Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Liburan di Tengah Pandemi

Menjaga kesehatan tubuh saat liburan di tengah pandemi memang sangat penting. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Untuk menjaga kesehatan tubuh saat liburan di tengah pandemi ini, lo sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan, bro. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Liburan di Tengah Pandemi

Berlibur adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan dan selalu dinanti-nantikan. Dalam melakukan sebuah perjalanan, sebaiknya lo sudah mengetahui apa aja yang harus dipersiapkan jauh sebelum hari itu tiba. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang penting di masa sekarang ini. Apalagi jika kondisi tubuh nggak memungkinkan, maka kemungkinan besar liburan yang telah dipersiapkan bisa terganggu atau bahkan terpaksa nggak jadi berlibur.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat liburan di tengah pandemi.

Makanan yang Mengandung Gas

Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Liburan di Tengah Pandemi

Image source: https://resepkoki.id/resep/resep-tumis-brokoli-kembang-kol/

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung gas, karena dapat meningkatkan asam lambung, terutama bagi penderita maag. Beberapa sayuran juga ternyata mengandung gas, seperti kol, sawi, dan kembang kol, sehingga bisa membuat perut kembung. Buat para vegetarian, sebaiknya pilih sayuran yang ramah anti gas, seperti wortel, terong, dan tomat.

Daging Setengah Matang

Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Liburan di Tengah Pandemi

Image source: https://recipes.howstuffworks.com/tools-and-techniques/can-microwave-steak-to-perfect-medium-rare.htm

Selain itu, sebaiknya jangan mengonsumsi daging merah saat berada di bandara, bro. Hal ini termasuk olahan daging steak yang disajikan dengan berbagai tingkat kematangan, terutama ‘rare’. Sementara itu untuk burger, memang sangat pas disantap saat traveling.

Namun, sebaiknya hindari apapun itu jenis makanan yang bernuansa ‘merah’ (red meat) jika khawatir dengan sumber daging yang digunakan oleh restoran di bandara.

Gorengan

Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Liburan di Tengah Pandemi

Image source: https://www.wisatainfo.com/2020/05/aneka-resep-gorengan-untuk-menu-buka.html

Gorengan merupakan salah satu makanan ringan yang sangat disukai dari berbagai kalangan. Biasanya gorengan dijadikan salah satu cemilan dalam berbagai kondisi. Pasti sudah tahu kan betapa nggak sehatnya mengonsumsi gorengan?

Selain banyak mengandung lemak yang dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh, mengonsumsi gorengan dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan batuk dan menjadi sumber berbagai penyakit lainnya seperti radang tenggorokan.

Makanan Olahan Susu

Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Liburan di Tengah Pandemi

Image source: https://www.greenqueen.com.hk/got-milk-these-6-microbial-fermented-alt-dairy-startups-are-changing-industry/

Makanan dari sumber protein hewani memang menyehatkan, jika dikonsumsi pada waktu yang tepat. Susu, yoghurt, dan keju misalnya, merupakan jenis panganan yang sulit untuk ditolak, namun bisa berdampak fatal bagi pencernaan dalam kondisi tertentu.

Sebaiknya hindari mengonsumsi jenis makanan yang sulit dicerna usus ini jika nggak ingin mengalami kontraksi di perjalanan, bro.

Hindari Prasmanan

Sejak COVID-19 melanda Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli makanan di tempat umum. Khususnya untuk makanan yang disajikan dengan konsep prasmanan.

Meski dari sisi harga relatif lebih murah, kualitas makanan prasmanan cenderung lebih rendah karena disajikan selama berjam-jam di wajan pemanas. Belum lagi, banyak orang yang hilir mudik ketika mengambilnya. Karena nggak ada yang tahu apakah mereka dalam kondisi sehat atau mungkin sudah terpapar COVID-19.

Minuman Berkarbon

Minuman ini sebaiknya benar-benar dihindari dari list bekal makanan, bro. Memang menyegarkan ketika minum minuman berkarbonasi seperti soda karena dapat menghilangkan dahaga. Beberapa orang ada yang kebal dengan minuman ini, tapi nggak bagi yang memiliki lambung sensitif.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat berlibur di tengah pandemi. Jangan lupa jaga selalu kesehatan tubuh jika ingin bepergian ya, bro!

 

Source: https://male.co.id/detail/10640/makanan-yang-perlu-dihindari-saat-liburan-men-scope-3
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Muhammad Romli
Ikut petunjuk nya untukku kesehatan selama pandemi tidak mengonsumsi makanan yg tersebut di atas
Senuadi Tandun
pantas jadi bawaan lebih cepat ngantuk
Yuniarto ( Tato )
Redemnya Min Respon