Tips Milih Helm Full Face yang Cocok Buat Motoran

Helm full face bisa dibilang menjadi helm yang bisa memberikan perlindungan paling baik dan lumayan bisa meredam kebisingan jalan raya karena sempitnya ruang pada helm ketika dipakai. Nggak heran, jika para pencinta motocross dan kebanyakan pengendara motor lain sangat menyukai jenis helm yang satu ini. Lalu, bagaimana tips memilih helm full face yang tepat buat motoran? Berikut ulasan selengkapnya!

Tips Milih Helm Full Face yang Cocok Buat Motoran

Helm memang menjadi salah satu perlengkapan wajib untuk berkendara motor. Selain bisa melindungi kepala dari benturan, helm juga bisa berfungsi buat melindungi mata dari debu dan serangga saat mengendarai motor, bro.

Salah satu jenis helm yang disukai para pencinta motocross dan kebanyakan pengendara motor yaitu helm full face. Yup, jenis helm yang satu ini bisa dibilang menjadi helm yang bisa memberikan perlindungan paling baik dan lumayan bisa meredam kebisingan jalan raya karena sempitnya ruang pada helm ketika dipakai, bro.

Biar nggak salah pilih, maka sebaiknya simak dulu tips memilih helm full face yang tepat buat motoran berikut ini!

Perhatikan Bobot Helm Full Face

Tips Milih Helm Full Face yang Cocok Buat Motoran

Image source: Unsplash.com/@fegiii

Tips memilih helm full face yang tepat buat motoran yang pertama yaitu perhatikan bobot helm full face yang bakal lo pilih, bro. Sebab, hal ini nantinya bakal sangat memengaruhi kenyamanan, terutama pada bagian leher saat menggunakan helm tersebut.

Jika melebihi dari beban yang dapat ditanggung leher, maka tentu saja bakal berakibat pada rasa nyeri di saraf leher. Berat helm full face umumnya yaitu antara 1,4 hingga 1,6 kg, bro.

Namun, dalam ukuran Standar Nasional Indonesia (SNI), helm full face yang disarankan nggak boleh lebih dari 2 kg. Jika melebihi itu, maka bisa sangat berisiko terhadap kenyamanan penggunanya, bro.

Pilih Helm Full Face Sesuai dengan Ukuran Kepala

Tips Milih Helm Full Face yang Cocok Buat Motoran

Image source: bukalapak.com

Tips memilih helm full face yang tepat buat motoran selanjutnya yaitu pilihlah helm full face sesuai dengan ukuran kepala lo, bro. Sebab, hal ini sangat berpengaruh pada konsentrasi saat berkendara.

Untuk mendapatkan kenyamanan ekstra, pilihlah helm full face yang nggak terlalu sesak, tetapi juga nggak terlalu longgar. Ciri helm full face yang terlalu sempit biasanya ada rasa sakit di bagian pelipis saat digunakan.

Sementara itu, untuk memastikan helm nggak terlalu besar, cobalah gelengkan kepala ke kiri dan kanan saat menggunakan helm tersebut. Jika bergeser, maka helm full face yang lo gunakan memiliki ukuran yang terlalu longgar, bro.

Perhatikan Fitur yang Ditawarkan

Tips Milih Helm Full Face yang Cocok Buat Motoran

Image source: my-best.id

Satu lagi, tips memilih helm full face yang tepat buat motoran yang terakhir yaitu perhatikan fitur yang ditawarkan. Pasalnya, setiap helm full face pasti memiliki keistimewaan dan fitur canggih yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, bro.

Kalau lo mau lebih mudah dalam membersihkan bagian interior helm, maka pilihlah helm full face yang didukung fitur removable inner liner. Ada juga helm yang memiliki fitur air vent yang berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara di dalam helm biar nggak cepat panas, bro.

Selain itu, ada juga helm yang memiliki fitur double visor atau kaca helm ganda menjadi fitur yang bisa lo pertimbangkan saat memilih helm full face. Yup, kaca kedua ini biasanya berbentuk seperti kacamata hitam. Kaca tambahan ini akan sangat membantu lo ketika berkendara di siang hari yang terik dan silau, bro.

Nah, itulah beberapa tips memilih helm full face yang tepat buat motoran. Jadi, jangan sampai salah pilih ya, bro!

 

Referensi: https://my-best.id/136383#toc-0
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Helm memang menjadi salah satu perlengkapan wajib dan penting untuk berkendara motor
Sumardiyono
Nice Infonya
Agus Sungkawa
Terimakasih tips tipsnya memilih helm full face yang tepat buat motoran.
Senuadi Tandun
buat rider ada infobagus
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
Tips yang Tops
Yoga prisma haryanto
Harus nyaman dan aman ..
Safety first... Bkn gaya gaya an
Nurma Mugi Nugraha
Helm mah wajib banget bro, apalagi yg pake kendaraan roda 2 kayak saya. Tunjukan kalo pengendara roda 2 menjadi pelopor ketertiban dan keselamatan berlalulintas
Ivan harnawan
Nice info