Trik Taklukan Medan Offroad yang Licin dan Berbatu

Menaklukan jalan bergelombang dan berbatu punya kesenangan tersendiri. Itulah sensasi yang dirasakan para offroader. 

Trik Taklukan Medan Offroad yang Licin dan Berbatu

Atraksi adu kecepatan di medan offroad ini memang menarik banget. Seru banget lihat mobil bisa menaklukan rintangan ekstrem. Mulai dari jalanan bertanah yang licin, batu kerikil, bahkan sampai bebatuan yang besar-besar.

Tapi, offroad bukan cuma sekadar adu cepat sampai garis finish. Olahraga ini butuh skill dan perhitungan yang matang. Tipe mobil yang dipakai juga nggak harus sangar, ban yang dipakai harus raksasa yang diap diajak tempur di jalur yang nggak mulus.

Karena mobil-mobil offroad ini bakal diajak menaklukan lumpur tebal, maka sang pengendara harus punya skill. Dalam offroad, pengendara bakal melewati banyak medan. Semakin rusak dan mengerikan kondisi jalanan, maka bakal makin seru dan menantang bagi para pengemudi mobil offroad.

Adrenalin meningkat. Harus putar otak buat melaju mulus. Nah, lo yang baru mulai, simak dulu nih tips-tipsnya.

Kenali Jenis Mobil

Trik Taklukan Medan Offroad yang Licin dan Berbatu

Image source: unsplash.com / @greg_rosenke

Ini harus jadi perhatian pertama nih bro. Sebelum turun ke medan offroad, maka lo harus mengenali jenis mobil dan tipe penggeraknya. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mobil offroad ini harus bertenaga khusus. Kalau mobil tipe 2WD maka jangan sekali-kali dibawa ke medan lumpur. Untuk mobil 2WD Hig Range ini tenaga yang dihasilkan hanya disalurkan oleh roda belakang. Dan cocoknya hanya untuk lintasan aspal.

Kalau buat tempur di medan offroad lo harus memakai mobil yang tenaga mesinnya disalurkan dari roda depan dan roda belakang alias 4WD. Tenaga mobil 4WD siap diajak buat di jalur licin atau yang buruk sekalipun. Jadi nggak usah khawatir kalau mobil 4WD diajak offroad, karena memang spesifikasinya tangguh kok.

Selanjutnya pelajari medan yang bakal dihajar dengan mobil 'monster' lo. Jangan sampai mobil lo malah kelelep di medan lumpur. Jadi pertama-tama itu lo harus paham soal ketinggian mobil. Ini penting bro buat melihat gundukan yang mau lo taklukan. Setelahnya lo juga harus mengenali jarak dari center roda depan sampai bagian terdepan mobil. 

Kecepatan Mobil

Trik Taklukan Medan Offroad yang Licin dan Berbatu

Image source: ex-adventure.com

Ingat, offroad bukan sekadar siapa yang paling cepat sampai ke garis finish. Karena kalau cuma cari cepat, bisa saja mobil lo terpelanting atau terbalik saat menghadapi jalan yang bergelombang.

Maka, kecepatan mobil juga harus diatur. Semakin mulus lo di jalur kasar, licin, dan berbatu, maka makin cepat juga sampai finish. Jadi, pikirkan juga perhitungan mengemudinya. Untuk mengantisipasi tikungan tajam di depan, jangan sampai buntut mobil nggak berhasil melewatinya. 

Pastikan lo apik buat memperkirakan kapan menggunakan gigi rendah, dan kapan menggunakan gigi tinggi. Karena keseimbangan mobil juga harus dipikirkan. 

Kalau lo masih pemula, sebaiknya mempersilakan pengemudi yang lebih berpengalaman untuk maju lebih dulu. Setelahnya, lo tinggal mengikuti. Lo nggak perlu membuat jalur sendiri. Tetaplah di jalur yang sudah dilewati si pengemudi berpengalaman. Dengan begitu skill offroad lo bisa bertambah. Selamat mencoba.

 

Source: https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-1738514/tips--trik-menghadapi-medan-offroad
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Kenali jenis mobil dan tipe penggeraknya.
Agus Sungkawa
Harus d dampingi bersama pengemudinya yang handal
Yuniarto ( Tato )
Trik Bagus Nih
Heni Oen
kayaknya menantang dan asyik
Senuadi Tandun
semakin sulit medNnya semakin menantang
Fajar Satritama
Kalo ginian enaknya si langsung belajar sama bang jeje
Cecep Jajang
Sangat menantang keren
DEVI TRI HANDOKO
Atraksi adu kecepatan di medan offroad
Ivan harnawan
My life my adventure. . .
Hari Tristiyanto
Bener2 butuh skill dn pengetahuan