Ini Dia Colin O'Brady, Pria yang Taklukan Antartika Sendirian

Entah apa yang ada di benak pria asal Amerika Serikat, Colin O'Brady ini. Dia punya misi menaklukan Antartika seorang diri. Iya, benar-benar seorang diri tanpa pengawasan apapun. Dan, ajaibnya dia berhasil.

Ini Dia Colin O'Brady, Pria yang Taklukan Antartika Sendirian

Colin O'Brady ini menjadi orang pertama yang berhasil menaklukan Antartika seorang diri. Sebelumnya sama sekali nggak ada penjelajah yang berhasil. Penjelajah lainnya banyak yang gagal, mereka menyerah atau ditemukan meninggal dunia di tengah perjalanannya.

1.500 Kilometer dalam 54 Hari

Ini Dia Colin O'Brady, Pria yang Taklukan Antartika Sendirian

Image source: gearjunkie.com

Sebelum memulai penjelajahannya itu, Colin O'Brady sempat menimbang-nimbang rencananya buat menjelajahi Antartika. Meski merasa baik, dia ragu-ragu juga bisa sampai finish.

Tapi niatnya tetap berlanjut. Semua peralatan dibawa lengkap termasuk kereta lncur. Targetnya melintasi Antartika 70 hari bisa lebih cepat. Dia berhasil menempuh 1.500 kilometer perjalanan di sepanjang benua selatan selama 54 hari tanpa mendapat pasokan kebutuhan tambahan.

Perbekalannya bukan hitungan puluhan kilogram. Selama melakukan petualangan, bobot kereta luncurnya mencapai 180 kilogram. Isinya ada tenda, kantung tidur, kamera, ponsel satelit, dan 14 kilogram bahan bakar untuk masak. Dia juga bawa 100 kilogram makanan. Pasokan itu membantu Colin O'Brady bertahan hampir dua bulan di tengah suhu dingin.

Bobot 180 kilogram itu sudah hasil akurasi makanan yang dibawa supaya tetap ringan. Nggak ada makan-makanan daging ayam. Pasokan makannya terdiri dari oatmeal, makanan beku dan kering, sup, sampai biskuit bar yang dibuat khusus.

Tantangan berat dialaminya setiap harinya. Terlebih untuk urusan perut. Dia bilang, sepanjang perjalanannya nggak pernah bertemu dengan lahan untuk makanan segar. Itulah yang bikin Colin O'Brady nggak dapat pasokan makanan tambahan. Menu makanan yang dibawa dikonsumsi secara berurutan setiap hari. Nggak menu yang berubah. 

Setiap harinya, semenjak memulai penjelajahan di Antartika, menu yang selalu mengawali harinya adalah oatmeal yang dicampur bubuk protein serta minyak ekstra buat sumber lemaknya. Dia juga mengonsumsi biskuit yang kalorinya setara 500 kalori. Biskuit itu dikonsumsi setiap 90 menit sekali.

Ini biskuit khusus yang dibuat khusus untuk keperluan Colin O'Brady. Bahan-bahan biskutinya itu terdiri dari campuran kacang, biji-bijian, minyak kelapa, dan suplemen makanan. Makanya asupannya setiap hari kaya akan energi.

Ketika siang hari, menunya mulai makanan berkuah. Hangat dan kayak protein. Dia memasak ramen dengan ekstra garam dan sayuran. Kalau malam harinya dia makan makanan kering dan beku. Ditambah empat bungkus mi rasa sup ayam yang memberikan 7.000 kalori.

Menjalankan Misi Ultramarathon Antartika

Singkat cerita dia memasuki hari ke-52 di mana dia sudah menempuh jarak 1.375 kilometer. tinggal 125 kilometer lagi buat dia sampai ke titik finish di Ross Ice Shelf.

Dari situ dia memutuskan untuk melakukan yang namanya ultramarathon Antartika. Selama perjalanan 32 jam tanpa tidur. Iya, itu benar-benar dia lakukan.

Kereta luncurnya diseret menyusuri padang es Antartika. Tetap tenang dan santai. Biar fokus dan mengurangi tekanan selama perjalanan, dia menyetel musik.

Cuma sekali aja dia istirahat.  Dan akhirnya tonggak kayu di bibir Ross Ice Shelf pun bisa disentuhnya. Total perjalanan 1.500 kilometer dia tempuh dalam durasi 54 hari. 

Nggak lama-lama berpikir, dia langsung mengambil telepon satelitnya dan memberi kabar ke istri tercintanya. "Finish! Aku berhasil!," begitu kalimat yang haru yang dia sampaikan ke istrinya.

Keberhasilannya itu mencatatkan nama Colin O'Brady di buku rekor. Namanya juga tertulis di New York Times sebagai orang pertama yang berhasil melintasi Benua Antartika dari ujung ke ujung dengan jalan kaki sendirian. Salut!

 

Source: https://nationalgeographic.grid.id/read/131277386/kisah-colin-obrady-penjelajah-yang-berhasil-melintasi-antartika-seorang-diri?page=2
In Depth Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Nurma Mugi Nugraha
Ngeri, sendiri selama 54 hari....bagaimana kalo kenapa"....salut
Sumardiyono
TOP BGT NICE INFONYA
Tofan  Hidayat
Luar biasa nih,,,
Agung Sutrisno
Salut luar biasa.....orang pertama yang berhasil melintasi Benua Antartika dari ujung ke ujung dengan jalan kaki sendirian
Ivan harnawan
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
manusia kuat
Agus Sungkawa
Sosok yang inspiratif
Yuniarto ( Tato )
Punya nyli
Senuadi Tandun
bisa menjadi inspirasi nih
Yoga prisma haryanto
Luar biasa.... Mental super