Kenalin Nih Kailani Johnson, Surfer Wanita Indonesia Pertama di Ajang Dunia

Siapa yang menyangka, cita-cita seorang bocah yang tinggal di Bali Selatan jadi kenyataan. Mulai belajar berselancar di terumbu karang yang lembut, sampai akhirnya bisa menaklukan ombak besar di tengah laut.

Kenalin Nih Kailani Johnson, Surfer Wanita Indonesia Pertama di Ajang Dunia

Adalah Kailani Johnson. Kailani Johnson menjadi wanita Indonesia pertama yang bersaing dalam kejuaraan World Surf League (WSL) pada tahun 2019 lalu. Ajang itu dibuka pada 13 Mei 2 tahun kemarin.

Buat yang belum tahu, World Surf League (WSL) adalah badan yang mengatur peselancar profesional dan didedikasikan untuk menampilkan bakat terbaik dunia dalam berbagai format progresif. 

World Surf League awalnya dikenal dengan nama International Professional Surfing (IPS) yang didirikan oleh Fred Hemmings dan Randy Rarick pada tahun 1976. IPS menciptakan sirkuit dunia pertama untuk acara selancar profesional. 

Pada Januari 2018, Forbes melaporkan WSL menandatangani kesepakatan eksklusif untuk hak siar digital, dengan Facebook. Erik Logan, Mantan Presiden Oprah Winfrey Network (OWN) dan Wakil Presiden Eksekutif di Harpo Studios, diangkat sebagai CEO WSL pada 14 Januari 2020.

Cukup ngebahas soal WSL, balik lagi ke kiprah Kailani Johnson. Kesempatan Kailani Johnson di kejuaraan dunia ini bukan cuma sebagai perlombaan pertamanya di tingkat dunia. Tetapi, namanya juga tercatat sebagai wanita pertama INdonesia yang berkompetisi di ajang Championship Tour kelas elit.

Mimpi Jadi Kenyataan

Kenalin Nih Kailani Johnson, Surfer Wanita Indonesia Pertama di Ajang Dunia

Image source: threesixtyguides.com

Kailani Johnson nggak menyangka bisa menjadi wanita pertama yang terlibat dalam kejuaraan surfing dunia. Dia merasa mimpinya jadi kenyataan.

Sebelum karirnya di titik sekarang, dia pernah melamun bisa mewakili Indonesia di ajang kejuaraan dunia. Dan, cita-citanya itu kesampaian di 2019 lalu.

Kesempatan ini nggak disia-siakan. Dia mau menginspirasi perempuan lain di Indonesia supaya terus gigih menggapai cita-citanya.

Belum lagi, keinginannya bisa berselancar dengan idolanya juga terwujud gara-gara World Surf League. Di sana dia bisa memamerkan keahliannya berselancar di atas gelombang besar yang tidak ramai.

Dikenal Peselancar Goofy Foot

Kenalin Nih Kailani Johnson, Surfer Wanita Indonesia Pertama di Ajang Dunia

Image source: worldsurfleague.com

Kailani Johnson dikenal sebagai peselancar goofy foot. Goofy Foot dikenal gaya berselancar dengan teknik backhand. Teknik itu juga yang digunakan Kailani dalam menghadapi juara dunia Stephani Gilmore dan Nikki Van Dijk di kompetisi World Surf League.

Kailani Johnson pernah beberapa kali ikut kompetisi surfing. Tapi untuk di ajang World Surf League ini jadi pengalaman yang baru untuk berselancar di atas ombak yang menegangkan.

Dia ingat betul saat pertama kali diajari surfing oleh sang ayah di Bali Selatan. Saat itu dia berselancar di terumbu karang yang lembut. Sejak saat itu juga dia sudah bertekad bakal membawa papan selancarnya ke geombang yang lebih besar dan kuat.

Kai, sapaan akrab wanita kelahiran Bali ini bahkan bercerita mendapat panggilan kecebong dari tante-tantenya. Panggilan 'kecebong' itu karena Kailani Johnson senang bermain air.

Dia ingat mulai berenang ketika usianya masih dua tahun. Dan, mulai berselancar di usianya 5 tahun. Sang ayahnya lah yang mendorongnya di atas papan besar ke arah laut. Nggak ada rasa takut, Kailani kecil pada saat itu justru kegirangan.

Sampai akhirnya dia bisa berdiri di atas papan dan bertahan sampai ke pantai. Dari sana, dia jatuh cinta di dunia surfin. 

 

Source: https://www.baliekbis.com/kailani-johnson-wanita-indonesia-pertama-di-ajang-world-surf-league-championship/
https://bola.kompas.com/read/2019/05/14/16000008/kailani-johnson-peselancar-wanita-indonesia-pertama-yang-lolos-ke-liga-selancar
https://www.dewimagazine.com/profile/kailani-kusuma-johnson-si-putri-laut-
In Depth Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
Keren.....
Ivan harnawan
Dari indonesia jadi mendunia
Agus Sungkawa
Membanggakan banget
Yuniarto ( Tato )
Wanita Hebat Nihhhh
Yoga prisma haryanto
Keren..membanggakan
Sumardiyono
mantaaaap
Agung Sutrisno
Bangga kepada atlit indonesia
Cecep Jajang
Udah cantik jago lagi... sempurna
Heni Oen
usia muda berprestasi
Yuniarto ( Tato )
Niceeeeee