Siapa Bilang Berlayar Cuma di Laut, Ini Serunya Land Sailing Bro!

Salah satu olahraga ekstrem di laut, ya sailing alias berlayar. Buat para petualang olahraga ini menyenangkan banget sekaligus menantang.

Siapa Bilang Berlayar Cuma di Laut, Ini Serunya Land Sailing Bro!

Kegiatan ekstrem ini butuh keterampilan khusus dan kekompakan. Olahraga ini mengharuskan lo paham akan karakteristik ombak laut. Karena lo mesti mengendalikan perahu atau kepala di tengah ombak yang besar.

Belum lagi kecepatan pesawat bergantung pada embusan angin. Semakin kencang angin, maka kapal yang lo bawa bakal ngebut banget. 

Sailing mempunyai dua kelas besar dalam aksi ekstremnya. Dua kelas tersebut adalah kelas beregu atau tim, atau juga kelas individu. Biasanya, kalau kelas individu, hanya mengadu speed dari perahu terkait.

Karena harus menaklukan angin dan ombak, olahraga ini jadi seru banget buat penyuka tantangan. Nah gimana jadinya kalau keseruan di laut itu dibawa ke darat?

Nggak ada yang tidak mungkin, bro. Kegiatan berlayar ini bisa dimainkan di dua alam. Ini dia yang namanya Land Sailing!

Apa Itu Land Sailing?

Siapa Bilang Berlayar Cuma di Laut, Ini Serunya Land Sailing Bro!

Image source: https://www.aruba-active-vacations.com/blokarting/

Land Sailing itu mirip olahraga berlayar tapi di darat. Pada dasarnya, olahraga ini ajang balap kapal pesiar yang pakai roda dan berpacu mengandalkan tenaga angin. Persis banget sama sailing di laut. Cuma berbeda alam aja.

Lan Sailing juga bisa disebut dengan land yachting atau dirt boarding. Sejarahnya, pelayaran darat atau 'kereta yang digerakan dengan angin' ini sudah ada sebagai transportasi rekreasi di abad ke-6 sebelum masehi. Tapi di tahun 1950-an menjelma jadi olahraga di Eropa. Olahraga ini pun populer di Inggris dan Amerika

Buat pemula ini olahraga yang nggak sulit kok. Semua usia bisa banget menjajal land sailing ini. Permulaannya lo harus terampil dan berlatih untuk mengendalikan keseimbangan perahu yang dihempas angin kencang. Kalau sudah lancar, baru deh lo percaya diri duduk di kokpit perahu terus balapan di atas pasir

Kecepatan perahu darat ini nggak sembarangan lho. Paling kencang olahraga land sailing ini bisa ngebut dengan kecepatan 126 kilometer per jam bro. Makanya alat pengaman sangat penting di sini. 

Risiko terpenta bisa saja terjadi. Apalagi saat angin kencang dan belum menguasai mengendalikannya. Safety item kayak helm dan lainnya penting buat melindungi dari benturan.

Kelas-kelas Land Sailing

Siapa Bilang Berlayar Cuma di Laut, Ini Serunya Land Sailing Bro!

Image source: https://blokart.com/

Kegiatan land sailing ini juga ada kelas-kelasnya buat kompetisi. Untuk kelas II land sailing ini dibatasi kecepatannya. Dan, yang populer di land sailing ini adalah di kelas II di mana kompetisi ini dilakukan secara kelompok.

Di kelas III ini kecepatan bisa mencapai 113 kilometer per jam karena ukurannya perahunya juga kecil. Kalau kelas V lebih kecil lagi dan cenderung untuk pemain individu. Pilotnya menggunakan kursi yang digantung dari sasi baja. 

Permainan ini butuh banget kecermatan karena biasanya land sailing ini nggak punya rem. Jadi pengontrolnya kecepatannya dengan memutar melawan angin. Gokil!

Yang paling sering bikin pilot cedera karena kecepatan dihempas angin itu sendiri. So kalau bisa menjajal kegiatan ekstrem ini hati-hati ya, bro. Sebaiknya dilengkapi dengan helm, pelindung lutut dan siku. Sekali lagi ingat-ingat ya bro, inti dari olahraga ini adalah mengatur kecepatan, menjaga fokus dengan baik dan membaca arah angin dan menyeimbangkannya dengan layar. Gimana, tertarik coba nggak?

 

Source: https://www.flypgs.com/en/extreme-sports/land-sailing
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
mantaaap
Agung Sutrisno
Olahraga yang menyenangkan sekaligus menantang.
Heni Oen
bikin penasaran juga