Mau Beli Motor Trail? Tahu Dulu Jenis Sama Karakternya, Bro!

Sebelum melakukan aktivitas bertualang menggaruk tanah di jalanan offroad dengan motor trail, lo sudah tahu belum dengan jenis dan karakter motor tersebut? Jangan sampai salah beli, simak ulasan selengkapnya, bro!

Mau Beli Motor Trail? Tahu Dulu Jenis Sama Karakternya, Bro!

Buat yang awam dengan hobi ekstrem satu ini, pasti masih bingung akan jenis-jenis motor offroad yang ditawarkan pabrikan motor. Mulai dari jenis adventure, enduro, motard, motocross, serta dual sport, dan masing-masing juga punya karakteristiknya tersendiri. Lantas, apa yang membedakan jenis-jenis motor yang kerap digunakan bertualang tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis dan karakteristik dari motor trail yang perlu diketahui sebelum memulai hobi ekstrem tersebut.

Dual Sport

Mau Beli Motor Trail? Tahu Dulu Jenis Sama Karakternya, Bro!

Image source: cycleworld.com

Biasanya motor jenis ini masih bisa digunakan di jalan raya, semi offroad, maupun offroad. Karena bisa dikendarai di jalan raya secara legal, maka jenis dual sport ini telah dilengkapi dengan surat-surat motor pada umumnya, bro.

Selain itu, karena adanya regulasi, tentu aja dual sport telah dilengkapi lampu utama, lampu belakang, lampu sein, klakson, spion, speedometer, plat nomor, serta knalpot yang sesuai aturan emisi.

Motard

Mau Beli Motor Trail? Tahu Dulu Jenis Sama Karakternya, Bro!

Jenis motor motard kerap juga disebut dengan supermoto. Motor ini pada prinsipnya sama dengan dual sport, hanya aja, perbedaan yang mencolok terdapat pada bagian kaki-kaki, karena velg dan ban bisa diganti menggunakan ban aspal. Ukuran kaki-kaki depan dan belakang tersebut masih satu ukuran, biasanya menggunakan velg berukuran 17 inci.

Sejarahnya supermoto dimulai dimana banyak pemilik motor motocross di benua Eropa, ingin memakai motor mereka di trek aspal. Lalu kultur supermoto meluas ke seluruh dunia, membuat banyak pabrikan menghadirkan motor supermoto bawaan pabrik.

Enduro

Untuk jenis enduro, biasanya motor ini digunakan sebagai kendaraan uji ketahanan, bro. Sepintas memang mirip dengan dual purpose. Biasanya motor ini memiliki transmisi hingga enam percepatan dan bagian ban kotak-kotak yang lebih besar.

Akan tetapi, jenis motor enduro ini nggak legal untuk dikendarai di jalan raya. Hal ini karena ada beberapa bagian yang dihilangkan dari jenis motor ini, seperti lampu sein, lampu belakang, dan kaca spion.

Sedangkan lampu utama tetap dipasang mengingat trek yang dilalui cukup terjal dan jauh, sehingga nggak sedikit para rider melaku sampai malam hari.

Motocross

Sama seperti enduro, untuk jenis motocross juga nggak legal dikendarai di jalan raya. Sebab, motocross bisa dibilang lebih parah, karena beberapa bagian utama seperti lampu sein, lampu belakang, klakson, kaca spion, dan termasuk lampu utama dihilangkan.

Namun hal tersebut karena motocross bukanlah motor sembarangan, melainkan digunakan untuk balapan motor offroad.

Oleh karena itu, spesifikasi jenis motor ini telah diubah, dengan performa yang lebih powerful. Nggak heran, jenis motor ini sering ditambah embel-embel SE atau special engine. Karena untuk keperluan balap, tentunya motocross juga dijual nggak murah, dengan status off the road.

Adventure

Sedangkan untuk jenis motor ini berbeda dengan motor dual sport. Sebab, motor ini didesain nyaman digunakan karena dikendarai untuk perjalanan jarak jauh, dengan kemampuan offroad-nya yang baik.

Dari tampilannya pun motor adventure punya dimensi besar, dengan kemampuan jelajah yang cukup baik, yaitu di aspal maupun tanah. Sehingga motor adventure memiliki tangki berkapasitas besar, lalu mesin yang cukup powerful untuk berkendara di kecepatan tinggi.

Nah, itulah beberapa jenis motor trail beserta karakteristiknya yang wajib lo ketahui sebelum akhirnya membeli, bro. Jenis motor mana yang akan jadi pilihan lo?

 

Source: https://www.liputan6.com/otomotif/read/2846496/jangan-asal-beli-motor-trail-ini-jenis-dan-karakternya
Gear Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi bila mau membeli
Sumardiyono
nice infonya
Yuniarto ( Tato )
Mantap nihhhhh
Heni Oen
nah buat oengemar motor ada info menarik nih
Fajar Satritama
Saat ini motor trail sering di sebut motor fakboy
Hengky  kik
info yang sangat bermanfaat
Hari Tristiyanto
Sesuaikan budget saja
agung
tq info ya
Ivan harnawan
Mantab infonya
Yoga prisma haryanto
My dream bgt itu motor