Mengenal Istilah Wipe Out Saat Surfing, Apa Itu?

Olahraga selancar atau surfing selalu kelihatan keren kalau pemainnya bisa menaklukan gulungan ombak di tengah laut. Para surfer meliuk lalu keluar dari gulungan ombak itu.

Mengenal Istilah Wipe Out Saat Surfing, Apa Itu?

Tapi nggak sedikit juga surfer yang gagal. Mereka jatuh tergulung ombak. Bangkit lagi dan berburu ombak, lagi dan lagi. Itulah esensi serunya main surfing. Kalau sudah ketagihan, siapa yang bisa menghentikan? 

Satu hak yang harus lo pahami, olahraga ini nggak gampang. Risiko cedera juga besar lho. Saat jatuh tergulung ombak risikonya itu bisa kehilangan orientasi arah atau membentur batu karang. 

Nah, dalam dunia surfing ada istilah yang namanya wipe out. Wipeout itu istilah klasik yang digunakan untuk menyiratkan seorang surfer terlempar dari papan oleh ombak laut. 

Nggak jarang para peselancar disapu ombak. Alam nggak bisa diduga, bro. Makanya kegiatan ekstrem yang berhadapan langsung dengan alam itu harus ekstra hati-hati. Di laut, lo bisa terombang-ambing oleh ombak. Maka masuk akal kalau sebelum turun melakukan surfing, lo wahu jenis-jenis wipeout. Simak ulasannya, bro!

Axe

Mengenal Istilah Wipe Out Saat Surfing, Apa Itu?

Image source: https://www.capetowndailyphoto.com/blog/2010/09/surfing-wipeout-at-mouille-point/

Ini adalah jenis wipeout dimana ketika bibir ombak langsung menghantam peselancar, ada benturan keras ke tubuh. Rasanya seperti dihantam kapak, makanya namanya Axe wipe out. 

Over the Falls

Mengenal Istilah Wipe Out Saat Surfing, Apa Itu?

Image source: instagram/@clarklittle

Ini adalah salah satu hempasan ombak yang fatal. Dalam jenis wipeout, peselancar tersedot ke atas ombak lalu jatuh bersama bibir ombak yang kuat. Peselancar di sini kemungkinan besar menghantam karang atau dasar laut ketika mengalami 'Over the Falls'.

Pearl

Mengenal Istilah Wipe Out Saat Surfing, Apa Itu?

Image source:  https://www.theinertia.com/surf/nathan-florence-on-the-dangers-of-overconfidence-in-big-surf-and-managing-heavy-wipeouts/

Wipeout jenis ini memungkinkan peselancar tersapu ombak dengan situasi ujung papan selancar masuk ke dalam air. Kemungkinan 'kecelakaan' ini terjadi ketika peselancar jati ke bagian ombak paling curam.

Spin Out

Ini dialami peselancar ketika berbelok terlalu keras saat di bagian ombak yang sangat curam. Sirip papan selancar melepaskan pengungkitnya saat meluncur keluar dari bawah dan menenggelamkannya.

Two Wave Hold Down

Wipeout jenis ini memungkinkan para peselancar tertahan di bawah permukaan selama dua gelombang ombak berturut-turut. Kemungkinan dua gelombang tertahan dalam ombak besar dengan kondisi berbusa, yang menyulitkan peselancar untuk berenang ke permukaan.

Meski demikian, harus dipahami, jatuh saat berselancar adalah bagian yang lumrah dalam kegiatan ekstrem di laut ini. Ini artinya peselancar harus menambah keterampilan dan pengalamannya. Penting banget nih buat para pemula yang mau belajar selancar buat menghindari cidera di laut. 

Aturan Dasar Jangan Panik

Dalam situasi ini, peselancar harus bisa mengontrol situasi. Sebisa mungkin untuk nggak panik ketika mengalami wipe out. Apalagi situasinya lo mendadak mengalami orientasi kehilangan arah. Panik bakal bikin lo sulit berpikir logis dan cenderung bernapas lebih cepat. 

Ingat bro, terlalu banyak menelan air itu bisa membahayakan ya. Makanya kalau terjadi wipeout jangan panik dan tetap tenang lalu cari jalan keluarnya. Satu hal lagi bro, jangan ekstrem memilih ombak dan bijaklah dalam mengukur kapabilitas lo.

 

Source: https://www.redbull.com/ie-en/types-of-surfing-wipeouts#:~:text=Wipeout%20is%20a%20classic%20term,t%20pushing%20yourself%20hard%20enough.
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Kerennnn cuyyyy
Agus Sungkawa
Menambah banyak wawasan
Sumardiyono
mantaaaaap
Amirul Bahri
Kereeeen
Heni Oen
lumayan dpt ilmu
Hari Tristiyanto
Nice infi nya