Beberapa Gunung yang Belum Pernah Dijelajahi Pendaki

Peralatan gunung memang semakin canggih dan tentunya sangat membantu para pendaki untuk menjelajahi setiap gunung di muka bumi. Meskipun begitu, ternyata tetap ada sejumlah gunung yang belum pernah dijelajahi pendaki lho, bro. Dimana saja letak gunung-gunung ekstrem ini? Berikut ulasan selengkapnya, bro!

Beberapa Gunung yang Belum Pernah Dijelajahi Pendaki

Alam semesta memang selalu menyimpan misteri yang sulit dipecahkan. Bahkan, dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang ini masih ada gunung-gunung ekstrem yang belum pernah dijelajahi manusia lho, bro.

Apa saja nama gunung tersebut? Lalu, di mana saja lokasinya? Berikut ini daftar beberapa gunung ekstrem yang belum pernah dijelajahi manusia atau pendaki dan wajib lo ketahui, bro!

Gangkhar Puensum, Pegunungan Kangchenjunga, Bhutan dan Tiongkok

Beberapa Gunung yang Belum Pernah Dijelajahi Pendaki

Image source: honestdocs.id

Gunung ekstrem pertama yang belum pernah dijelajahi manusia yaitu ada Gunung Gangkhar Puensum di perbatasan Bhutan dan Tiongkok. Dilansir laman Akasaka Outdoor, gunung ini juga menjadi gunung tertinggi di dunia yang belum pernah dicapai puncaknya oleh manusia lho, bro.

Masyarakat Bhutan percaya bahwa gunung dengan ketinggian sekitar 7.570 mdpl ini adalah rumah para dewa yang suci dan nggak layak untuk didaki serta dijejaki manusia. Alasan inilah yang membuat Gangkhar Puensum belum pernah dijelajahi manusia sampai saat ini, bro.

Muchu Chhish, Pegunungan Batura Sar, Pakistan

Beberapa Gunung yang Belum Pernah Dijelajahi Pendaki

Image source: edition.cnn.com

Gunung ekstrem yang belum pernah dijelajahi manusia selanjutnya yaitu ada Muchu Chhish atau yang populer dengan sebutan Puncak Batura V. Muchu Chhish menjadi banyak dibicarakan sebagai destinasi pendakian baru yang masih orisinil setelah pemerintah Pakistan membuka gunung ini untuk aktivitas pendakian pada pertengahan 2020 lalu, bro.

Hal ini tentu saja menarik perhatian para pendaki dari seluruh dunia, agar bisa menjadi manusia pertama yang berhasil mendaki gunung Muchu Chhish.

Gunung Karjiang, Pegunungan Kula Kangri, Bhutan

Beberapa Gunung yang Belum Pernah Dijelajahi Pendaki

Image source: akasakaoutdoor.co.id

Gunung ekstrem yang belum pernah dijelajahi manusia selanjutnya yaitu ada Gunung Karjiang yang terletak di perbatasan wilayah Bhutan dan Tiongkok, nggak jauh dari Gangkhar Puensum. Selain memiliki puncak utama dengan ketinggian 7221 mdpl, gunung ini juga memiliki beberapa puncak lainnya dengan elevasi rata-rata di atas 6000 meter, bro. 

Gunung Karjiang mungkin belum memiliki catatan panjang usaha manusia untuk mencapai puncaknya. Meski begitu, bukan berarti gunung ini nggak menarik perhatian. Sepanjang sejarah pendakian, seenggaknya ada tiga ekspedisi dari tiga negara berbeda yang pernah mencoba untuk menggapainya. Namun, semua berakhir dengan kegagalan, bro. 

Ekspedisi ke Karjiang yang pertama dilakukan oleh pendaki asal Jepang pada tahun 1986 yang berhasil mencapai Puncak Tengah Karjiang (selisih 176 meter dari puncak tertinggi). Kemudian ekspedisi kedua dilakukan oleh pendaki asal Belanda pada tahun 2001, namun masih belum berhasil mencapai puncaknya, bro.

Selanjutnya, ada dua pendaki asal Amerika bernama Joe Puryear dan David Gottlieb mencoba keberuntungan di gunung ini. Kedua pendaki gunung ini pun belum berhasil mencapai puncak Gunung Karjiang, bro.

Gunung Namcha Barwa II, Pegunungan Namcha Barwa, Tibet

Pegunungan Namche Barwa merupakan salah satu pegunungan besar di muka ini yang secara topografi disebut berdiri sendiri. Puncak utamanya, Namcha Barwa I, berhasil didaki pada tahun 1992, bro.

Walaupun puncak utamanya sudah berhasil ditaklukkan, tapi pegunungan Namcha Barwa tetaplah memiliki daya tariknya. Salah satunya yaitu puncak Namcha Barwa II yang berada pada ketinggian 7.146 mdpl dan menjadi salah satu puncak gunung tertinggi di Asia Timur yang belum pernah didaki manusia, bro.

Tercatat, beberapa ekspedisi pernah mencoba ketangguhan puncak tertinggi kedua dari Namcha Barwa ini. Hasilnya, semua ekspedisi tersebut belum membuahkan keberhasilan, bro!

 

Referensi: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/sobat-akasaka/daftar-5-gunung-tertinggi-yang-belum-pernah-didaki-manusia
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Nice infonya . . .
Wafiroel N
wah seru juga klo bisa didaki
Sumardiyono
Patut di coba
Agus Sungkawa
Masih banyak gunung yang perlu d explore
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
berbahaya kali.. makanya blm ada yg berani
Yoga prisma haryanto
Bingung milih ny
DEVI TRI HANDOKO
Alam semesta memang selalu menyimpan misteri yang sulit dipecahkan
Heni Oen
Butuh stamina san persiapan lengkap
Senuadi Tandun
kira2 spt ala dan mengapa yah