Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara Itu Ada di Sukabumi, Bro!

Siapa bilang Sukabumi nggak punya destinasi wisata yang terkenal. Kalau lo belum tahu jembatan ini, mungkin lo kurang referensi tempat traveling.

Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara Itu Ada di Sukabumi, Bro!

Destinasi di Jawa Barat yang bakal kita bahas ini namanya Situ Gunung Suspension Bridge. Dari informasi di website situgunungbridge.com, jembatan ini tercatat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia dan Asia Tenggara lho. Keren kan?

Jembatan ini memiliki panjang 243 meter. Lokasinya berada di Desa Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jembatan ini membentang di atas kawasan konservasi Situ Gunung di Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Buat yang pernah ke Pangrango pasti tahu dong sejuknya seperti apa? 

Dibangun Pertengahan 2017

Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara Itu Ada di Sukabumi, Bro!

Image source: https://www.wisatainfo.com/2019/12/harga-tiket-masuk-jembatan-gantung-situ.html

Jembatan gantung ini dibangun pertengahan 2017 lalu dengan proses pembangunannya secara manual yang melibatkan warga lokal dan tenaga ahli dari Bandung. Proses pembangunan ini sampai benar-benar selesai memakan waktu sampai empat bulan. Terbilang cepat banget pembangunannya, apalagi tanpa mengandalkan alat berat. 

Dari segi keselamatan dan kenyamanan sudah dijamin 100 persen, karena pada prosesnya juga melibatkan teknis dari Puslitbang Jalan dan Jembatan dari Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian PUPR.

Jembatan gantung ini berkonstruksi kabel baja dengan lantai dari kayu ulin asli Papua seberat 80 ton, dan membentang angkuh di ketinggian 161 meter. Dua tahun kemudian Situ Gunung Suspension Bridge diresmikan.

Maksimal 40 Orang Sekali Nyeberang

Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara Itu Ada di Sukabumi, Bro!

Image source: https://www.sintiaastarina.com/situ-gunung-sukabumi/

Situ Gunung Suspension Bridge ini diperkirakan hanya bisa menampung 60 orang yang dapat naik dalam waktu bersamaan. Tapi di aturannya jembatan gantung ini hanya boleh dilintasi oleh 40 pengunjung saja dalam sekali menyeberang.

Mungkin pertimbangannya demi keamanan ya. Nggak apa-apa kalau misalnya harus antre bergantian. Liburan kan bukan cuma senang-senang aja, tapi juga peduli sama keamanannya.

Pembangunan Situ Gunung Suspension Bridge membutuhkan budget yang lumayan bro. Sejak bulan Mei 2017 tercatat dana yang sudah keluar lebih dari Rp 4 miliar.

Pembangunan jembatan gantung Situ Gunung mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi. Buat masuk ke kawasan ini lo harus bayar tiket Rp 18.500 rupiah per orang untuk di akhir pekan atau hari libur. Sementara hari biasa Rp 16.000 per orang.

Objek Wisata Sekitar Situ Gunung

Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara Itu Ada di Sukabumi, Bro!

Image source: https://www.khairulleon.com/2018/03/Info-lengkap-wisata-Situgunung.html

Di tempat ini juga ada Curug Sawer. Jadi sehabis lo menyusuri jembatan tinggi nan esktrem itu lo bisa rileks di curug ini. Curug Sawer ketinggiannya 35 meter yang jaraknya 1,7 kilometer dari pintu masuk hutan Situ Gunung. 

Kalau lewat Situ Gunung Suspension Bridge menuju Curug Sawer bisa lebih dekat karena terpangkas sekitar 500 meter. Habis deg-degan naik jembatan, turun langsung bertemu sama air curug yang super segar. Liburan dijamin pol banget.

Selain itu, ada juga Danau Situ Gunung. Lo bisa naik sepeda air atau berkeliling danau menggunakan rakit sederhana. Asyik banget kan. Lengkap banget liburan di sini tuh. Siapa sudah ada rencana buat liburan di tahun 2021?

 

source: https://travel.kompas.com/read/2020/09/07/211100827/jembatan-gantung-terpanjang-di-asia-tenggara-ada-di-sukabumi-apa-yang-menarik?page=all
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
SIGIT PANGESTI AJI
dari dulu pengen ke TNGP belum kesampaian
Yadi pitriadi
Jadi pengen liburan ke sana ...
Agus Sungkawa
Objek Wisatany mantap
Yeni Kurniasih
bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi
Sumardiyono
mantaaaap
Heni Oen
wah ngak nyangka view sekitarnya bagus lagi
Cecep Jajang
Ternyata Sukabumi memiliki tempat yang indah
dephy
keren banget kalo untuk foto disini
Yuniarto ( Tato )
REDEMNYA min Tolong
Senuadi Tandun
ternyata di sukabumi juga ada dan tdk kalah bagusnya lemandangan sekitae