Destinasi Wisata Air Tawar Alami Menyegarkan di Sumatera Barat

Bermain air di tempat wisata air tawar alami yang menyejukan memang dipercaya bisa membuat penat pudar. Sebab, tempat-tempat ini memiliki air yang sangat jernih dan sejuk bukan main, bro. Sebagai Provinsi yang kaya akan dengan pesona alamnya, Sumatera Barat juga memiliki destinasi wisata air tawar alami yang menyegarkan, lho. Berikut ulasan selengkapnya!

Destinasi Wisata Air Tawar Alami Menyegarkan di Sumatera Barat

Nusantara memang terkenal dengan bentangan pesona alamnya yang beraneka ragam dan menakjubkan. Salah satunya, ada di Provinsi Sumatera Barat. Yup, provinsi yang satu ini memang kaya akan pesona alamnya, termasuk air tawar alami yang menarik perhatian para traveler, bro.

Bahkan, destinasi wisata air tawar ini sudah ada yang terkenal sejak zaman dahulu dan semakin populer berkat ajaibnya media sosial. Daripada makin penasaran, sebaiknya simak langsung destinasi wisata air tawar alami yang menyegarkan di Sumatera Barat berikut ini, bro!

Mato Aie Paninggahan, Kabupaten Solok

Destinasi Wisata Air Tawar Alami Menyegarkan di Sumatera Barat

Image source: kidalnarsis.com

Destinasi wisata air tawar alami di Sumatera Barat yang pertama yaitu ada Mato Aie Paninggahan yang terletak di Jorong Koto Baru Tambak, Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok. Dulunya tempat ini lebih dikenal dengan nama Pemandian Ulu Aie, bro.

Pemandian yang berlokasi di dataran tinggi ini tentunya memiliki pemandangan bentang alam yang sangat alami dan juga air yang jernih. Bukan cuma itu, lo juga bisa melihat Gunung Marapi dan Gunung Singgalang jika cuaca sedang cerah, bro.

Destinasi wisata air tawa alami di Sumatera Barat ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi masyarakat setempat. Bukan hanya sebagai media objek wisata, tapi juga sebagai sumber penghidupan di kawasan sekitarnya, bro.

Tirta Alami, Kabupaten Padang Pariaman

Destinasi Wisata Air Tawar Alami Menyegarkan di Sumatera Barat

Image source: kidalnarsis.com

Destinasi wisata air tawar alami di Sumatera Barat selanjutnya ada Tirta Alami yang berada di jalan lintas Padang-Bukittinggi No.60 Nagari Guguak, 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Letaknya yang berada dekat dari Bandara Internasional Minangkabau membuat Tirta Alami sangat populer di Ranah Minang, bro. Air yang sangat jernih dan sejuk ini berasal dari mata air Gunung Tandikek.

Fasilitas wisatanya pun cukup lengkap, seperti penginapan, lapangan golf, area berkemah, wahana flying fox, dan masih banyak lagi fasilitas lengkap yang akan memanjakan lo dan partner traveling lo, bro.

Lubuak Bonta, Kabupaten Padang Pariaman

Destinasi Wisata Air Tawar Alami Menyegarkan di Sumatera Barat

Image source: rentalmobilpadang.co.id

Destinasi wisata air tawar alami di Sumatera Barat selanjutnya yaitu ada Lubuak Bonta yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Padang Pariaman, bro. Lokasinya, pemandian ini berada di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Wisata air Lubuak Bonta ini memiliki kolam air alami yang berwarna biru kehijauan dengan kedalaman atau lubuak yang bervariasi, mulai dari 20 cm sampai 5 meter. Suhu airnya pun sangat sejuk, pasti bisa bikin mata lo melek, bro.

Ada juga berbagai macam tumbuhan air yang membuat suasananya semakin alami. Meskipun destinasi wisata air tawar alami di Sumatera Barat ini masih perlu dioptimalkan, namun sangat menarik buat dikunjungi dikunjungi, bro.

Batang Tabik, Kabupaten Limapuluh Kota

Destinasi wisata air tawar alami di Sumatera Barat yang satu ini memiliki mata air yang bersumber dari Pegunungan Sago. Batang Tabik sudah menjadi destinasi wisata air tawar alami yang sangat populer sejak zaman Kolonial Hindia Belanda lho, bro. 

Kalau datang ke sini, lo bisa menikmati dua kolam yang tersedia yaitu kolam asli dengan sumber mata air dan kolam khusus berenang. Uniknya lagi, disini lo juga bisa berenang bersama ikan-ikan air tawar yang bergerak bebas, bro.

Lokasinya ada di Jorong Batang Tabik, Nagari Kamuyang, Kabupaten Limapuluh Kota, sekitar 20 menit berkendara dari Kota Payakumbuh. Memiliki kualitas air yang masih sangat terjaga, tentunya membuat Batang Tabik juga menjadi sumber air untuk masyarakat sekitar, bro.

So, itulah beberapa destinasi wisata air tawar alami yang menyegarkan di Sumatera Barat. Mana yang bakal langsung lo kunjungi setelah pandemi, bro?

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/destination/basri-pakpahan/spot-pemandian-alam-populer-di-sumatera-barat-c1c2/5
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

23 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow amazing patut di coba
Muhammad ridwan
Indahnya di bawah lautnya
Bimo Waskito
Kece abis sih ini
RAHARDIAN HATMOKO PUTRA
Nice infonya
DEVI TRI HANDOKO
airnya bening banget
Agus Sungkawa
Destinasi wisata yang mengagumkan d sumatra Barat
Yoga prisma haryanto
Indah nya kekayaan alam Indonesia
Ulin Nuha
Semoga bisa foto sama ikan... Makasih infonya
Hari Tristiyanto
et dah Benning beud no kyk kristal
AHMAD ZAENUDIN
Luar biasa mantap...