Trik Memotret Panorama Bawah Laut, Pemula Silakan Masuk!

Indahnya panorama bawah laut sayang banget kalau nggak dibawa ke daratan. Karena nggak semua orang punya kesempatan menyelam, maka alangkah bijaksananya jika potret bawah laut diabadikan lewat mata kamera dan disebarluaskan.

Trik Memotret Panorama Bawah Laut, Pemula Silakan Masuk!

Fotografi bawah laut tentu bukan perkara mudah. Tentu ada item khusus supaya hasilnya maksimal. Menangkap objek di dalam laut juga nggak gampang. Penyelam sudah pasti bakal menentang gravitasi, semua momen yang ditangkap akan melambat. 

Arus di dalam air juga jadi tantangan tersendiri ketika menyelam sembari foto-foto. Untuk itu, triknya bakal kami bagikan, terlebih buat kalian yang baru mau memulai underwater fotografi. Simak ulasannya, bro!

Pastikan Paham Teknik Diving

Trik Memotret Panorama Bawah Laut, Pemula Silakan Masuk!

Image source: Unsplash.com/@jim-beaudoin

Sebelum memulai jeprat-jepret di dasar laut, kalian harus paham dulu soal teknik-teknik menyelam atau diving. Sekadar berenang aja tentu nggak cukup. Ini lebih dari lo bisa mengambang di air, tapi juga bertahan di air dengan mengatur oksigen dalam tabung yang kapasitasnya terbatas.

Maka, pelajari dulu teknik-teknik menyelam. Minimal lo bisa menguasai teknik yang namanya Buoyancy, kondisi dimana tubuh nggak terlalu berat dan nggak terlalu ringan di dalam air selama menyelam. Nggak cuma itu bro, lo juga haru mengenali kondisi bawah air laut. 

Persiapkan Peralatan yang Proper

Trik Memotret Panorama Bawah Laut, Pemula Silakan Masuk!

Image source: pixpa.com

Jika teknik diving sudah dikuasai maka selanjutnya adalah kamera yang proper untuk diajak ke dasar laut. Tentu ini bagian yang penting. Lo harus membawa kamera yang bisa mengambil objek gambar dalam kondisi cahaya rendah. Dan juga autofokus yang lebih efektif dan akurat untuk bisa melacak objek foto.

Selain itu, untuk teknik fotografi bawah laut juga dikenal dua metode yakni teknik makro atau wide angle. Untuk makro itu memotret objek-objek kecil di bawah laut, sedangkan wide angle lebih fokus terhadap pemandangan bawah air dengan sudut lebar. Kedua teknik ini membutuhkan jenis lensa kamera yang berbeda.

Nah, supaya kamera juga terlindung dari insiden kemasukan air, maka penting dilengkapi dengan sarung kamera khusus bawah air. Ini untuk mencegah kebocoran. Nggak mau kan, menyelam tapi malah bikin kamera rusak?

Teknik Foto di Dalam Air

Trik Memotret Panorama Bawah Laut, Pemula Silakan Masuk!

Image source: lynda.com

Teknik mengambil objek di bawah laut jelas lebih sulit dibanding di daratan. Objek di dalam laut selalu kekurangan cahaya. Maka untuk menyempurnakan objek yang dijepret ada item yang mesti dibawa, yakni strobe atau cahaya kilat. Strobe diperlukan untuk mendapatkan hasil foto yang lebih detail, mengingat bukaan lensa yang terlalu kecil pada teknik makro.

Untuk teknik wide angle, alat ini juga dibutuhkan untuk memperjelas warna objek. Maklum aja, cahaya tambahan ini diperlukan karena kondisi dalam air selalu menantang cahaya matahari.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pengaturan white balance dengan penggunaan flash. Settingan white balance idealnya dibiarkan auto supaya warna yang didapat hampir sama dengan objek aslinya. Bisa juga diatur khusus mode underwater.

Terakhir nih bro, lo harus ahli untuk mengatur kombinasi antara aperture, shutter speed dan ISO. Komposisis yang tepat bakal menghasilkan foto yang ciamik bro, dijamin nggak blur, dan warnanya juga cantik banget. Pengaturan ini juga yang bisa jadi ciri khas hasil foto setiap fotografer.

Jadi gimana, sudah siap buat jepret bawah laut lagi? 

 

 
Source: https://pagguci.com/teknik-dasar-fotografi-bawah-air/
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Mantaap bro, and
Heni Oen
terima kasih infonya
Senuadi Tandun
lumayan kursus gratis
Cecep Jajang
Ini sih nambah ilmu jadi tau deh
Hengky  kik
nambah pengetahuan yang sangat bermanfaat
agung
tq info ya
Ivan harnawan
Makin tau makin banyak ilmu
Hari Tristiyanto
Makasih bt infonya
Yoga prisma haryanto
Thanks info
DEVI TRI HANDOKO
Teknik mengambil objek di bawah laut jelas lebih sulit dibanding di daratan.