4 Air Terjun yang Asri dan Bikin Sejuk di Sulawesi Selatan

Destinasi wisata air terjun yang tersebar di Sulawesi Selatan ini pasti bakal membuat lo ogah berpaling, bro. Selain menyejukan, tempat-tempat ini pun ada yang masih jarang dikunjungi wisatawan dan masih sangat asri, lho. Dimana saja air terjun yang asri dan menyejukan di Sulawesi Selatan ini? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

4 Air Terjun yang Asri dan Bikin Sejuk di Sulawesi Selatan

Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan tempat-tempat wisata alam yang beraneka ragam dan menakjubkan. Salah satunya di Provinsi Sulawesi Selatan yang memang memiliki pesona alam berupa air terjun yang asri dan menyejukan.

Tempat-tempat ini pasti cocok banget buat lo yang lagi mencari tempat ‘pelarian’ sejenak dari rutinitas dan mencari ketenangan, bro. Daripada makin penasaran, mending langsung saja simak empat air terjun yang asri dan menyejukan di Sulawesi Selatan berikut ini!

1. Air Terjun Bulan

4 Air Terjun yang Asri dan Bikin Sejuk di Sulawesi Selatan

Image source: INSTAGRAM.COM/@tasmianto

Air terjun pertama yang asri dan menyejukan di Sulawesi Selatan yaitu ada air terjun bulan yang terletak di Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong atau sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Makassar.

Yup, selain memiliki nama yang terbilang unik, Air Terjun Bulan ini juga memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Air terjun yang menyejukan ini juga memiliki kolam yang cukup besar dan lebar, lho. Jadi, cocok banget buat lo yang suka berendam ataupun berenang, bro.

2. Air Terjun Biroro

4 Air Terjun yang Asri dan Bikin Sejuk di Sulawesi Selatan

Image source: makassarguide.com

Ada juga Air Terjun Biroro yang menjadi bagian dari salah satu air terjun yang asri dan menyejukan di Sulawesi Selatan nih, bro. Air terjun ini menyajikan kesejukan yang luar biasa menyegarkan.

Untuk dapat merasakan sensasi tersebut, lo harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari tempat parkir, bro. Jangan khawatir, karena rasa lelah berjalan kaki pasti bakal terobati dengan pesona hamparan sawah yang hijau di beberapa spot jalur trekking.

Berlokasi di Desa Bonrolurang, Gowa. Perjalanan yang dilewati pun cukup mudah. Lo hanya perlu menempuhnya dengan berjalan kaki.

Selain itu, lo juga bakal menemukan panorama pedesaan yang sejuk nan asri di kaki gunung Bawakaraeng. Setelah menempuh jarak 200 meter, air terjun yang menakjubkan setinggi 15 meter pun bakal menyambut lo, bro.

Di sekitar air terjun yang berada di Desa Bonrolurang, Gowa ini ada juga kolam dengan kedalaman sekitar 8 meter. Tapi, kalau mau berenang di sini wajib menggunakan pelampung meskipun sudah mahir berenang ya, bro.

3. Air Terjun Lembanna

4 Air Terjun yang Asri dan Bikin Sejuk di Sulawesi Selatan

Image source: winnetnews.com

Air terjun yang asri dan menyejukan di Sulawesi Selatan selanjutnya yaitu ada Air Terjun Lembanna yang berlokasi di Desa Lembanna dan bisa banget jadi pilihan wisata lo, bro. Di sekitar air terjun ini terdapat lembah datar dan cukup luas untuk mendirikan 5 tenda.

Lo bisa bermalam di sini dengan membangun tenda di area camping ground. Untuk memasuki area ini lo nggak mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis, bro. Yup, lo hanya diharuskan membayar parkir sekitar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

4. Air Terjun Ketemu Jodoh

Ada juga Air Terjun Ketemu Jodoh yang nggak kalah unik dan indah, bro. Yup, nama salah satu air terjun yang asri dan menyejukan di Sulawesi Selatan ini memang terdengar sangat unik dan menarik.

Air Terjun Ketemu Jodoh ini terletak di Kawasan Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Gowa. Sesampainya di air terjun, lo bakal menemukan kolam yang bisa digunakan buat berenang ataupun sekedar berendam, bro.

Air terjun ini memiliki dua tingkatan. Untuk mencapai tingkatan yang paling atas lo harus melewati medan ekstrem berupa bukit terjal, bro. Tapi semuanya pasti bakal terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Mitosnya, air terjun ini dinamakan demikian karena siapapun yang mandi di air terjun ini bakal segera menemukan jodohnya. Cocok banget nih kalau lo lagi cari jodoh, bro!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/destination/arya-sarimata/8-air-terjun-paling-seger-di-sulawesi-selatan-c1c2/8
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
mantoel bro
Agung Sutrisno
Kekayaan alam indonesia yg tersembunyi
Hari Tristiyanto
mantap bgt pemandangannya.. dijamin seeegeeeer
Senuadi Tandun
bersih dan asri
Yoga prisma haryanto
Indah Nusantara
Ivan harnawan
Nice info
Cecep Jajang
Gak ada habisnya keindahan Indonesia
Wafiroel N
semoga bisa berkunjung disana
Amirul Bahri
Nah kelihatan klo mimin penulis hanya focus di daerah kab. gowa, padahal di sunset destinasi wisata air terjun masih banyak, misalmya di tanah Luwu, Toraja dan Enrekang ...
arief
makasih infonya