Bisnis Campervan di Tengah Pandemi, Untung atau Buntung?

Liburan menggunakan campervan masih menjadi tren sampai sekarang. Meski di tengah pandemi begini, peminatnya justru naik. Benar nggak sih?

Bisnis Campervan di Tengah Pandemi, Untung atau Buntung?

Kondisi yang serba terbatas di situasi hampir setahun terakhir ini membuat sejumlah orang harus berada di rumah. Pandemi mau nggak mau harus ditekan dan anjuran pemerintah tetap di rumah sampai patuh protokol kesehatan.

Lo pasti masih ingat ketika awal-awal kasus Corona muncul di Indonesia. Bikin geger dan panik. Seluruh perkantoran diwajibkan 'merumahkan' pegawainya. PR di kantor harus dibawa ke rumah. Muncul juga tagar #dirumahaja dan itu berlangsung sampai berbulan-bulan. Bikin jenuh buat sebagian. 

Lokasi wisata juga ditutup sementara. Alhasil, kita semua benar-benar harus di rumah. Nggak boleh dulu kemana-mana. Kecuali ada urusan yang sangat genting.

Seiring berjalannya waktu, aturan yang dibuat pemerintah pelan-pelang dilonggarkan. Yang tadinya di rumah aja, bisa juga ngantor meski nggak 100 persen. Sama juga halnya dengan lokasi wisata. Pegunungan hingga tempat rekreasi sudah dibuka lagi di beberapa daerah. 

Satu syarat yang paling penting ini ditekankan pada protokol kesehatan. Nggak boleh dilanggar, artinya wajib dilakukan. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Ini yang setiap kali ditekankan supaya penyebaran bisa diputus. 

Saking lamanya di rumah, hasrat buat liburan pun nggak bisa dibendung. Nah, salah satu alternatifnya itu traveling menggunakan campervan. Aman nggak sih?

Permintaan Meningkat Selama Pandemi

Bisnis Campervan di Tengah Pandemi, Untung atau Buntung?

Image source: moorescampers.com

Ini dia Indra, seorang builder specialist campervan menceritakan bisnis campervan justru meningkat permintaannya di tengah pandemi. Di saat usaha-usaha lainnya mulai loyo, permintaan modifikasi campervan malah naik. "Respons masyarakat khususnya Jabodetabek ini bagus terutama ketika pandemi," katanya.

Indra sendiri mengawali bisnisnya dari laman media sosial. Membernya sampai saat ini sudah sampai 5 ribuan. Permintaan modifikasi campervan ini naik karena sejumlah orang ingin liburan dengan cara yang aman.

Dan, kalau dipikir-pikir, liburan dengan campervan bisa dibilang cukup menjamin karena perjalanan dan menginap lo bisa dilakukan di dalam satu tempat. 

Bisa dimaklumi karena campervan itu tipe mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa dengan peralatan yang lengkap. Ibarat kata, naik campervan ini kayak tinggal di rumah yang bisa berpindah-pindah. Ada tempat tidur, toilet, dan area masak. Lengkap kan?

Bukan Sekadar Modifikasi Tapi Mencari Kebahagiaan

Bisnis Campervan di Tengah Pandemi, Untung atau Buntung?

Image source: justmuha.com

Indra mengatakan permintaannya banyak dari klien yang berusia 50 tahun ke atas. Alasannya, klien-kliennya itu ingin bahagia dengan keluarganya. Liburan lebih intim dalam satu mobil. 

"Jadi prinsipnya campervan adalah bukan hanya bicara modifikasi tapi bicara bagaimana mencari sebuah kebahagiaan bisa didapat dari sesuatu atau style yang berbeda," katanya.

Dia juga merinci tipe-tipe mobil yang bisa dibawa traveling. Pertama ada caravan, terus camper truck, dan terakhir campervan. Kalau campervan itu menurut dia tipikal mobil yang bertipe MPV. Sementara kalau minibus itu cenderung masuk dalam kategori motorhome.

Karena kalau motorhome terbilang lebih lengkap, ada kamar mandi, genset. Nah, kalau mobil-mobil yang lebih pendek itu terbatas dari segi fasilitas. Paling nggak campervan harus memiliki kasur. Itu adalah kunci utamanya.

Meski dinilai aman, tapi situasi pandemi tetap nggak boleh abai sama protokol kesehatannya. Liburan sehat bisa dijamin dengan tetap menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

 


Source: https://moov.suara.com/lifestyle/2020/12/01/203850/campervan-tren-baru-yang-jadi-peluang-bisnis-saat-pandemi
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Nurma Mugi Nugraha
ManTAB, sayang untuk di Indonesia regulasi mobil Campers masih susah.
Agus Sungkawa
Bisnis lancar tetap nggak boleh abai sama protokol kesehatannya
DEVI TRI HANDOKO
saat ini liburan menggunakan campervan masih menjadi tren
Ivan harnawan
Nice info
Sumardiyono
tanks infonya
Senuadi Tandun
mantap nih kalau punya mobil spt ini
agung
tq info ya
Ulin Nuha
Thanks infonya
Yoga prisma haryanto
Semenjak pandemi semua cara di lakukan apalagi bisnis dan usaha... meski konsumen meragukan
MuhammadAsrul
Nice infonya