Ini Tips Nanjak Bersepeda di Gunung Biar Nggak Ngos-ngosan, Bro!

Naik sepeda memang asyik dan seru banget. Tapi kalau sudah ketemu jalan menanjak, rasanya jadi momok yang bikin ciut nyali dan bawaannya mau putar balik.

Ini Tips Nanjak Bersepeda di Gunung Biar Nggak Ngos-ngosan, Bro!

Tapi nggak macho kalau pesepeda nggak kuat menaklukan tanjakan. Ada kok triknya. Jangan di tanjakan biasa, jalur pegunungan yang nanjak dan berbatu juga bisa dilibas pakai sepeda. Asalkan spesifikasi sepeda lo kuat dan memahami tekniknya. Tahapan awalnya sudah jelas bro, harus berlatih.

Tips ini sebenarnya bisa lo terapkan di jalan menanjak biasa. Tapi khusus hari ini, bakal lebih detil bagaimana menghadapi tanjakan di pegunungan biar nggak ngos-ngosan.

Lo bisa mulai berlatih dengan menjajal tanjakan yang nggak terlalu curam, sedang, baru yang paling curam. Kalau yang sudah nanjak banget, biasanya napas terengah-engah dan dengkul rasanya jadi hangat. Nih, bro simak tipsnya ya.

Atur Napas

Ini Tips Nanjak Bersepeda di Gunung Biar Nggak Ngos-ngosan, Bro!

Image source: WWW.unsplash.COM / mauriciogutierreztello

Cara mengatur napas saat bersepeda sangat lah penting bro. Lo harus fokus menjaga kecepatan menghirup dan mengembuskan napas saat seluruh tenaga dikerahkan untuk melewati tanjakan curam. Jika sudah berhasil melewati tanjakan, maka atur lagi kecepatan napas lo, rileks sebentar, baru lanjutkan perjalanan.

Nggak cuma itu aja bro, mulus di tanjakan juga perkara menguasai mental. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau sudah lihat tanjakan yang benar-benar curam, mental langsung drop. Maka cara mengatasinya adalah tetap fokus dengan perlahan-lahan sampai ke atas. Jangan lupa mengatur napasnya

Yang bikin lebih mudah lagi yakni merubah posisi dudukan saat menanjak. Kalau lo ketemu sama tanjakan yang curam banget, coba geser posisi duduk lebih ke depan, mendekat ke handlebar, terus condongkan badan sedikit ke depan.

Pertahankan Irama Kayuhan Sepeda

Pindahkan perseneling ke gigi yang lebih tinggi lalu berdiri tegak sembari tetap mengayuh. Jaga bobot tubuh dengan berpusat kepada pedal dan tekan stang ke arah bawa sambil tetap mengayuh dalam posisi tubuh berdiri. Usahakan nggak terlalu melambat saat di belokan dan rintangan selama tanjakan. 

Upayakan Lebih Sering Bersepeda

Kalau lo masih bermasalah ketika jalan menanjak, maka sebaiknya harus melakukan perjalanan bersepeda lebih sering lagi. Karena itu bisa melatih kayuhan sepeda untuk persiapan jalur yang curam.

Memang sih, nggak semua orang punya waktu untuk bersepeda lebih sering. Tapi paling nggak, luangkan waktu 2 sampai 3 mil dalam satu minggu sebanyak 3 kali. Lo juga bisa melakukan jogging selama 1 menit untuk meningkatkan detak jantung. 

Cek Kondisi Ban

Harus dipahami nih bro, jalur pegunungan berbeda dengan jalanan beraspal. Maka ban sepeda juga harus dicek kondisinya. Periksa tekanan udara pada ban. Untuk ban depan pastikan diisi angin dengan tekanan 15 psi, sementara ban belakang 12 psi. 

 

Source:  https://www.singletracks.com/mtb-training/9-ways-to-climb-better-on-your-mountain-bike/
Tips Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
mantaaaap
Agung Sutrisno
Tips nya sangat membantu
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Juang Pratama
wow patut dicoba
Yuniarto ( Tato )
Cek semua yaaaaaa
Ricko Pratama Putra
Okey Infonya
agung
tq info ya
Yoga prisma haryanto
Nice info
Senuadi Tandun
siap.mental dan fisik prima
Cecep Jajang
Ok deh... ternyata selama iji salah tehnik