Bukan Green Canyon, Bro! Ini Sungai Cikahuripan di Bandung

Wisata sungai di Indonesia itu nggak ada habisnya. Maklum aja, hampir setiap daerah punya aliran sungai yang menawan, salah satunya Sungai Cikahuripan di Bandung Barat, Jawa Barat.

Bukan Green Canyon, Bro! Ini Sungai Cikahuripan di Bandung

Bentuknya mirip Green Canyon karena ada bebatuan yang tersebar di sekitar sungai. Ada juga dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai. Kerennya lagi air sungai ini juga jernih. Buat nyebur sudah dijamin seru abis.

Ada Dua Mata Air

Bukan Green Canyon, Bro! Ini Sungai Cikahuripan di Bandung

Image source: https://www.mataanginsaguling.com/index.php/2019/05/31/cikahuripan-grand-canyon-mini/

Air di sungai ini berasal dari 2 mata air yang berbeda dengan warna biru kehijauan. DI objek wisata ini pengunjung bisa menyusuri menggunakan rakit. 

Harga sewa rakitnya juga nggak mahal kok, malah dipatok dengan harga sukarela. Kedalaman sungai ini terbilang dangkal, kurang lebih 4 meter.

Melihat sejarahnya, Sungai Cikahuripan berasal dari bahasa Sunda memiliki arti air yang membawa kehidupan. Warga di sekitar Sungai Cikahuripan percaya air sungai tersebut bisa memberi berbagai manfaat terutama dalam hal pengobatan. Lo bahkan bisa langsung meminum airnya.

Kondisi alamnya masih asri banget. Lo bakal merasakan sejuknya udara di sana dan menikmati kejernihan air sungai. Saking jernihnya air Cikahuripan, lo bisa melihat bebatuan dasar sungai yang bikin hati dan pikiran jadi tenang. 

Terbentuk dari Anak Sungai Citarum Purba

Bukan Green Canyon, Bro! Ini Sungai Cikahuripan di Bandung

Image source: https://interaktif.kompas.id/baca/citarum-peradaban/

Lokasi Sungai Cikahuripan berada di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Kalau mau ke sini lo bisa menuju Rajamandala, Padalarang terus belok kiri setelah ada petunjuk menuju Waduk Saguling. 

Selama menuju ke lokasi ini nggak ada petunjuk arah, namun biasanya warga sana biasa langsung memberikan arah kendaraan ke Waduk Saguling. 

Sarana pendukung wisata Sungai Cikahuripan terbilang sudah memadai karena sudah ada warung makan, mushola, toilet dan tempat persewaan. Kelengkapan fasilitas ini tentu memudahkan banget buat para pelancong. 

Buat menikmati Sungai Cikahuripan ini lo cuma perlu merogoh kocek Rp 25.000 aja, sudah termasuk biaya parkir roda dua dan tiket masuk. Kalau mau sewa pelampung dikenakan biaya Rp 15.000 per orang.

Apa Bedanya dengan Green Canyon Pangandaran?

Bukan Green Canyon, Bro! Ini Sungai Cikahuripan di Bandung

Image source: https://anekatempatwisata.com/green-canyon-primadona-wisata-jawa-barat-yang-luar-biasa-indah/

Dibandingkan dengan Green Canyon Pangandaran, Sungai Cikahuripan jauh lebih kecil. Lo nggak perlu menaiki perahu untuk mencapai aliran sungainya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air di Sungai Cikahuripan ini juga dangkal dengan kedalaman 4 meter aja. 

Sedangkan Green Canyon Pangandaran alias wisata Cukang Taneuh memiliki kedalaman 5 hingga 10 meter. Warna airnya hijau tosca karena pantulan sinar matahari dengan rimbunnya dedaunan di sekitaran sungainya.

Di ujung Sungai Green Canyon Pangandaran ini ada yang namanya Batu Payung. Batu ini menyerupai payung di mana lo bisa loncat ke air dari atas Batu Payung tersebut.

Nah, lokasi Green Canyon Pangandaran ini berada Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, lebih kurang sekitar 31 km dari arah Kota Pangandaran. Kalau beruntung, di tempat ini lo bisa melihat beberapa satwa liar yang ada di sekitar sungai.

 

Source: https://www.hipwee.com/travel/sungai-cikahuripan/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Yudha Cipta
Bandung memang memiliki keindahan tersendiri, thanks for sharing....
Sumardiyono
nice i fonya
Hari Tristiyanto
Bener2 keren.....
Yuniarto ( Tato )
Ini mah asyik pisan euy
SRI YAYA ASTUTI
Wisata sungai di Indonesia itu nggak ada habisnya
Sumardiyono
mantaaaaap
Cecep Jajang
Gak perlu jauh-jauh cukup ke Bandung jadi liburan
Amirul Bahri
Gak Ada buaya nya min?
Ricko Pratama Putra
Menarik Juga Tempatnya
SIGIT PANGESTI AJI
wow jadi vengen