Legenda Gunung Raung, Punya Empat Pondok yang Penuh Misteri

Gunung Raung di Jawa Timur dikenal memiliki jalur pendakian yang ekstrem dan menantang. Ternyata Gunung Raung juga menyimpan kisah legenda menarik dengan empat pondoknya yang penuh dengan misteri, bro. Penasaran kisahnya? Simak ulasan selengkapnya!

Legenda Gunung Raung, Punya Empat Pondok yang Penuh Misteri

Gunung Raung merupakan salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Timur. Gunung yang terkenal dengan wisata kawahnya ini memiliki 4 titik puncak yang dikenal dengan puncak bendera, puncak tusuk gigi, puncak 17 dan yang tertinggi adalah puncak yang dinamakan puncak sejati dengan total ketinggian mencapai 3.344 meter di atas permukaan laut.

Gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur ini ternyata nggak lepas dari sebuah kisah legenda, bro. Kisahnya sudah melegenda bagi penduduk sekitar Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso di daerah pegunungan Ijen, Jawa Timur. Selain itu, Gunung Raung juga memiliki 4 pondok yang konon penuh dengan kisah misteri.

Lantas, bagaimana kisah legenda yang menyelimuti Gunung Raung dan 4 pondok misteri tersebut? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Lokasi Misteri Gunung Raung

Legenda Gunung Raung, Punya Empat Pondok yang Penuh Misteri

Image source: portaljember.pikiran-rakyat.com

Kisah Gunung Raung ini memang dipelihara secara turun temurun oleh warga sekitar khususnya penduduk yang berada di kaki Pegunungan Ijen ini. Ada 4 pondok yang berada di sekitar Gunung Raung yang konon memiliki kisah misteri;

Pondok Sumur. Dijuluki nama demikian, karena terdapat sebuah sumur yang konon adalah tempat bertapa dari seorang petapa sakti dari Gresik yang bertapa di sekitar sumur tersebut. Namun kini wujud sumur tersebut sudah nggak terlihat secara kasat mata, sehingga tempat ini kerap dijadikan lokasi berkemah.

Pondok Mayit. Dinamakan pondok mayit karena konon penduduk sering menemukan mayat yang tergantung di pohon kawasan area pondok mayit. Konon mayat tersebut adalah mayat bangsawan Belanda yang dibunuh oleh pejuang Indonesia di daerah itu.

Pondok Dhemit. Pada malam tertentu, di tempat ini konon akan terdengar riuh layaknya pasar malam. Nggak hanya itu aja, tapi suara alunan musik pun ikut terdengar di tengah keriuhan pasar tersebut. Namun jika didatangi ke lokasinya ternyata nggak ada sesuatu yang terjadi, yang ditemukan hanya lokasi sepi penuh pepohonan di tengah hutan.

Pondok Angin. Pondok ini merupakan lokasi yang tertinggi pada Gunung Raung, di sini pendaki dapat melihat pemandangan Kota Bondowoso dan Situbondo. Konon pada saat tertentu, suara angin itu bisa terdengar seperti auman harimau, bro. Dan angin kencang pun sering membahayakan pendaki karena bisa terjatuh ke dasar jurang.

Legenda Kerajaan Macan Putih

Legenda Gunung Raung, Punya Empat Pondok yang Penuh Misteri

Image source: daerah.sindonews.com

Misteri Gunung Raung semakin diperkuat lagi dengan adanya legenda Kerajaan Macan Putih yang dulu didirikan di atas Gunung Raung ini. Kerajaan Macan Putih dipimpin oleh seorang Pangeran yang bernama Pangeran Tawangulun yang konon merupakan salah satu anak Raja dari Kerajaan Majapahit yang sempat hilang ketika Sang Raja sempat bertapa.

Masyarakat sekitar masih percaya bahwa Kerajaan Macan Putih masih ada dan konon kadang terlihat ke alam nyata pada malam Jumat Kliwon. Menurut legenda, disebutkan bahwa Pangeran Tawangulun itu adalah salah satu suami dari Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

Namun itu semua hanyalah sebuah kisah legenda Gunung Raung dari masyarakat sekitar, bro. Tapi keindahan Gunung Raung bukanlah legenda melainkan keajaiban alam yang menjadi warisan Indonesia.

Nah, itulah kisah legenda dari Gunung Raung dan keempat pondok yang penuh misteri. Mau percaya atau nggak, sebaiknya hormatilah kisah tersebut dan patuhi aturan saat mendaki Gunung Raung.

 

Source: https://gunung.id/misteri-gunung-raung/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Tank infonya
Hari Tristiyanto
Mantap mas Mimin ulasannya
Ulin Nuha
Kerenn ... Nice info
RAHARDIAN HATMOKO PUTRA
Wah, baru tau lho klo ada tempat tersembunyi
Bimo Waskito
Urban legend
Agung Sutrisno
Gunung yg mempunyai pendakian yg ekstrem
Amirul Bahri
Sama dengan Gunung Bawakaraeng di Sulsel punya banyak mystery hiiiiii
Endy Fredian Dinata
Mantap inponya
Senuadi Tandun
intinya kalau ke tempat ornag harus permisi dan sopan
Yogy Chandra
Kereeeennnn