Traceur Lokal Hamy Pratama yang Harum di Mancanegara

Kalau ngomongin olahraga di Indonesia yang paling ngetop ya badminton, sepakbola, basket, atau voli. Jenis olahraga lain jadi nggak muncul ke permukaan. Padahal para pegiat atau atletnya dipandang oleh mata dunia.

Traceur Lokal Hamy Pratama yang Harum di Mancanegara

Salah satu contohnya traceur atau kalau lo akrab dengarnya parkour. Kalau lo belum akrab sama yang namanya traceur, jadi parkour itu tema umum di antara traceur Prancis. Secara umumnya sama kok, bro. Bedanya tipis. Paling cuma se-jari kelingking.

Balik lagi soal dunia traceur nih. Nggak banyak orang yang tahu sama aktivitas ekstrem ini. Kenapa extreme karena olahraga ini juga berbahaya dan perlu ketelatenan dalam berlatihnya.

Yang namanya traceur nih bro, lo bisa melakukan gerakan lari, melompat sampai memutarkan badan. Kalau belum ahlinya, bisa tergelincir dan cedera otot.

Dari ratusan pegiat traceur atau parkour di Indonesia, ada satu nama yang paling mencolok. Namanya malahan tercatat di World Freerunning & Parkour Federation (WFPF). Kenalin nih, Idham Khalid Adi Pratama atau yang lebih akrab disapa dengan Hamy Pratama.

Mulai dari Tahun 2008

Traceur Lokal Hamy Pratama yang Harum di Mancanegara

Image source: cyberspaceandtime.com

Hamy lahir di Sidoarjo, Jawa Timur. Kecintaannya akan dunia traceur atau parkour inilah yang bikin Hamy konsisten. Nggak gampang buat Hamy bisa mencatatkan namanya di papan prestasi. Kuncinya adalah terus latihan meski ada banyak kendala dan keterbatasan.

Selama mulai latihan di tahun 2008 itu, lahan buat latihan itu susah banget dicari. Belum lagi cidera-cedera yang dialami. Tapi 'kesakitan' Hamy nggak bikin tekadnya melempem. Justru jadi cambuk buat terus maju.

Memang kalau kerja keras dan usaha itu selalu ada hasil manis di ujungnya. Selain nama Hamy tertulis di World Freerunning & Parkour Federation, dia pernah menorehkan prestasi di level nasional dan internasional.

Dia pernah juara 1 di ajang Jakarta Levi’s Parkcool Challenge 2015 serta meraih predikat best trick di gelaran Lion City Gathering, Singapura pada Januari 2016 lalu, mengalahkan 500 atlet parkour & freerun dari Asia, Amerika, Eropa dan Australia.

Label best trick yang dia dapat itu nggak gampang. Hamy harus bisa melewati yang namanya obstacle di Bishan Active Park sambil melakukan salto ekstrem buat dapat nilai tinggi dari juri.

Nggak sampai di situ, bro. Banyak... masih ada lagi. Hamy di ajang Red Bull Art of Motion Online Qualifier 2016 mendapat dukungan sebanyak 3202 dukungan melalui likes dalam video nya.

Olahraga yang Menyelamatkan Hidupnya

Traceur Lokal Hamy Pratama yang Harum di Mancanegara

Image source: feetwindyoung-12.live

Hamy bersyukur bisa menyelam di dunia parkour atau traceur ini. Nggak ada pelatihan khusus yang dia jalani, semuanya otodidak. Dari situ ketika sudah paham mulai dari basic sampai teknik, Hamy mulai dikenal di media sisa.

Dari sekian banyak kejuaraan yang pernah dia ikuti, paling berkesan adalah kompetisi yang di Singapura tahun 2012. Hamy sampai susah move-on kalo ingat-ingat momen 9 tahun lalu itu. 

Kenapa bisa begitu, karena di ajang itu Hamy mulai memperkenalkan dirinya ke banyak pegiat parkour atau traceur. Dari sanalah dia konsisten sampai sekarang.

 

Source: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/12/17/hammy-pratama-anak-indonesia-yang-mengharumkan-nama-indonesia-lewat-parkour
In Depth Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Nurma Mugi Nugraha
Olahraga yang membutuhkan keberanian dan perhitungan tepat
AHMAD ZAENUDIN
Andrenali luarbiasa
Sumardiyono
Nice Infonya
Agus Sungkawa
pegiat parkour atau traceur.
DYAH WIDIASTUTI
Mantap ...
Heni Oen
hebat inspirasi buat anak.muda.yang lain
DEVI TRI HANDOKO
OLAH RAGA NON MAINSTREAM YANG LAGI NGETOP
Ulin Nuha
Kereennn thanks infonya
Yoga prisma haryanto
Dari hoby.. hingga mengharumkan nama bangsa
Senuadi Tandun
mantap smoga bs menjadi.inspirasi bagi yang lain