Alasan Kenapa Bisnis Travel Sangat Menjanjikan

Traveling memang menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan di zaman yang serba sibuk ini. Bahkan, traveling saat ini sudah menjadi tren gaya hidup, bro. Hal ini tentu saja menjadi potensi bisnis yang cukup menggiurkan. Biar semakin yakin, sebaiknya simak dulu alasan kenapa bisnis travel begitu sangat menjanjikan berikut ini, bro!

Alasan Kenapa Bisnis Travel Sangat Menjanjikan

Potensi wisata di seluruh pelosok Nusantara tentu saja menjadi salah satu alasan kenapa bisnis travel begitu sangat menggiurkan. Mulai dari wisata laut, gunung, pantai, peninggalan sejarah, sampai pagelaran acara budaya bisa jadi atraksi wisata yang sangat menarik buat dikunjungi, bro.

Selain itu, apa saja alasan lain kenapa bisnis travel begitu sangat menjanjikan? Berikut ulasan selengkapnya!

Kebutuhan Hiburan Masyarakat Semakin Tinggi

Alasan Kenapa Bisnis Travel Sangat Menjanjikan

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/big-group-people-having-fun-success-1059887825

Kebutuhan manusia akan wisata memang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Yup, kebutuhan yang dahulu tergolong kebutuhan tersier ini, sekarang bisa dibilang sudah berubah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer bagi sebagian orang, bro.

Semua lapisan masyarakat, baik lapisan atas, menengah dan lapisan bawah, pasti butuh wisata atau liburan karena rutinitas yang melelahkan. Jadi, wajar saja jika berpergian menjadi sebuah kebutuhan bahkan trend masyarakat saat ini, bro.

Gencarnya Pemerintah Mempromosikan Pariwisata

Alasan Kenapa Bisnis Travel Sangat Menjanjikan

Image source: https://asean.travel/2018/06/22/labuan-bajo-komodo-now-under-indonesia-tourism-authority/

Potensi wisata Indonesia dari Sabang hingga Merauke memang sangatlah berlimpah. Setiap daerah di Tanah Air pasti memiliki tempat wisata andalannya masing-masing, mulai dari wisata laut, pantai, peninggalan kebudayaan, tradisi kebudayaan, sampai pada even-even budaya tertentu, bro.

Disamping itu, kekayaan, keanekaragaman tradisi dan budaya pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun asing. Nggak heran, jika pemerintah menggencarkan promosi pariwisata demi menaikan pertumbuhan ekonomi.

Bahkan, pada pertengahan tahun 2020 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya memperkuat peran perwakilan promosi pariwisata Indonesia di luar negeri atau VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) untuk mengoptimalkan promosi produk pariwisata ke negara-negara fokus pasar wisatawan, bro.

Nggak Perlu Stok Barang

Dalam bisnis bidang travel ini jangan takut memikirkan modal atau stok barang. Sebab, yang dijual ini berupa jasa atau pelayanan, sehingga lo nggak perlu menyetok barang dagangan yang masa berlakunya singkat sehingga ada kemungkinan busuk atau kadaluarsa, bro.

Kalau pun rugi, kemungkinan besar rugi itu hanya berupa waktu dan tenaga. Kerugian dalam bentuk uang memang masih ada kemungkinan jika pemasaran nggak efektif untuk menarik pelanggan wisata sehingga biaya perjalanan mungkin menjadi lebih mahal dari perkiraan. Untuk masalah ini, bisa lo atasi dengan memberlakukan minimum person pada paket wisata, bro.

Pasar yang Luas

Pertumbuhan industri pariwisata sangat diminati dari tahun ke tahun terutama Indonesia yang memiliki potensi keindahan alam yang seakan nggak ada matinya. Pertumbuhan jumlah penduduk yang terus bertambah membuat sasaran industri pariwisata menjadi lebih luas dan terus bertambah setiap tahunnya, bro.

Selain itu, pasar industri ini semakin diminati sehingga jika populasi bertambah maka pertambahan wisatawan juga akan bertambah.

Pertambahan Hal-Hal Pendukung Wisata

Kegiatan wisata bisa dibilang semakin dilengkapi dengan hal-hal yang mendukung kegiatannya. Sebagai contoh, saat ini jumlah hotel atau penginapan semakin bertambah dan harganya pun sangat bervariasi yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan wisatawan.

Jumlah restoran atau tempat makan dengan berbagai variasi menu pun terus bertambah. Selain itu, pertambahan jumlah alat transportasi semakin mendukung kegiatan wisata, sehingga wisatawan semakin mudah untuk bepergian mengunjungi tempat-tempat wisata, bro.

 

Referensi: https://www.curbaheria-travel.com/2017/03/10-alasan-memilih-usaha-tour-travel-wisata.html
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Muhammad Romli
Peluang usaha,kenali dlu bila ingin berbisnis
Hari Tristiyanto
Bisa jadi alternatif... tp yg ptg stay focus
Senuadi Tandun
thanjs infonya
Yuniarto ( Tato )
Luar biasaaaa
Hengky  kik
semoga pandemi cepat berakhir agar kita semua tidak terdampak
Yoga prisma haryanto
Mantap.....
Amirul Bahri
Musim pandemic gini, pariwisata masih ada peluang nggak?
Rdh
Nice info
Shutter
nice info ...
Oni Saputra
Info yang sangat bermanfaat