Meleleh Melihat Indahnya Lanskap Lombok Barat dari Bukit Buwun Mas!

Hamparan hijau luas terbentang yang berdampingan dengan birunya laut serta pesisir pantai. Pemandangan indah itu bisa lo lihat langsung dari atas Bukit Buwun Mas.

Meleleh Melihat Indahnya Lanskap Lombok Barat dari Bukit Buwun Mas!

Bukit Buwun Mas menawarkan sensasi wisata yang luar dari biasanya. Usut punya usut kata 'Mas' di Bukit Buwun Mas ini nggak sembarangan nama lho. Penempatan 'Mas' memiliki arti emas yang mana ternyata di lokasi ini ada tambang emas tradisional yang lokasi atau titik-titik penggalian tambangnya secara terpisah.

Kalau sudah begitu, kayaknya pas destinasi ini dilabeli salah satu surga wisata di tanah Lombok. 

Viral di Media Sosial

Meleleh Melihat Indahnya Lanskap Lombok Barat dari Bukit Buwun Mas!

Image source: instagram/@pendakimerahputih_lombok

Bukit Buwun Mas ini terletak di Dusun Lemer Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong. Sejak setahun belakangan ini Bukit Buwun Mas sudah ramai dikunjungi wisawatan. 

Spot cantik melihat lanskap Lombok Barat ini viral di media sosial. Yang bikin tempat ini cantik itu karena savana bukit yang dipenuhi tumbuhan ilalang serta pemandangan pantai nan indah dari atas bukit. Perpaduan dua alam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Lokasi ini semula merupakan lahan pertanian masyarakat setempat. Warga lokal sana kerap menanam padi dan jagung. Lahan pertanian itu kemudian bergeser karena ilalang yang tumbuh nggak bisa dibasmi dan justru semakin banyak. Akhirnya warga setempat mencari lahan lain untuk bercocok tanam. 

Meski begitu, tanaman ilalang ini tetap memberikan dampak positif. Alang-alang menjadi mata pencaharian warga dengan menyulapnya menjadi kerajinan tangan. Dalam sehari bisa panen dua kali, bro. Lumayan membantu perekonomian warga juga.

Dua Jalur Menuju Bukit Buwun Mas

Meleleh Melihat Indahnya Lanskap Lombok Barat dari Bukit Buwun Mas!

Image source: https://travelergrafi.id/2020/06/02/konten-kami-9/

Ada dua pilihan jalur buat lo yang mau ke Bukit Buwun Mas ini. Pertama dari Kota Mataram. Di rute ini lo bisa menempuhnya dengan melakukan perjalanan menuju Pantai Selong Belanak. 4 kilometer sebelum sampai Pantai Selong Belanak, kemudian arahkan kendaraan lo menuju Sekotong, baru deh lo bisa menuju Savana Buwun Mas.

Rute keduanya adalah melalui pelabuhan Lembar ke arah Sekotong Timur. Terus di pertigaan Kota Kecamatan Sekotong ambil arah jalan raya Sepi. Jalur itu bakal membawa lo ke jalanan menanjak ke arah kanan menuju Buwun Mas. 

Pengunjung mesti melewati jalan bebatuan. Lebar jalan pun cuma 1,5 meter dan harus menempuh jarak menggunakan motor sekitar 1 Km dari jalan raya utama lintas desa. 

Sampai di titik tertinggi bukit, jalan menanjak menuju Bukit Buwun Mas bakal terbayar deh. Karena keindahan ilalang dan panorama Lombok Barat dari ketinggian. Hamparan bibir pantai Sekotong yang berjejer indah di bawah kaki bukit bakal menghilangkan rasa letih lo.

Supaya pengunjung nyaman, rencananya di atas bukit ini mau dibangun tempat-tempat penginapan bagi wisatawan. Pembangunan bakal dimulai kalau kalau semua keamanan dan fasilitas sudah terjamin. 

 

Source: https://diskominfotik.ntbprov.go.id/content/sabana-ilalang-buwun-mas-hill-menjadi-viral-di-sosmed
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

20 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Luar Biasa
Agus Sungkawa
Lombok memang amazing
dephy
SEJAUH MATA MEMANDANG LUAS LUKISAN TUHAN YANG CANTIK
SRI YAYA ASTUTI
Hamparan hijau luas terbentang yang berdampingan dengan birunya laut serta pesisir pantai.
Heni Oen
bagus belum terjamah
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
Luar biasa view nya
Sumardiyono
nice infonya
violetta
Mantap banget nih
Masni
Mantapppp