Rekomendasi Lampu Terbaik Buat Mobil 4x4 Lo Nih, Bro!

Berpetualang dengan mobil 4x4 di jalur offroad membutuhkan komponen-komponen yang super tangguh bro. Termasuk lampu yang juga harus mumpuni.

Rekomendasi Lampu Terbaik Buat Mobil 4x4 Lo Nih, Bro!

Harus disadari bro, jalanan yang biasa ditempuh mobil 4x4 itu bukan rute biasa. Tapi bisa melewati jalanan pedesaan, menembus kabut, dan melewati pepohonan yang menjulang tinggi.

Oh iya, mobil 4x4 itu mobil berpenggerak empat roda atau four wheel drive (4WD). Mobil dengan sistem penggerak 4WD juga dibutuhkan pada medan jalan beraspal atau onroad.

Balik lagi ke soal lampu, lampu pabrikan bawaan standar mobil biasanya dirancang untuk keperluan pinggiran kota dengan asumsi sekadar menerangi jalan.

Lain halnya jika mobil 4x4 lo diajak ke tempat yang lebih ekstrem dengan jalur berlumpur dan berbatu di tengah hutan. Jalur itu membuat si mobil mau nggak mau beralih dari lampu standar. Karena cahaya yang dihasilkan sudah tentu harus memiliki kemampuan lebih terang. 

Jangan bingung kalau mau modifikasi mobil 4x4 jadi lebih sangat. Sebaiknya lo pertimbangin dulu nih jenis-jenis lampu terbaik yang cocok buat mobil 4x4.

HID

Rekomendasi Lampu Terbaik Buat Mobil 4x4 Lo Nih, Bro!

Image source: buyacar.co.uk

Lampu High-Intensity Discharge atau HID adalah salah satu pilihan lampu aftermarket yang populer. Lampu ini beroperasi dengan arus listrik, dan filamen di lampu ini diisi dengan gas. 

Bola lampu menyala saat cahaya berpindah antara dua elektroda dengan jarak yang tepat. Bola lampu dengan gas mulai meleleh dan menghasilkan uap logam, yang menghasilkan cahaya.

Tapi lo harus tahu dulu nih, saat HID dinyalakan, dibutuhkan beberapa detik agar lampu menghangat dan menghasilkan cahaya. Setelah itu cahaya akan muncul. Ini juga lampu yang populer di tahun 1990-an. 

LED

Rekomendasi Lampu Terbaik Buat Mobil 4x4 Lo Nih, Bro!

LED pilihan aftermarket sudah banyak banget dipercaya banyak orang. Tingkat kecerahannya sangat ekstrem dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Biasanya ditemukan di bilah lampu di atas pikap 4×4 atau Jeep. LED adalah opsi yang lebih umum di mobil para pemilik 4×4 saat ini. Lampu ini hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk agar sesuai dengan kebutuhan 4×4.

Lampu ini lebih sederhana daripada HID, karena mereka hanya iluminasi gerakan elektron saat bergerak di seluruh semikonduktor. LED juga menggunakan watt amp untuk operasi, makanya memungkinkan banget pemilik 4×4 untuk memanipulasi kecerahan mereka saat menambahkan watt tambahan. 

Lampu ini memiliki daya tahan yang diinginkan oleh si pemilik mobil 4×4 yang sering melewati medan kasar. Satu kelemahan dari LED adalah lampu ini sering digabungkan dan dipasang dalam satu kelompok. Jadi kalau salah satu lampu, kemungkinan harus satu paket diganti.

Halogen

Lampu halogen paling dekat dengan lampu standar. Tetapi memiliki penerangan yang lebih terang. Jenis lampu ini tahan lama dan sering dipakai dalam perlombaan selama beberapa dekade terakhir. Sebelum membeli bohlam halogen buat mobil 4×4, penting untuk lo ketahui amp pada mobil cukup buat watt di lampu mobil lo.

 

Source: https://offthehookracing.com/choosing-the-best-lights-for-your-4x4/
Gear Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Rekomendasi yg bermanfaat
Ivan harnawan
Nice info
Sumardiyono
tanks infonya
Senuadi Tandun
Nah 4x4 baru cocok di.daerah pegunungan
Juang Pratama
nice info for me
Yoga prisma haryanto
Nice info
DEVI TRI HANDOKO
mobil tahan banting
agung
tq info ya
Ajis Nurrahmat
Ya Allooohhhhhhh
Ricko Pratama Putra
Nice Recommend