Mau Coba Parkour? Lo Harus Pilih Sepatu yang Kayak Gini!

Pertama kali mendengar kata parkour pasti yang terlintas kegiatan melompat dari satu bangunan ke bangunan lain. Atau melewati hala rintang sabil berakrobat. Berlari cepat lalu melompat sambil memutar badan.

Mau Coba Parkour? Lo Harus Pilih Sepatu yang Kayak Gini!

Nggak gampang dan harus banyak latihan. Satu hal yang nggak kalah penting tuh item penunjang biar lo nggak gampang cedera. 

Lo pasti paham deh yang namanya olahraga itu mesti pakai sepatu khusus. Apapun jenisnya. Coba sebutin, sepakbola jelas sepatunya khusus, basket juga, sampai bulutangkis pun sepatu nggak bisa sembarangan. Apalagi pakai sepatu casual yang buat fashion.

Sama nih kayak olahraga lain, parkour juga perlu yang namanya sepatu khusus. Jangan sampai aktivitas parkour lo bikin celaka karena sol sepatu yang licin.

Nah makanya, di artikel ini lo bakal dipandu buat memilih sepatu parkour yang tepat. Jadi lo bisa bergerak lebih cepat dan nggak ragu tuh buat bikin lompatan-lompatan yang ekstrem.

Cari Sol yang Tepat

Mau Coba Parkour? Lo Harus Pilih Sepatu yang Kayak Gini!

Image source: youtube.com/fdfac

Lo bakal melakukan banyak gerakan ketika menjajal yang nama nya parkour. Jadi lo harus pandai betul nih memilih sol sepatu yang mendukung gerakan intens lo di segala bidang.

Sebaiknya lo pilih sepatu yang solnya cuma satu bagian aja. Karena itu bisa lebih tahan lama dan bikin kaki nyaman. Kalau sepatu yang solnya banyak atau berlapis itu justru bisa bikin cepat rusak dan retak lebih cepat. Tipe sepatu ini bikin rentan cedera dan susah saat mendarat.

Satu hal lagi yang mesti jadi perhatian lo itu yakni arch pada sepatu. Atau lengkungan di bagian bawah sepatu. Arch sepatu punya besar buat bikin cengkeram kaki di sepatu lebih nyaman saat mendarat dan membantu keseimbangan.

Jangan sampai karena gerakan-gerakan ekstrem parkour bikin kaki tergelincir. So, pastiin sepatu yang lo pilih benar-benar nyaman. 

Perhatikan Beratnya

Mau Coba Parkour? Lo Harus Pilih Sepatu yang Kayak Gini!

Image source: fultimateparkourgear.com

Kalau lo sudah bisa pegang sepatu itu berat, maka harus segera dikembalikan ke box sepatu dan simpan baik-baik. Karena sepatu yang berat nggak bikin lo lebih gampang melakukan lompatan tinggi. 

Lo juga mesti tau sepatu mana yang bikin o fleksibel untuk berlari, melompat dan menaklukan rintangan-rintangan. Jangan pakai sepatu yang kaku karena pergelangan kaki lo bisa cidera dan nggak nyaman juga.

Intinya, sepatu yang nyaman bakal bikin lo lebih percaya diri buat melakukan manuver-manuver akrobatik parkour. Sepatu yang fleksibel juga membuat gerakan kaki bisa menekuk tanpa rasa sakit. Yang paling penting, lo bisa mendarat dengan sempurna tanpa cedera. 

Satu hal lagi nih bro, sepatu yang nyaman harus dibekali dengan skill yang mumpuni ya. Jadi ingat lagi, latihan pun harus diperhatikan.

 

Source: https://www.warriorplayground.com/post/put-your-best-foot-forward-what-to-look-for-in-parkour-shoes
Gear Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Harus safety saat melakukan lompatan
SRI YAYA ASTUTI
sesuaikan dengan fungsinya
DYAH WIDIASTUTI
Thx infonya
Heni Oen
ternyata sepatu juga harus disesuaikan
Sumardiyono
Nice Infonya
Ulin Nuha
Harus ada pilihan yg tepat.. thanks infonya
Yoga prisma haryanto
Harus tetapnjaga keselamatan
Yoga prisma haryanto
Harus tetapnjaga keselamatan
Agus Sungkawa
Selain sepatu otot juga harus kuat
Hari Tristiyanto
Mantap Infonya....