Mau Bisnis Agen Tiket Pesawat Resmi? Nih, Syaratnya!

Bisnis agen tiket pesawat resmi bisa dibilang menjadi salah satu bisnis yang cocok buat para pencinta traveling. Namun, sebelum menggeluti bisnis yang satu ini lo wajib mempersiapkan sejumlah persyaratan pentingnya, bro. Lantas, apa saja persyaratan penting buat bisnis agen tiket pesawat resmi? Berikut ulasan selengkapnya!

Mau Bisnis Agen Tiket Pesawat Resmi? Nih, Syaratnya!

Kalau lo suka banget dengan dunia traveling, maka bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis di bidang ini, bro. Sebab, sektor bisnis ini bisa dibilang merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, usaha ini juga terbilang cukup mudah.

Salah satunya, lo bisa menjalankan bisnis agen tiket pesawat resmi, bro. Sebelum memulai, sebaiknya penuhi dulu beberapa persyaratan pentingnya berikut ini!

Memiliki Outlet yang Jelas Keberadaannya

Mau Bisnis Agen Tiket Pesawat Resmi? Nih, Syaratnya!

Image source: his-travel.co.id

Persyaratan penting buat bisnis agen tiket pesawat resmi yang pertama yaitu haruslah memiliki outlet yang jelas keberadaannya. Yup, outlet ini bisa dibilang menjadi salah satu bagian penting dalam membangun bisnis lo secara resmi dan terlihat profesional, bro.

Hal ini tentu saja bakal menarik minat dan kepercayaan konsumen. Selain itu, usahakan lokasinya berada di tempat yang strategis atau diketahui banyak orang. Sehingga, setiap orang yang memerlukan jasa dari agen tiket pesawat resmi lo bisa menemukannya dengan mudah, bro.

Harus Terdaftar Secara Resmi

Mau Bisnis Agen Tiket Pesawat Resmi? Nih, Syaratnya!

Image source: south-seas-adventures.com

Sesuai nama bisnisnya, setiap badan usaha penjualan tiket pesawat yang resmi tentu saja harus terdaftar secara resmi juga, bro. Yup, bisnis agen tiket pesawat resmi lo haruslah memiliki bukti sertifikat dan juga terdaftar di lembaga atau pemerintahan tertentu, bro.

Untuk membuka bisnis agen tiket pesawat resmi, maka lo harus badan usaha berupa Perseroan Terbatas atau yang biasa disingkat PT. Bentuk bisnis perseroan tersebut juga harus memiliki izin berupa tanda terima “Surat Izin Pariwisata” yang dikeluarkan secara resmi oleh Asosiasi Travel Indonesia, bro.

Selain surat, bisnis agen tiket pesawat resmi juga wajib memiliki sertifikasi resmi. Sertifikasi ini berupa sertifikat yang dikeluarkan secara resmi oleh dua lembaga yaitu, Asosiasi Travel Indonesia dan juga International Air Traffic Association (IATA).

Agen bisnis penjualan tiket pesawat resmi yang sudah memiliki sertifikasi dari pihak IATA ini menjelaskan bahwa agen bisnis tersebut berhak untuk melakukan penjualan tiket pesawat dengan rute internasional, seperti tiket pesawat Garuda Indonesia, Air Asia dan lain sebagainya, bro.

Memiliki Sertifikat “System Reservation and Ticketing”

Mau Bisnis Agen Tiket Pesawat Resmi? Nih, Syaratnya!

Image source: investopedia.com

Kalau tempat bisnis agen penjualan untuk membuka penjualan tiket pesawat resmi harus memiliki sertifikat, begitu juga dengan pelaku maupun tenaga kerjanya sendiri, bro.

Sebagai “pemilik bisnis penjualan tiket pesawat” dan juga semua tenaga kerja yang terlibat dalam bisnis ini, harus memiliki sertifikat bernama “System Reservation and Ticketing”. Ini adalah salah satu syarat agar lo bisa menawarkan harga sejumlah tiket resmi maskapai penerbangan, bro.

Memberikan Deposit kepada Pihak Maskapai Pernerbangan

Mau Bisnis Agen Tiket Pesawat Resmi? Nih, Syaratnya!

Berbeda dengan agen travel armada transportasi lainnya, untuk transportasi udara yang melibatkan beberapa pihak maskapai penerbangan, lo wajib memberikan deposit kepada pihak tersebut, bro. Jadi, setiap maskapai penerbangan yang tiket pesawatnya ditawarkan ke pasaran, harus mendapatkan deposit dari agen penyedia tiketnya.

Setiap maskapai biasanya memiliki standar depositnya masing-masing. Dengan deposit tersebut, usaha penjualan tiket pesawat lo juga secara resmi sah dan legal untuk berjualan, bro. Sebab, deposit juga syarat bisnis penjualan tiket pesawat terbulang benar-benar dapat diterima keberadaannya secara resmi.

Memiliki Sarana Operasional

Satu lagi, dan menjadi salah satu persyaratan penting buat bisnis agen tiket pesawat resmi yang nggak boleh ketinggalan yaitu memiliki sejumlah sarana operasional, bro. Tujuannya, tentu saja untuk menunjang pelayanan agar konsumen bisa dilayani dengan cepat dan optimal.

Sarana operasional ini bisa berupa komputer, koneksi internet atau wifi untuk sistem online, mesin faximile, telepon kantor, alamat email, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan sarana operasional sistem tiket pesawat, bro.

So, itulah beberapa persyaratan penting buat bisnis agen tiket pesawat resmi. Tetaplah semangat dan jangan pernah mencoba berhenti mencoba ya, bro!

 

Referensi: https://www.travgo.com/blog/content/ingin-membuka-bisnis-tiket-pesawat-yang-resmi-ketahui-dulu-persyaratannya/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

20 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
nice infonya
Yuniarto ( Tato )
Nice bangettttttt
Ivan harnawan
Usaha sampingan
Agus Sungkawa
Fahami dlu sarat saratnya
Heni Oen
thanks info ya
Senuadi Tandun
infonya bermanfaat
Yoga prisma haryanto
Bermanfaat.. ilmu baru
Hari Tristiyanto
mantap info nya
Cecep Jajang
Kaya nya boleh di Cuba.. siapa tau bagus Rezeki ny
agung
tq info ya