5 Langkah Awal Memulai Bisnis Travel, Wajib Simak!

Bisnis bidang perjalanan wisata atau travel memang cukup menjanjikan di zaman yang serba sibuk ini. Semakin tinggi kesibukan seseorang, tujuan wisata bisa dibilang menjadi hal yang sangat dibutuhkan buat refreshing atau sekadar melepas penat. Kalau lo mau memulai bisnis travel, maka sebaiknya simak dulu langkah-langkah awalnya berikut ini, bro!

5 Langkah Awal Memulai Bisnis Travel, Wajib Simak!

Traveling memang menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan di zaman yang serba sibuk ini. Bahkan, traveling saat ini sudah menjadi tren gaya hidup, bro.

Hal ini tentu saja menjadi potensi bisnis yang cukup menjanjikan. Kalau lo berminat, maka sebaiknya simak dulu lima langkah awal memulai bisnis travel berikut ini, bro!

1. Tentukan Jenis Usaha Travel

5 Langkah Awal Memulai Bisnis Travel, Wajib Simak!

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/two-passports-on-map-travel-asia-1012233715

Langkah awal memulai bisnis travel yang pertama yaitu tentukanlah jenis usaha jenis usaha travel yang bakal lo jalani, bro. Lo bisa pilih berbagai macam jenis bisnis travel, mulai dari tiket pesawat terbang, tiket bus atau kereta api, sewa kendaraan/mobil, pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel/homestay atau yang sejenisnya, perjalanan ke destinasi pariwisata, dan lain sebagainya.

Kalau sudah memiliki pilihan, maka lo bisa fokus dengan pilihan tersebut dan lebih mudah untuk mempelajari serta mempersiapkan hal-hal penting lain yang sangat diperlukan, bro.

2. Buatlah Profil Usaha

5 Langkah Awal Memulai Bisnis Travel, Wajib Simak!

Image source:  https://www.shutterstock.com/image-photo/company-organization-employees-group-corporate-concept-302801432

Setelah menentukan jenis usaha travel yang akan dijalani, buatlah profil tentang bisnis travel lo, bro. Buatlah profil usaha dengan baik dan meyakinkan calon pengguna jasa. Sebab, kredibilitas bisnis lo bakal sangat dipengaruhi oleh profesionalitas pada profil yang tertera.

Lengkapi profil usaha dengan foto yang bagus atau animasi bergerak yang menarik perhatian. Karena, profil inilah sebagai alat jual untuk dapat menawarakan jasa. Semakin menarik gambar, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan peluang lebih banyak terlihat oleh pengguna jasa bisnis travel lo, bro.

3. Petakan Lokasi Wisata yang Jadi Target Utama

5 Langkah Awal Memulai Bisnis Travel, Wajib Simak!

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/top-view-accessories-travel-planning-mobile-566570056

Langkah awal memulai bisnis travel yang selanjutnya yaitu cobalah untuk melakukan pemetaan tujuan wisata yang akan lo tawarkan, bro. Setiap daerah pasti mempunyai tujuan wisata, bisa berupa wisata asli dari alam atau juga wisata buatan seperti taman rekreasi atau taman hiburan, bro.

Biar lebih mudah, lakukanlah pemetaan dengan potensi wisata yang terletak disekitar kota tempat tinggal atau kota-kota yang sering lo kunjungi. Usahakan jarak antara tempat wisata nggak lebih dari 200 km. Pasalnya, hal ini bakal berpengaruh dengan biaya dan paket wisata yang bakal lo tawarkan nantinya, bro.

Selain itu, lo juga harus mempunyai database dari setiap tempat wisata tersebut. Data ini terkait kontak pribadi yang bisa dihubungi untuk keperluan wisata dari pengelola tempat, harga tiket, surat menyurat, dan biaya-biaya yang mungkin dikeluarkan dalam sebuah perjalanan wisata, bro.

4. Buatlah Nama Bisnis Travel

Langkah awal memulai bisnis travel yang selanjutnya yaitu buatlah nama travel yang mudah diingat banyak orang dan memiliki makna filosofis yang mendalam, bro. Hal ini tentu saja sangat penting, agar nama atau bisnis travel lo mudah dikenali dan dihafal oleh orang.

Cobalah membuat nama atau merek usaha yang mudah diingat atau mudah didengar (ear-catching) dan mudah dilihat (eye-catching). Semakin namanya mudah diingat dan mudah diterima oleh banyak orang, maka lo juga bisa lebih mudah juga dalam menjalankan strategi pemasaran, bro.

5. Daftarkan Merek Bisnis Travel

Ini penting, karena ketika lo sudah susah payah mengeluarkan ide untuk nama/brand dan logo bisnis travel, namun karena lo nggak mendaftarkannya pada Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka lo nggak memiliki kuasa secara hukum atas nama atau logo dari bisnis tersebut, bro.

Jika suatu saat ada orang menggunakan nama/logo bisnis travel, lo bakal kesulitan atau bahkan nggak bisa menggugatnya meski sebenarnya lo yang membuat nama tersebut buat usaha bisnis yang pertama kalinya. Jadi, jangan lupa daftarkan merek bisnis travel lo ya, bro!

 

Referensi: https://www.cermati.com/artikel/13-cara-mudah-memulai-bisnis-travel
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
info yang sangat menarik untuk memulai sebuah usaha di bidang travelling
dephy
harus dipikirkan matang-matang
Yuniarto ( Tato )
Redemnya Min Respon
Agus Sungkawa
Wajib di simak buat yang mau bisnis travel
Yoga prisma haryanto
Nice info
Amirul Bahri
Promo dan Discount perlu nggak?
Yadi pitriadi
Infonya oke buat memulai di bisnis travel
agung
tq info ya
Sumardiyono
tanks i fonya
Senuadi Tandun
infonya sangat.bermanfaat