Berapa Budget yang Dibutuhkan Buat Traveling Pakai Campervan?

Traveling ke berbagai tempat wisata dengan campervan menjadi pilihan menarik dalam menikmati keseruan liburan ala road trip. Namun sudah tahu belum bro, kira-kira berapa sih budget yang dibutuhkan untuk bisa menikmati traveling pakai campervan? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Berapa Budget yang Dibutuhkan Buat Traveling Pakai Campervan?

Traveling menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang selalu dinanti-nantikan oleh kebanyakan orang. Berbagai cara pun bisa dilakukan untuk memberikan pengalaman baru dalam traveling, salah satunya melakukan road trip dengan campervan. Nggak perlu khawatir akan mahal, ternyata traveling menggunakan campervan bisa dibilang cukup terjangkau, bro.

Dengan adanya beberapa jasa penyedia tur dan travel yang menawarkan paket wisata dengan campervan, buat lo yang mau mencoba jadi nggak perlu lagi repot mengatur liburan. Rata-rata harga paket tur dengan campervan berkisar mulai dari Rp 1,7 juta sampai Rp 4,8 juta per paket.

Harga tersebut biasanya sudah termasuk semua fasilitas, seperti biaya sewa campervan, bensin, supir, retribusi camping ground, retribusi tempat wisata, makan, barbeque, api unggun, alat kemah, hingga dokumentasi. Tentu harga yang ditawarkan termasuk terjangkau jika fasilitas yang diberikan selengkap itu.

Mau tahu berapa kira-kira budget yang perlu lo persiapkan untuk melakukan traveling dengan campervan? Berikut ini ulasannya.

Biaya Tur dari Jakarta

Berapa Budget yang Dibutuhkan Buat Traveling Pakai Campervan?

Image source: WWW.unsplash.COM / livin4wheel 

Salah satu penyedia tur yakni Gila Nusantara, memiliki beragam paket yang ditawarkan. Untuk paket trip campervan ke Bandung dengan titik mula dari Jakarta, dengan menggunakan mobil Nissan Evalia untuk maksimal peserta empat orang harganya adalah Rp 4,8 juta.

Paket tersebut mencakup biaya sewa campervan, bensin mobil, supir, retribusi tol, tiket wisata, empat kali makan, simple barbeque, dan api unggun.

Selain paket tersebut, ada pula yang sedikit lebih murah yakni Rp 4,5 juta dengan fasilitas yang sama, hanya aja destinasinya ke Bogor, seperti ke Sentul atau Cibodas.

Jika ingin yang lebih murah, ada juga paket trip hanya camping aja seharga Rp 2,9 juta. Paket tersebut nggak termasuk sesi wisata ke tempat wisata di sekitar camping ground dan hanya mendapatkan dua kali makan.

Pilihan Operator 

Selain Gila Nusantara, ada juga operator lain yang menawarkan paket serupa yaitu Go Escape. Mereka menawarkan paket Jabar Overland explore Pangalengan dua hari satu malam dengan harga Rp 1,1 per orang.

Jenis mobil yang digunakan adalah trooper 4x4. Sedikit berbeda dengan campervan dari Gila Nusantara, karena mobil jenis ini bisa diajak menjelajahi area yang sulit dijangkau oleh mobil biasa, termasuk jalur light offroad.

Fasilitas yang didapat dengan harga tersebut adalah transportasi pulang-pergi, bensin dan tol, tiket masuk lokasi, perlengkapan kemah, makan tiga kali, guide, dan dokumentasi. Selain paket dua hari satu malam yang start dari Jakarta, Go Escape juga menawarkan paket wisata custom overland.

Salah satu tur custom yang pernah dilayani oleh Go Escape adalah tur keliling Jawa Barat selama enam hari lima malam. Tempat wisata yang dikunjungi antara lain Curug Jagapati, Pantai Sayang Heulang, Curug Cisewu, Situ Cileunca, Gunung Patuha, Kawah Putih, dan Geopark Ciletuh.

Untuk tur jenis ini harga yang ditetapkan sekitar Rp 3 juta per orang, sudah termasuk semua fasilitas seperti yang tertera. Harga tersebut juga masih bisa berubah, lebih mahal atau lebih murah tergantung permintaan peserta.

Jika ingin mengganti jenis mobil pun bisa, ada pula pilihan tur VIP dengan Land Cruiser VX. Namun harganya bisa dua kali lipat dari tur menggunakan mobil trooper, bro.

Itulah perkiraan budget yang dibutuhkan untuk melakukan traveling dengan campervan. Biaya tersebut pun bisa berbeda dengan penyedia jasa tur dan travel lainnya, jadi lo bisa memilih sesuai dengan budget yang sudah disiapkan, bro. Mau mencoba?

 

Source: https://travel.kompas.com/read/2020/12/16/081800327/berapa-biaya-yang-dibutuhkan-untuk-liburan-pakai-camper-van-
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
Layak dicoba
Yuniarto ( Tato )
Niceeeeeee
Muhammad Romli
Biaya nya lumayan hehehehe
Heni Oen
kalau disini ada bakal asyik nih
Yoga prisma haryanto
Keren..modal ny jg keren...
Sumardiyono
nice infonya
Aziz Shofa
Perlu dicoba
Cecep Jajang
Kaya nya perlu di peraktekin
Wafiroel N
menarik, makasih infonya
MuhammadAsrul
Nice info