Buat yang Hobi Panjat Tebing, Ini Bedanya Carabiner Sama Mailon Rapid!

Punya kegemaran memanjat tebing tentunya nggak bisa sekadar asal kuat otot saja. Teknik dan peralatannya harus dipahami untuk meminimalisir cedera atau kecelakaan.

Buat yang Hobi Panjat Tebing, Ini Bedanya Carabiner Sama Mailon Rapid!

Kesalahan yang sering kejadian dalam olahraga ekstrem ini adalah kurangnya pengetahuan si pemanjat. Biasanya kesalahan dilakukan buat para pemula atau bisa juga karena kurangnya disiplin saat melakukan panjat tebing. Risikonya bisa fatal, lho.

Salah satu kesalahan yang sepele tapi fatal adalah kurang primanya peralatan panjat tebing. Peralatan semacam tali, carabiner dan sebagainya tuh nggak bisa dicuekin aja. Haru ada perawatannya juga, bro. Dan, jangan lupa diperiksa ulang ketika mau mulai lagi panjat tebing. 

Jangan sampai peralatan vital yang sudah usang, tiba-tiba dipakai sebelum dicek. Wah, berabe urusannya tuh. Jadi, diperhatikan lagi ya mas bro.

Nah, dari sekian banyak peralatan panjat tebing, ada dua item nih yang perawakannya sama. Tapi sebenarnya, dua alat ini punya fungsi yang beda. Buat anak panjat tebing pasti sudah pada tahu. Iya betul banget, dua alat itu carabiner dan mailon rapid. Apa sih perbedaannya?

Carabiner

Buat yang Hobi Panjat Tebing, Ini Bedanya Carabiner Sama Mailon Rapid!

Image source: https://countycomm.com/products/kong-tango-carabiner-with-double-gate-keylock-system

Carabiner adalah alat panjat berupa lingkaran dengan model tertutup. Carabiner biasanya terbuat dari alumunium alloy. Carabiner diciptakan pertama kali untuk pendakian pada tahun 1910 oleh Otto Herzog seorang pendaki Jerman.

Awal kata Carabiner ini berasal dari kata Karabenerhaken yang berarti hook atau carabin. Secara definisi carabiner berarti lingkaran tertutup yang terbuat dari bahan alumunium alloy, sebuah bahan campuran keras yaitu baja dan alumunium.

Carabiner terdiri dari empat bagian, di antaranya adalah gate, frame ujung atas dan bawah, serta spine frame. Fungsi alat ini untuk kegiatan di alam bebas yang berisiko tinggi seperti panjat tebing, penyusuran goa, mendaki gunung. Bisa juga digunakan sebagai alat pengaman saat bekerja. Carabiner digunakan dengan cara dikaitkan ke tali, harness, anchor ataupun ke carabiner lain sebagai alat pengaman.

Dilihat dari jenisnya, carabiner terbagi menjadi dua. Carabiner screw dan carabiner non-screw. Kekuatan carabiner diukur dalam satuan kN (Kilonewton) kalau dikonversikan ke Kg (Kilogram) 1 kN = 100 Kg. 

Biasanya carabiner memiliki variasi kekuatan yang berbeda-beda. Kekuatan carabiner umumnya tertera pada body carabiner tersebut. Kekuatan paling besar carabiner adalah pada posisi major axis atau posisi memanjang. Kekuatan carabiner biasanya nggak kurang dari 20 kN atau 2.000 Kg.

Carabiner juga terdiri dari enam tipe. Pertama, tipe B atau Basic yang digunakan sebagai penghubung tali untuk memanjat normal tidak butuh sebagai penopang beban berat. Kedua, tipe D atau Directional yang digunakan sebagai penghubung quickdraws. Ketiga, tipe X atau Oval Shape yang pastinya digunakan saat bro climbing. Keempat, tipe H atau HMS sebagai penghubung belaying. Kelima, tipe K atau Klettersteig sebagai penghubung automatic locking. Dan keenam, tipe Q sebagai penghubung extra safety quick link sehingga kamu bakal lebih aman lagi bro saat memanjat.

Mailon Rapid

Buat yang Hobi Panjat Tebing, Ini Bedanya Carabiner Sama Mailon Rapid!

Image source: https://flybubble.com/shop/accessories/hardware/maillons-quick-links

Mailon Rapid memiliki bentuk yang berbeda dengan carabiner. Tapi dari segi fungsi hampir mirip. Mailon rapid ini difungsikan sebagai carabiner panjat di dalam gua. Jadi, kalau lo mau memanjat atau cukup menelusuri goa, idealnya pakai mailon rapid, bukan carabiner. 

Meskipun sama-sama terbuat dari alumunium alloy, bentuknya berbeda. Mailon rapid ini memiliki standard, half moon, long, pear, square, trapeze, dan triangle. Fungsi mailon rapid ini sebagai penghubung pada chest ascender di bagian Delta MR. Tempat penghubung dua buah loop seat harness ini adalah Delta MR. 

 

Source: https://www.superadventure.co.id/news/4138/pelajari-perbedaan-antara-carabiner-dengan-mailon-rapid-2/
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Carabiner adalah alat penting
Sumardiyono
nice infonya
Agus Sungkawa
nice info bedanya Carabiner Sama Mailon Rapid
Yeni Kurniasih
sama-sama terbuat dari alumunium alloy
Senuadi Tandun
thanks infonya
Muhammad Romli
Informasi yg menarik menjelaskan perbedaan tersebut d atas
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Cecep Jajang
Kecil tapi kuat..mantap dah
Hari Tristiyanto
Baru tau heheheheh. Thanks ya