masuk ke dalamnya, bro. Sebab, dari luar bangunan ini dicat warna-warni dengan instalasi seni yang menarik dan sedap dipandang mata.

Memasuki ruangan museum lo bakal disambut dengan koleksi novel Laskar Pelangi yang disadur ke dalam beberapa bahasa asing. Ada juga sejumlah potret yang merupakan cuplikan film yang diadaptasi dari novel tersebut, bro.

Kalau capek berkeliling, lo juga bisa bersantai sejenak sambil menyeruput kopi khas Belitung yang disajikan secara tradisional. Pasti bakal bikin wisata ke museum jadi menyenangkan, bro.

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/travel/museum-unik-indonesia-61830
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Yadi pitriadi
Keren banget infonya
Agus Sungkawa
Musium yang antik.. Wajib d kunjungi
Hari Tristiyanto
Keren2 worthed bangt tuk dikunjungi
Sumardiyono
tanks infonya
Muhammad Romli
Lihat barang antik sambil eruput kopi.. Mantaap
SRI YAYA ASTUTI
traveling dan edukasi
Yuniarto ( Tato )
Keren Banget
Hengky  kik
baru kerkunjung ke musium angkut aja di malang
agung
tq info ya
dephy
MOBIL SAKSI SEJARAH