Minuman yang Sebaiknya Nggak Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Sebelum berolahraga, nggak semua jenis makanan serta minuman bisa bebas dikonsumsi pada waktu tersebut. Ada beberapa jenis minuman yang harus dihindari sebelum mulai berolahraga, bro. Mau tahu apa aja? Simak ulasan selengkapnya!

Minuman yang Sebaiknya Nggak Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Mengonsumsi makanan dan minuman lezat sebelum olahraga mungkin menjadi pilihan menarik untuk sebagian orang. Namun sesungguhnya, makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum maupun setelah berolahraga harus diperhatikan dengan seksama. Kesalahan dalam mengonsumsi makanan atau minuman di waktu-waktu ini ternyata bisa memengaruhi kondisi tubuh.

Apalagi soal mengonsumsi minuman sebelum berolahraga, hal ini penting dalam aktivitas olahraga. Selain bisa melepas dahaga, minum juga dapat menghindari seseorang dari risiko dehidrasi. Namun sayangnya, nggak semua jenis minuman baik dikonsumsi sebelum berolahraga, bro.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa minuman yang sebaiknya nggak dikonsumsi sebelum berolahraga.

Minuman yang Mengandung Alkohol

Minuman yang Sebaiknya Nggak Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/bartender-serve-whiskey-on-wood-bar-1511564585

Sebaiknya jangan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol sebelum berolahraga, bahkan dalam jumlah yang hanya sedikit sekalipun, bro. Karena minuman beralkohol akan membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi dan mengalami gangguan keseimbangan tubuh.

Kemudian minuman mengandung alkohol juga bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam membuat keputusan serta meningkatkan proses radang di dalam tubuh. Yang mana hal itu tentu akan besar risikonya untuk mengalami cedera.

Minuman Berenergi

Minuman yang Sebaiknya Nggak Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Image source: https://www.pexels.com/photo/drinks-supermarket-cans-beverage-3008/

Sebagian besar dari minuman yang mengandung soda justru nggak memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Mengonsumsi minuman yang mengandung soda sebelum berolahraga justru akan membantu mengalami peningkatan dan penurunan kadar gula darah dengan sangat cepat.

Oleh karena itu, mengonsumsi minuman berenergi harus dibatasi dan nggak dianjurkan terlalu sering. Kemudian jangan konsumsi khususnya sebelum dan sesudah olahraga.

Minuman Energi Mengandung Susu

Minuman yang Sebaiknya Nggak Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/blank-soda-water-hands-1017731422

Jika ingin mengonsumsi berbagai minuman yang mengandung susu, sebaiknya tunggu sampai selesai berolahraga. Hal ini karena susu merupakan minuman yang mengandung berbagai macam karbohidrat, protein, dan lemak.

Susu butuh waktu lama untuk dicerna. Selain itu, susu juga bisa membuat perut jadi kembung dan memiliki keinginan untuk terus menerus buang gas sehingga harus dihindari sebelum melakukan olahraga.

Minuman Bersoda

Berbagai jenis minuman mengandung soda dapat menyebabkan tubuh mengalami nyeri perut, perut kembung, dan sering buang gas. Minuman bersoda juga merupakan jenis minuman yang banyak mengandung natrium yang nantinya bisa memicu terjadinya risiko dehidrasi pada tubuh. Bahkan jenis soda diet pun juga masih punya risiko untuk itu.

Di dalam soda diet terdapat berbagai jenis pemanis buatan. Utamanya kandungan aspartam yang dapat menjadi pemicu terjadinya gangguan daya ingat, pusing, migraine, dan juga merubah mood seseorang yang sudah mengonsumsinya.

Itulah beberapa jenis minuman yang sebaiknya nggak dikonsumsi sebelum mulai berolahraga. Selalu konsumsi makanan dan minuman bergizi supaya kesehatan tubuh juga tetap terjaga, bro!

 

Source: https://male.co.id/detail/6973/jangan-minum-ini-sebelum-anda-berolahraga-male-indonesia-online-media-lifestyle-for-men-4
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Agus Sungkawa
Minum air mineral lebih sehat
Agung Sutrisno
Supaya badan sehat
Hengky  kik
info yang sangat bermanfaat
agung
tq info ya
Ricko Pratama Putra
Betul sekali
Cecep Jajang
Kebiasaan selalu minum minuman yang berenergi.. ternyata salah