Menyelam di Air Tawar Paling Keren Ya di Ginnie Springs Outdoors, Bro!

Penggemar dunia bawah laut sudah pasti kecanduan deh sama yang namanya diving atau menyelam. Karena hanya dengan cara itulah keistimewaan bawah laut bisa dinikmati.

Menyelam di Air Tawar Paling Keren Ya di Ginnie  Springs Outdoors, Bro!

Diving akan memberikan sensasi berbeda akan dunia lain di dasar laut. Lebih sunyi tapi warna-warni terumbu karangnya menawan. Ikan-ikan kecil dengan warna terang bikin enggan balik ke darat.

Tapi, apa iya menyelam cuma bisa di laut aja? Jangan keliru bro. Diving juga bisa lo lakuin di perairan tawar. Menyelam di perairan tawar juga nggak kalah serunya kok dengan lautan. 

Biota di perairan tawar sama-sama unik dan kekayaan dasar perairannya juga memukau. Salah satu diving spot air tawar yang keren di dunia ada Florida, Amerika Serikat. Namanya Ginnie Springs.

Adalah Jacques Cousteau, seorang penyelam kelas dunia, yang menemukan Ginnie Springs ini. Bagi para penyelam, Ginnie Springs salah satu destinasi spot favorit buat menyelam di Florida. Airnya jernih. Banyak pengunjung yang menikmati area ini dengan cara berkano ria, berenang, hingga menyusuri sungai. 

Berasal dari 7 Mata Air

Menyelam di Air Tawar Paling Keren Ya di Ginnie  Springs Outdoors, Bro!

Image source: https://www.jacksonville.com/news/20190508/ginnie-springs-day-trip-because-heaven-is-florida-kind-of-place/1

Air kolam ini pun berasal dari 7 mata air yang bermuara ke Ginnie Springs. Itu makanya kolam ini selalu jernih meski banyak wisatawan yang datang, terutama saat musim panas.

Kolam ini memiliki diameter sekitar 100 meter dengan kedalaman kurang lebih 45,7 meter. Kolam ini terhubung ke area Sungai Santa Fe. Saking indahnya tempat ini, Ginnie Springs dilabeli sebagai salah satu tempat menyelam air tawar paling favorit di dunia. 

Syarat Khusus di Ginnie Springs

Menyelam di Air Tawar Paling Keren Ya di Ginnie  Springs Outdoors, Bro!

Image source: https://www.gainesville.com/entertainment/20170802/jump-in-and-chill-out-at-some-of-areas-coolest-springs

Menyelam di perairan tawar ini nggak bisa sembarangan orang. Ada syarat khususnya, bro. Jadi wisatawan yang mau melihat dari dekat keindahan dasar air kolam tawar ini harus punya sertifikat khusus.

Nah, supaya dapat sertifikat itu ada kelas buat pengunjung yang mau menjajal perairan Ginnie Springs. Setelahnya baru deh dapat sertifikat Open Water dari operator PADI.

Nggak cuma itu syarat dan aturannya, kalau lo sudah dapat izin menyelam di sini, rules yang nggak boleh dilanggar yakni menyelam melebihi kedalaman 15,24 meter. Kenapa dilarang? Supaya penyelam nggak masuk ke wilayah yang berlumpur dan labirin. Bahaya bro.

Kalau sudah cukup puas menyelam di air tawar, pengunjung bisa masih bisa menikmati keseruan di sini dengan bersantai. Yang tetap mau banyak bergerak bisa bermain voli dan bisa kemping juga lho

Area hutan seluas kurang lebih 200 hektar ini bakal bikin tenang banget. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Duduk di kursi malam sembari menikmati asrinya alam rasanya nggak tergantikan dengan apapun.

Total ada 129 tempat perkemahan yang dilengkapi listrik. Kalau mau kemah dengan menggelar tenda nggak perlu reservasi, tapi siapa yang datang lebih awal akan lebih dulu juga dilayani. 

 

Source: https://travel.detik.com/destination/d-2089781/bosan-diving-di-laut-coba-gua-air-tawar-yang-indah-ini
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Amirul Bahri
Kereennnnnnnn
Sumardiyono
nice infonya
Agus Sungkawa
Airnya bagaikan cermin bisa melihat permukaan dasar
Heni Oen
keren banget pas buat next trip
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
Top markotop
Heni Oen
kayaknya bakal asyik
Yudha Cipta
nice infoooooo gan, thanks
Ricko Pratama Putra
Mantull Bro
SIGIT PANGESTI AJI
well markowel