Tips Traveling Hemat ke Jepang, Biar Dompet Nggak Jebol!

Terbatasnya budget memang seringkali menghambat rencana traveling bagi sebagian orang. Apalagi, kalau destinasi wisata yang bakal dituju berada di luar negeri yang seringkali membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Tapi tenang, bro. Kalau lo mau ke Jepang, maka lo bisa terapkan beberapa tips traveling hemat ke Jepang berikut ini!

Tips Traveling Hemat ke Jepang, Biar Dompet Nggak Jebol!

Budaya dan keindahan alam Negeri Sakura, Jepang memang sangatlah menakjubkan. Selain itu, wisata perkotaannya pun sangat menarik buat dikunjungi. Wajar saja, jika negara ini selalu ramai dikunjungi traveler dari penjuru dunia, bro.

Namun, untuk traveling ke Jepang pasti bakal menghabiskan biaya yang sangat besar. Biasanya, pengeluaran terbesar ini berasal dari biaya akomodasi, transportasi dan makanan yang memang sangatlah penting. Nah, biar nggak terlalu menguras tabungan, lo bisa terapkan beberapa tips traveling hemat ke Jepang berikut ini, bro!

Jangan Mendadak Pesan Tiket Pesawat

Tips Traveling Hemat ke Jepang, Biar Dompet Nggak Jebol!

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/air-tickets-passports-credit-card-near-1084880054

Tips traveling hemat ke Jepang yang pertama yaitu pesanlah tiket pesawat jauh-jauh hari alias jangan mendadak, bro. Pasalnya, lo bisa lebih leluasa memilih berbagai maskapai yang sesuai isi kantong. Ada AirAsia untuk low cost, atau kalau lo mau full service bisa juga coba maskapai lain seperti ANA, JAL, atau Garuda Indonesia.

Nah, ini bisa dipersiapkan jauh hari sebelum lo berangkat ke Jepang, bro. Selain itu, lo juga bisa berburu tiket promo pesawat murah online atau datang ke pameran traveling. Pasti lo bakal dapat harga yang spesial deh, bro.

Sesuaikan Transportasi dengan Kebutuhan

Tips Traveling Hemat ke Jepang, Biar Dompet Nggak Jebol!

Image source: https://www.pexels.com/photo/white-bullet-train-in-train-station-5194487/

Kalau lo berencana berpindah-pindah kota selama traveling di Jepang, maka sebaiknya belilah tiket Japan Rail Pass. Harga JR Pass memang cukup mahal, sekitar 3.5 juta rupiah. Tapi dengan pass ini, lo bisa keliling Jepang selama 7 hari dengan kereta cepat Shinkansen, bro.

Harga JR Pass sama dengan harga Shinkansen jarak jauh sekali jalan lho. Lumayan buat menghemat budget deh. Tapi, kalau lo cuma mau berkeliling di daerah Osaka, Tokyo saja, maka sebaiknya gunakanlah bus malam antar kota. Jadi untuk transportasi, sesuaikan dengan kebutuhan ya, bro!

Cobain Tempat Menginap Selain Hotel

Tips Traveling Hemat ke Jepang, Biar Dompet Nggak Jebol!

Image source: https://www.pexels.com/photo/brown-wooden-door-near-body-of-water-210547/

Bukan melarang untuk menginap di hotel, tapi sebaiknya carilah alternatif selain menginap di hotel untuk menghemat budget, bro. Sebagai gantinya lo bisa memilih opsi akomodasi non-hotel yang yang sudah banyak tersedia di internet. 

Lo bisa mencoba menginap di kamar atau rumah orang Jepang. Biasanya 1 rumah dapat diisi dengan 5 orang dengan harga berkisar 500 ribu – 700 ribu permalam. Nah, lebih hemat budget nih kalau perginya rombongan, bro.

Cari Tempat Wisata yang Murah atau Gratis

Tips Traveling Hemat ke Jepang, Biar Dompet Nggak Jebol!

Image source:  https://yokosojepang.com/2018/06/14/wisata-ke-hokkaido-jepang-kunjungi-himawari-no-sato-desa-bunga-matahari-yang-menawan/

Jepang memiliki banyak destinasi wisata murah meriah lho, bro. Ada kuil-kuil, atau landmark daerah yang eksotik dan gratis buat dikunjungi. Hal ini tentu saja bisa memangkas biaya traveling lo, bro.

Selain itu, ada juga beberapa wisata gratis lainnya yang bisa lo coba selama traveling di Jepang, seperti foto bareng Gundam di Odaiba, mampir ke kantor pusat Bandai di Jepang dimana lo bisa selfie bareng Doraemon, taman bunga matahari “Himawari no Sato”, Kuil Meiji, Asakusa, dan masih banyak spot lainnya, bro.

Kalau sudah puas mengunjungi destinasi gratis, lo bisa sisipkan 1 destinasi impian, seperti Tokyo Disneyland atau Universal Studios Japan. Pastinya, sesuaikan dengan budget yang tersedia ya, bro.

Beli Makanan di Minimarket atau Depachika Aja! 

Tips traveling hemat ke Jepang yang terakhir yaitu belilah makanan di minimarket atau Depachika. Lo bisa membeli onigiri untuk sarapan di berbagai minimarket yang ada di Jepang. Biasanya, harga untuk 1 buah onigiri nggak lebih dari 150 yen.

Nah untuk makan malam, lo bisa coba membeli makanan di Depachika, bro. Depachika merupakan lantai basement mal-mal besar seperti Tobu, Daimaru, Takashimaya, dan lainnya yang menjual makanan dengan harga yang terjangkau, namun tetap memiliki rasa yang berkualitas.

Berkunjunglah ke Depachika malam hari sebelum toko tutup sekitar pukul 19:00 – 21:00, karena akan ada obral berbagai makanan. Untuk makanan yang diobral biasanya diberi sticker obral berwarna kuning. Lo bisa banget tuh borong makanan untuk dimakan besok pagi, bro.

 

Referensi: https://liburankejepang.com/2020/02/13/7-tips-liburan-hemat-ke-jepang/
Tips Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Agus Sungkawa
Yang ininyg di cari liburan biar ngk bikin jebol kantong
DEVI TRI HANDOKO
Terbatasnya budget memang seringkali menghambat rencana traveling
Muhammad Romli
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
TRAVELING GA HARUS MAHAL
Wafiroel N
bisa nih tipsnya
Yoga prisma haryanto
Nice info
agung
tq info ya
violetta
lagi nabung duit nih
Senuadi Tandun
wah mantap nih infonya