Risikonya Besar! Ini Bro Tips Free Climbing yang Harus Lo Tahu

Olahraga selalu punya keseruan dan tantangan yang beda-beda. Kalau sudah bosan sama olahraga yang itu-itu aja, coba deh jajal free climbing.

Risikonya Besar! Ini Bro Tips Free Climbing yang Harus Lo Tahu

Ini jelas beda sama kegiatan mendaki gunung, meski medan yang lo mau dihadapi di tebing-tebing curam. Free climbing salah satu teknik memanjat tebing yang hanya mengandalkan kekuatan badan.

Olahraga ini sangat berbahaya karena buat sampai ke atasnya nggak pakai alat pengaman sama sekali saat terjatuh. Teknik ini tentu sangat berisiko, bahkan kedengarannya gila, apalagi buat pemula.

Nah, supaya lo bisa bisa mulus sampai ke atas dengan aman dan nyaman, ini tipsnya yang harus lo ingat.

Berlatih dan Terus Berlatih

Risikonya Besar! Ini Bro Tips Free Climbing yang Harus Lo Tahu

Image source: https://unsplash.com/photos/z4WH11FMfIQ

Semua jenis olahraga apalagi yang ekstrem harus banget diawali dengan berlatih, bro. Lo mesti melatih kekuatan kaki dan tangan. Karena itu modal paling penting sebelum melakukan fee climbing. Stamin juga harus dalam kondisi yang prima. Buat melatihnya nggak perlu olahraga yang berat-berat. Lo bisa melakukan jogging untuk kesiapan kekuatan kaki. 

Hal ini bertujuan melatih kaki melawan tekanan. Dalam dunia memanjat, bagian tubuh yang bakal terasa capek banget adalah kaki. Makanya sebelum memanjat , upayakan otot kaki dan tangan ntuk dilatih lebih dulu, bro.

Kekuatan fisik juga jangan dilupakan ya. Itu juga modal penting untuk memanjat media apapun. Pastikan bahwa otot kuat dan bertenaga supaya bisa menaklukkan tebing-tebing buat dipanjat.

Nyali!

Risikonya Besar! Ini Bro Tips Free Climbing yang Harus Lo Tahu

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/young-make-climber-doing-rock-wall-129090701

Kalau persiapan fisik sudah matang, maka selanjutnya adalah memenuhi nyali yang banyak. Kalau berhadapan dengan alam jangan sampai ada keraguan bro. Apalagi ketakutan. Tapi harus digarisbawahi ya, berani dan punya nyali, berbeda sama yang namanya nekat.

Nyali dan berani harus dibarengi dengan peralatan yang mumpuni. Jangan sampai ada kesalahan sedikit pun. Nah untuk urusan free climbing ini hasi menghindari tindakan-tindakan konyol. Kalau memang takut, lebih baik jangan dipaksakan. Kesiapan mental hal pertama yang membuat lo bisa sukses memanjat tebing curam. Jadi, pastikan dulu mental dan fisik harus maksimal. 

Faktor Keamanan

Risikonya Besar! Ini Bro Tips Free Climbing yang Harus Lo Tahu

Image source: https://www.shutterstock.com/image-photo/man-climbing-gear-equipment-on-rock-1102466783

Ini yang harus selalu diingatkan kalau memulai aktivitas ekstrem. Prosedur keamanan harus ceklis di awal. Pastikan keamanan selama memanjat sudah diantisipasi secara optimal. 

Pastikan tim memberikan instruksi tepat dan benar saat panjat tebing dimulai. Pendamping atau pemandu itu perlu, tapi kalau memang nggak ada, maka perhatikan faktor risikonya. Sebisa mungkin meminimalisir kecelakaan yang bisa bikin cedera.

Risiko Free Climbing

Free Climbing ini sangat berbahaya dan lagi-lagi nggak dianjurkan buat pemula. Risiko paling fatalnya bukan sekadar patah tulang, melainkan bisa hilang nyawa bro. Pemanjatan jenis free climbing hanya dilakukan oleh pemanjat tingkat mahir dan berpengalaman.

Pemanjat free climbing harus memiliki insting soal jalur. Saat sudah merayap bak spider man, otak harus sudah mulai berpikir langkah mana yang paling tepat dan minim risiko buat bergerak. Keputusan dalam mengambil pergerakan bakal menentukan apakah akan terpeleset atau lanjut sampai ke atas. Makanya ini besar banget risikonya. 

Itu sebabnya banyak pemanjat free climbing yang naik sampai ke tebing sudah tahu seluk beluk treknya. Jarang banget ada pemanjat yang memanjat di jalur yang tidak dikenalnya dengan baik.

 

source: https://www.nadoutdoorlife.com/2017/10/mengenal-teknik-free-solo-climbing.html?m=1
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Ada resiko yang menyajikan petualangan
Sumardiyono
tanks infonya
Hengky  kik
nyali aja tidak cukup harus punya skill dan peralatan yang safety
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
Nice info nya
Yoga prisma haryanto
Nice info
Ricko Pratama Putra
Makasih Infonya