Fakta Menarik Aurora Borealis yang Cantik dan Bikin Kagum!

Traveling ke negara-negara di sekitar kutub utara sambil melihat fenomena alam Northern Lights atau Aurora Borealis pasti bakal jadi pengalaman liburan yang nggak bakal terlupakan. Bukan cuma sekadar cantik, Aurora Borealis juga memiliki fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang lho, bro. Apa saja fakta-fakta tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Fakta Menarik Aurora Borealis yang Cantik dan Bikin Kagum!

Cahaya Aurora terbentuk akibat adanya interaksi antara medan magnetik bumi, dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Nggak cuma bisa disaksikan dari bumi, cahaya Aurora bisa juga dilihat dari luar angkasa lho, bro.

Aurora yang ada di langit bagian selatan bumi disebut Aurora Australis , sedangkan Aurora yang ada di langit bagian utara bumi disebut Aurora Borealis. Diantara keduanya, Aurora Borealis bisa dibilang menjadi yang paling terkenal.

Meskipun sama-sama memiliki cahaya yang sama indahnya, medan untuk melihat Aurora Borealis cenderung lebih mudah ditempuh, bro. Sedangkan, Aurora Australis  yang berada di kutub selatan, memiliki medan yang cukup sulit untuk dijangkau.

Biar makin paham tentang aurora, sila simak fakta menarik Aurora Borealis yang cantik dan harmonis berikut ini, bro!

Nama Aurora Berasal dari Dewi Romawi

Fakta Menarik Aurora Borealis yang Cantik dan Bikin Kagum!

Image source: departures.com

Fakta menarik Aurora Borealis yang pertama yaitu datang dari asal-usul terkait namanya, bro. Pesona keindahan cahaya Aurora Borealis di langit kutub utara memang memiliki daya pikat yang luar biasa.

Tapi ternyata, nama Aurora berasal dari nama Dewi Fajar kepercayaan orang Romawi Kuno lho, bro. Sedangkan, nama Borealis berasal dari kata "Boreas" dalam bahasa Yunani yang artinya angin utara.

Bisa Menciptakan Ilusi

Fakta Menarik Aurora Borealis yang Cantik dan Bikin Kagum!

Image source: global.hurtigruten.com

Setiap pasang mata yang menyaksikan cahaya Aurora secara langsung, pasti menyangka kalau Aurora itu letaknya dekat banget. Padahal, kenyataannya Aurora itu letaknya di atmosfer bumi yang jaraknya sekitar 90 kilometer, bro.

Bahkan saking jauhnya, para astronot yang sedang berada di luar angkasa masih bisa menikmati keindahan cahaya Aurora. Akan tetapi, para astronot harus berhati-hati saat menikmati Aurora, karena biasanya cahaya Aurora jelas terlihat kalau sedang terjadi badai matahari, bro.

Cerita Legenda Tentang Aurora di Sekitar Kutub Utara

Fakta Menarik Aurora Borealis yang Cantik dan Bikin Kagum!

Image source: pinterest.ru

Fakta menarik Aurora Borealis yang cantik dan harmonis selanjutnya yaitu ada cerita legenda tentang Aurora di Sekitar Kutub Utara. Yup, setiap fenomena unik dan mengherankan pasti selalu memiliki legenda yang menyertainya, begitu juga dengan Aurora Borealis, bro.

Penduduk di Amerika Utara percaya kalau Aurora merupakan perwujudan roh dari orang-orang yang sudah meninggal. Ada juga yang percaya kalau Aurora adalah cahaya untuk memandu jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal ke surga, bro.

Selain itu, orang-orang suku Inuit atau yang lebih populer dikenal sebagai orang Eskimo, memiliki kepercayaan kalau Aurora Borealis merupakan perwujudan dari roh-roh binatang yang sudah mereka buru selama ini.

Tempat Terbaik Menyaksikan Aurora Borealis

Fakta Menarik Aurora Borealis yang Cantik dan Bikin Kagum!

Image source: usatoday.com

Iceland atau Islandia bisa dibilang menjadi tempat utama yang dituju para traveler untuk menyaksikan fenomena alam langka yang satu ini. Tapi, sebenarnya cahaya Aurora Borealis bisa dinikmati pada beberapa tempat di bumi bagian utara lho, bro.

Mulai dari Alaska, Kanada hingga Siberia cahaya Aurora Borealis bisa dilihat dengan sempurna. Yup, dataran Arktik memang menjadi tempat terbaik kalau lo ingin melihat keindahan cahaya Aurora di siang hari ataupun saat tengah malam.

Sayang sekali ya tempat-tempat tersebut sangat jauh letaknya dari Indonesia. Tapi mudah-mudahan suatu hari nanti, lo bisa memiliki kesempatan untuk menyaksikan keindahan Aurora Borealis secara langsung ya, bro.

Atau, mungkin ada yang sudah pernah melihatnya secara langsung? Ceritakan pengalaman seru lo itu di kolom komentar ya, bro!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/science/discovery/maria-liana/7-fakta-tentang-aurora-borealis-cahaya-cantik-di-langit-utara-exp-c1c2/7
In Depth Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Nurma Mugi Nugraha
ManTAB, keindahan dari sang Pencipta
Ivan harnawan
Nice info
DEVI TRI HANDOKO
LANGIT WARNA WARNI
SRI YAYA ASTUTI
SUNGGUH CANTIK LUAR BIASA
Senuadi Tandun
Keren banget
Ulin Nuha
Mantul,, Nice infonya
Yoga prisma haryanto
Keren kaya di film kartun
Sumardiyono
Tanks Infonya
Muhammad ridwan
Mantap langitnya marna warni
Senuadi Tandun
Bagusnya, sayang hanya ada d negara tertentu