Hal-hal yang Harus Dihindari Para Scuba Diver Pemula

Saat baru menjalani hobi Scuba Diving, semua hal yang berkaitan dengan olahraga ekstreme yang satu ini pasti bakal terlihat segar dan menarik. Disamping itu, ternyata ada hal-hal yang harus dihindari para Scuba Diver, terutama bagi pemula lho, bro. Apa saja hal tersebut? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Hal-hal yang Harus Dihindari Para Scuba Diver Pemula

Menikmati langsung keindahan alam bawah laut lewat aktivitas Scuba Diving memang menyajikan sensasinya tersendiri. Apalagi, Indonesia terkenal punya keindahan alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan dan bisa lo kunjungi langsung, bro.

Tapi, olahraga ekstrem yang satu ini juga memiliki sejumlah risiko yang nggak main-main, lho. Kalau lo masih terbilang baru, maka sebaiknya simak dulu hal-hal yang harus dihindari para Scuba Diver pemula berikut ini, bro!

Terlalu Terburu-buru dan Memaksakan

Hal-hal yang Harus Dihindari Para Scuba Diver Pemula

Image source: tempat.com

Hal pertama yang harus dihindari para Scuba Diver pemula yaitu terlalu terburu-buru dan memaksakan diri buat mengikuti penyelam yang sudah berpengalaman. Maka dari itu, sebaiknya siapkan peralatan menyelam pribadi lo dengan teliti, bro.

Sebaiknya, gunakanlah metode buddy check atau saling memeriksa peralatan Scuba Diving dengan partner atau instruktur sebelum masuk ke dalam air. Setelah masuk ke dalam laut, menyelamlah secara perlahan dan lakukan ekualisasi setiap turun beberapa meter, bro.

Ekualisasi adalah menyetarakan tekanan di gendang telinga dengan memberikan tekanan melalui eustachian tube. Tetaplah tenang dan jangan terburu-buru. Memaksakan diri ketika menyelam demi mengejar atau mengikuti penyelam yang sudah sarat pengalaman bisa mengundang kecelakaan saat menyelam lho, bro.

Malu Bertanya Pada Instruktur

Hal-hal yang Harus Dihindari Para Scuba Diver Pemula

Image source: sekolahdivingbandung.com

Setiap penyelam berpengalaman pasti sudah pernah menjadi pemula. Satu-satunya cara buat menjadi pakar dan ahli dalam suatu bidang yaitu dengan belajar dan mendapatkan pengalaman. Nggak ada yang salah dari bertanya atau mengklarifikasi sesuatu jika ragu, bro.

Kadang, sebenarnya bukan hanya lo yang membutuhkan lebih banyak informasi. Penyelam pemula lain mungkin juga butuh, mereka hanya malu untuk bertanya. Jadi, nggak ada salahnya buat bertanya pada instruktur seseorang yang sudah ahlinya, bro.

Terlalu Banyak Melakukan Beberapa Hal Bersamaan

Hal-hal yang Harus Dihindari Para Scuba Diver Pemula

Image source: flokq.com

Hal yang harus dihindari para Scuba Diver selanjutnya yaitu terlalu banyak melakukan beberapa hal bersamaan. Terbiasa dengan lingkungan dan aktivitas di bawah air memang sangat membutuhkan waktu, bro.

Saat menyelam, lo harus memperhatikan daya apung, memantau persediaan udara, dan memperhatikan posisi terumbu karang. Sebagai Scuba Diver pemula, ada baiknya jika lo belajar terbiasa dengan berada di dalam air terlebih dahulu sebelum mulai memotret atau merekam video sambil menyelam, bro.

Terlalu banyak melakukan beberapa hal sekaligus pasti bakal membuat lo kebingungan. Agar lebih cepat terbiasa, lo juga bisa menyewa tenaga guide atau instruktur untuk menemani atau berbagi ilmu terkait fotografi di bawah laut, bro.

Mengabaikan Persediaan Udara

Hal-hal yang Harus Dihindari Para Scuba Diver Pemula

Image source: liveabout.com

Biasanya, Scuba Diver pemula seringkali sekali nggak memerhatikan persediaan udara. Padahal, persediaan oksigen dalam tangki adalah hal yang sangat penting ketika menyelam. Jadi, kalau lo baru mau mencoba Scuba Diving, sebaiknya perhatikan persediaan udara di dalam tabung ya, bro.

Jangan pernah abaikan hal penting yang satu ini. Setelah menyelam, catat udara yang lo konsumsi biar bisa tahu berapa banyak udara yang lo butuhkan untuk penyelaman berikutnya, bro.

Nggak Punya Peralatan Scuba Diving Pribadi

Hal-hal yang Harus Dihindari Para Scuba Diver Pemula

Image source: sportdiver.com

Hal yang harus dihindari para Scuba Diver selanjutnya yaitu nggak punya peralatan Scuba Diving pribadi. Pasalnya, memiliki dan memakai peralatan menyelam pribadi pasti bakal membuat lo lebih nyaman dan berpengalaman dengan satu peralatan menyelam, bro.

Misalnya, saat ada kejadian yang nggak terduga terjadi saat menyelam, kalau lo menggunakan peralatan sendiri, secara intuitif lo pasti bakal hafal posisi semua peralatan yang lo butuhkan. Ibaratnya, lo pasti lebih nyaman dan luwes mengendarai mobil atau motormu sendiri, kan?

Hal ini juga berlaku pada peralatan menyelam lo, bro Kalau lo sudah punya peralatan menyelam sendiri, rawat dengan baik biar awet sampai bertahun-tahun, ya!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/sports/7-kesalahan-yang-paling-sering-dilakukan-scuba-diver-pemula-75127
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
MuhammadAsrul
Nice info
Bimo Waskito
Nice info
Nurma Mugi Nugraha
ManTAB infonya Min
Yogy Chandra
Mantul information????
AHMAD ZAENUDIN
Nice infonya
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
makasih infobya
Ricko Pratama Putra
Nice Tips
Senuadi Tandun
wah ternyata ada banyak larangan juga yang mestindiletahui