Menikmati Kabut Pagi di Danau Gunung Tujuh Kerinci

Coba deh sekali-kali pergi liburannya ke luar Jawa, tapi jangan ke Bali atau Lombok. Lo harus mulai kasak-kusuk cari destinasi wisata yang nggak itu-itu aja.

Menikmati Kabut Pagi di Danau Gunung Tujuh Kerinci

Kalau bingung, lo tepat banget masuk ke halaman ini. Karena ketika lo gulirkan terus ke bawah, lo bakal melihat keindahan sebuah danau yang ternyata tertinggi se-Asia Tenggara.

Danau itu ada di Provinsi Jambi, namanya Danau Gunung Tujuh. Apa yang unik di sini? Danau Gunung Tujuh berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Letaknya di tengah keindahan alam Dataran Tinggi Kerinci, lebih tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro Jambi.

Dikelilingi Tujuh Gunung Sekaligus

Menikmati Kabut Pagi di Danau Gunung Tujuh Kerinci

Image source: https://wartawisata.id/2019/10/17/kerinci-juga-menyimpan-3-pesona-danau-yang-istimewa/

Danau ini memiliki luas 960 hektar dengan panjang 4,5 kilometer. Lebarnya 3 kilometer dan dikelilingi oleh tujuh gunung. 

Gunung-gunung yang mengelilingi danau ini adalah Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl).

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia, yakni berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Danau ini tertinggi kedua di Indonesia setelah 13 danau-danau kecil yang terdapat di Gunung Talamau, Sumatera Barat di ketinggian 2.750 mdpl.

Tertinggi di Asia Tenggara

Menikmati Kabut Pagi di Danau Gunung Tujuh Kerinci

Image source: https://www.tabloidwisata.com/danau-gunung-tujuh-kerinci/

Menariknya lagi Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Kalau lo punya kesempatan ke tempat ini, saat pagi hari lo bakal disuguhkan hawa sejuk dan pesona matahari terbit dengan balutan kabut tipis di ketinggian 1.950 meter dari atas permukaan laut.

Selain keindahan dan dinginnya air danau di pagi hari, panorama alam juga menjadi suguhan yang bikin mata meleleh. Pendaki bisa menikmati air terjun yang berasal dari danau itu dengan melewati jalan setapak di bawah rimba lebat.

Jalur Pendakian

Untuk menuju Danau Gunung Tujuh, lo harus menyiapkan diri sebelum memulai pendakian. Pendakian dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat menuju Danau Gunung Tujuh memakan waktu sekitar dua sampai tiga jam perjalanan. 

Dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat, ada dua pilihan jalur pendakian. Ada jalur yang landai namun jarak lebih jauh dan jalur yang tanjakannya yang curam, cuma jaraknya lebih dekat. 

Kedua jalur itu akan bertemu di ujung jalannya. Setelah itu masih harus melewati jalur menurun yang cukup tajam sebelum akhirnya sampai di tepi Danau Gunung Tujuh. Dari situ, lo bisa melihat langsung menakjubkannya salah satu danau tertinggi di Asia Tenggara ini.

Sekadar info ya bro. Danau Gunung Tujuh ini terbentuk akibat letusan Gunung Kerinci. Sehingga membuat air yang ada di dalam danau jernih dan bersih banget. Danau ini juga kerap dimanfaatkan warga setempat buat mencari ikan. Jadi manfaatnya nggak sekadar jadi destinasi wisata aja. 

Hayo siapa yang ngebet liburan? Masukin Danau Gunung Tujuh di daftar destinasi traveling lo ya.

 

source: https://kumparan.com/kumparantravel/gunung-tujuh-danau-tertinggi-se-asia-tenggara-di-jambi-yang-mempesona-1552801893752670674/full
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
kabut pagi menkajubkan
Sumardiyono
mantaaaaaap
Senuadi Tandun
wow pasti sejuk dan seger
Yuniarto ( Tato )
Redemnya Respon min
Agung Sutrisno
Kekayaan alam indonesia