Ini Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Traveling, Bro!

Indonesia terletak antara tiga pertemuan lempeng besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Nggak heran, jika Tanah Air tercinta ini seringkali diguncang gempa dengan kekuatan kecil sampai yang dahsyat secara tiba-tiba. Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya pahami dulu tips menghadapi gempa saat traveling berikut ini, bro!

Ini Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Traveling, Bro!

Bencana alam memang seringkali terjadi secara mendadak dan sangat sulit diprediksi sebelumnya, termasuk gempa bumi yang seringkali melanda wilayah Bumi Pertiwi. Yup, Indonesia memang menjadi daerah rawan gempa bumi, karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik, bro.

Gempa bumi memang sangat minim gejala awal dan sulit diprediksi kejadiannya. Wajar saja, jika gempa bumi datang secara tiba-tiba. Biar lebih siap, sebaiknya sebaiknya pahami dulu tips menghadapi gempa saat traveling berikut ini, bro!

Gunakan Tangga Darurat

Ini Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Traveling, Bro!

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/7th-floor-exit-fire-alarm-72140605

Jika gempa terjadi saat lo berada di dalam kamar di hotel, maka sebaiknya segeralah keluar kamar dan turun melalui tangga darurat. Jangan pernah gunakan lift, karena hal ini sangat berbahaya, bro.

Lebih baik lagi, saat pertama kali tiba di hotel, perhatikanlah dengan seksama di mana lokasi tangga darurat dan bagaimana jalur evakuasi di hotel itu jika bencana terjadi. Biasanya di setiap gedung, termasuk hotel, peta jalur evakuasi ada di setiap kamar atau tempat-tempat yang mudah dilihat, bro.

Kalau Lagi di Dalam Kendaraan, Buruan Berhenti Terus Keluar!

Ini Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Traveling, Bro!

Image source: https://www.pexels.com/photo/automobile-automotive-autumn-car-228094/

Gempa pun bisa saja terjadi saat lo berada di mobil, motor atau alat transportasi umum. Saat lo merasakan getaran gempa dan sedang menyetir, usahakan jangan panik dan berhenti mendadak, bro. Segeralah menepi, matikan mesin, dan keluarlah dari kendaraan.

Jika berada di transportasi umum, tunggu sampai benar-benar berhenti dan lo bisa langsung keluar, bro. Jangan keluar terburu-buru karena bisa membuatmu cedera saat berebut turun dengan penumpang lain. Jadi, usahakan jangan panik ya, bro!

Kalau di Luar, Langsung ke Tanah Lapang!

Ini Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Traveling, Bro!

Kalau lo sedang berjalan-jalan santai di tengah kota lalu terjadi gempa bumi, maka lo harus segera mencari tempat yang lapang, bro. Tunggu dan tetap waspada di tempat tersebut sampai keadaan benar-benar aman.

Hindari papan reklame, traffic light, jembatan penyeberangan, dan penunjuk jalan. Yang paling penting, usahakan jangan berada di dekat gedung, bro!

Jangan Pernah Dekati Pantai

Gempa bumi juga bisa saja terjadi ketika lo sedang berlibur di pantai lho, bro. Kalau hal ini benar-benar terjadi, maka lo harus segera menjauhi pantai dan berlarilah ke tempat yang lebih tinggi secepatnya, bro.

Gempa tersebut memang belum tentu menimbulkan dampak tsunami, tapi lo bisa berjaga-jaga demi keamanan dan keselamatan lo dengan berada di tempat yang sekiranya aman. Dengan begitu, lo bisa mencegah hal-hal yang nggak diinginkan, jika sesuatu yang lebih buruk terjadi, bro.

Ikuti Arahan yang Berwenang dan Jangan Panik

Berada dalam situasi darurat memang membutuhkan kesiapan mental dan pikiran yang tenang. Yup, sebab lo dituntut wajib tetap tenang dan jangan panik saat situasi darurat sedang terjadi, bro.

Sebaiknya, dengarkan dan ikutilah arahan dari petugas di lokasi gempa terjadi. Jika harus evakuasi ke tempat yang lebih aman, maka ikutilah arahannya biar semua tetap aman, bro.

Setelah terjadi gempa, bisa saja akan terjadi gempa susulan beberapa kali. Jangan langsung menuju kamar hotel atau ke tempat lain sebelum segala sesuatunya benar-benar aman. Lo bisa menanyakan informasi terkini ke pihak terkait, seperti tim SAR atau pemerintah setempat mengenai status gempa di daerah yang lo alami saat traveling itu.

Tanyakan juga apakah bandara, terminal, dan tempat vital lainnya sudah beroperasi seperti biasa. Setelah itu, lo bisa membuat keputusan untuk tetap berada di tempat traveling atau segera pulang ke kota asal jika alat transportasi sudah kembali normal, bro.

Nah, itulah beberapa tips menghadapi gempa saat traveling. Jadi, tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat sedang traveling ya, bro!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/travel/saat-traveling-terjadi-gempa-ikuti-7-langkah-ini-demi-keselamatanmu-65526
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Sumardiyono
nice infonya
Muhammad Romli
Boleh d terapkan nih tips nya
Wafiroel N
makasih tipnya
Yoga prisma haryanto
Bermanfaat
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Wah pas banget nih info ,apa lagi sekarang sering gempa
Hari Tristiyanto
Makasih infonya
Agung Sutrisno
Saat di dalam hotel wajib tau lokasi tangga darurat