Beberapa Arah Mata Angin yang Populer dalam Mountaineering

Arah mata angin dalam dunia mountaineering memang sangat diperlukan. Setidaknya ada 16 istilah arah mata angin yang lengkap dan dikenal di dunia. Namun ada beberapa arah mata angin yang populer digunakan dalam mountaineering, bro. Simak ulasan selengkapnya!

Beberapa Arah Mata Angin yang Populer dalam Mountaineering

Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal 8 arah mata angin yang dianggap sebagai direction utama dalam penentuan arah. Namun dalam mountaineering atau dunia pendakian yang harus memperhatikan pula beragam kontur gunung yang nggak selalu berbentuk kerucut sempurna, 16 directions dalam penentuan arah kadang lebih detail dalam menggambarkan kondisi sebenarnya.

Nah, setidaknya ada beberapa istilah pendakian gunung yang menggunakan arah mata angin sebagai sinonim untuk menyebutnya. Pada umumnya, memang beberapa istilah ini banyak digunakan dalam dunia pendakian internasional. Berikut ini beberapa istilah arah mata angin yang populer digunakan dalam mountaineering, bro.

The North Face

Beberapa Arah Mata Angin yang Populer dalam Mountaineering

Image source: https://en.wikipedia.org/wiki/Great_north_faces_of_the_Alps

Di antara sekian banyak istilah arah mata angin utama yang ada di dunia mountaineering, The North Face mungkin adalah yang paling populer. Lo pasti sudah nggak asing dengan istilah ini karena namanya juga tersemat sebagai salah satu ikon untuk brand perlengkapan bertualang asal Amerika Serikat.

Secara harfiah, The North Face atau North Face adalah sebuah istilah untuk menjelaskan bagian utara sisi sebuah gunung. Dan menariknya lagi, ada sangat banyak sisi utara atau north face gunung yang sangat terkenal di dunia. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut;

Great North Face of the Alps. Ada enam sisi utara gunung yang dianggap paling signifikan dan menantang untuk ditaklukkan. Gunung tersebut adalah Eiger North Face, Matterhorn North Face, Grandes Jorasses North Face, Piz Badile North Face, Aiguille du Dru North Face, dan Tre Cime di Lavaredo North Face.

Dapat dikatakan berdasarkan sejarah pendakian dan pamor teknisnya, enam tebing sisi utara gunung-gunung tersebut adalah yang paling sulit didaki di seluruh pegunungan Alpen Eropa.

Everest North Face. Tahun 1992 terjadi musibah yang cukup memilukan di sebelah utara sisi gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia. Tahun itu dua pendaki besar bernama Peter Boardman dan Joe Tasker dari Inggris tewas dan menghilang di Three Pinnacle punggungan utara Everest.

Hingga sekarang, Everest North Face masing dianggap sebagai salah satu sisi kompas arah mata angin pendakian menuju puncak Everest yang paling nggak mudah untuk ditaklukkan. Dan sejauh ini, masih sangat sedikit ekspedisi internasional yang tertarik untuk mencobanya.

The South Face

Beberapa Arah Mata Angin yang Populer dalam Mountaineering

Image source: https://en.wikipedia.org/wiki/1970_British_Annapurna_South_Face_expedition

Seperti halnya north face yang demikian populer dalam dunia pendakian, South Face atau arah mata angin sisi selatan sebuah gunung juga sangat terkenal dalam dunia pendakian. Setidaknya ada dua profil sisi selatan gunung di dunia yang dianggap paling populer dan memiliki tantangan luar biasa. Berikut ini di antaranya;

Annapurna South Face. Dalam dunia pendakian gunung di Himalaya, arah mata angin sisi selatan gunung Annapurna adalah sebuah legenda yang berisi musibah, kematian, pencapaian dan juga kemustahilan.

Gunung Annapurna ini terkenal karena tantangannya yang luar biasa. Runtuhan dan patahan es seringkali terjadi, belum lagi peristiwa longsoran yang menjadi ritme setiap beberapa menit sekali. Dengan segala bahaya dan risikonya ini, Annapurna South Face dianggap sebagai salah satu sisi selatan gunung paling berbahaya di dunia.

Lhotse South Face. Lhotse adalah gunung tertinggi keempat di dunia setelah Everest, K2, dan Kanchenjunga. Sisi selatan arah mata angin gunung Lhotse sejauh ini memang dianggap yang paling sulit didaki. Dan oleh sebab itu pula sepanjang sejarah pendakiannya sendiri, hanya ada sedikit pendaki dunia yang berhasil menyelesaikan pendakian di sisi selatan gunung ini.

Nah, itulah beberapa istilah arah mata angin yang paling populer digunakan dalam dunia mountaineering. Sudah familiar dengan istilah tersebut, bro?

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/16-arah-mata-angin-lengkap-dalam-istilah-pendakian-gunung-dan-contohnya
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Unggah Derazat
Mantab info nya min
agung
Tq info ya
Sumardiyono
nice infonya
Heni Oen
perlengkapan canggih buat para pendaki prof
Senuadi Tandun
mantap kompasnya bro
Hengky  kik
info yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita
Agung Sutrisno
Istilah pendakian gunung yang menggunakan arah mata angin
dephy
selama ini masyarakat lebih mengenal 8 arah mata angin yang dianggap sebagai direction utama dalam penentuan arah.
Ahmad Juhanda
Mantul mantap betul
Ricko Pratama Putra
Nice Info