Milih Topi Rimba Buat Bertualang Juga Ada Caranya!

Topi rimba bisa dibilang menjadi topi yang banyak digunakan buat kegiatan outdoor, seperti menjelajah hutan, hiking, caving, dan naik gunung. Biar awet dan nyaman, tentu ada tips khusus dalam memilih topi rimba yang asyik buat berpetualang, bro. Seperti apa tips-tipsnya? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Milih Topi Rimba Buat Bertualang Juga Ada Caranya!

Ketika menjalani aktivitas luar ruangan, seperti mendaki gunung, susur gua, atau trekking, pasti rasanya kurang lengkap kalau belum memakai topi rimba. Selain melindungi dari teriknya sinar matahari, topi rimba juga berguna untuk melindungi telinga dan beberapa bagian kepala lainnya dari duri dan ranting di alam bebas, bro.

Untuk dapat menemukan topi rimba yang pas dan nyaman tentu nggak bisa sembarangan. Ada tips khusus yang wajib lo ketahui, bro. Biar nggak salah pilih, sila simak tips memilih topi rimba yang asyik buat berpetualang berikut ini!

Pilih Topi Rimba Sesuai dengan Kegiatan Luar Ruangan

Milih Topi Rimba Buat Bertualang Juga Ada Caranya!

Image source: lazada.co.id

Tips pertama dalam memilih topi rimba yang asyik buat berpetualang yaitu pilihlah topi rimba sesuai dengan kegiatan luar ruangan favorit lo, bro. Seenggaknya, ada dua jenis topi rimba di pasaran, topi dengan brim yang lebar dan topi dengan brim yang mengarah lurus ke bawah atau bucket hat.

Sekilas, keduanya memiliki model yang hampir mirip. Tapi, kalau dilihat dengan detail bucket hat nggak memiliki tali dagu. Biasanya, bucket hat lebih sering dipakai saat kegiatan outdoor yang ringan, bro.

Disamping itu, topi rimba dengan brim yang lebar biasanya memiliki bentuk yang lebih melengkung. Topi rimba jenis ini cocok banget buat kegiatan luar ruangan yang terbilang berat, seperti mendaki gunung, susur gua, atau trekking, bro.

Fitur yang ada pada topi rimba jenis ini pun lebih banyak. Beberapa fiturnya yaitu berupa tali dagu, stoper, ventilasi udara, dan jaring antiserangga.

Pahami Bahan Topi Rimba

Milih Topi Rimba Buat Bertualang Juga Ada Caranya!

Image source: lazada.co.id

Tips memilih topi rimba yang asyik buat berpetualang selanjutnya yaitu pahamilah bahan topi rimba yang bakal lo pilih, bro. Pasalnya, untuk menjalani aktivitas luar ruangan lo memerlukan rimba dengan bahan yang kuat dan nggak mudah robek, misalnya bahan ripstop.

Bahan ripstop ini memiliki serat berbentuk kotak-kotak dengan tekstur yang cukup tebal dan awet. Sementara itu, topi rimba yang terbuat dari bahan polyester tergolong ringan, nggak mudah kusut, dan juga lebih cepat kering saat terkena air, bro.

Dengan begitu, topi yang lo gunakan nggak bakal gampang lembap saat terkena hujan atau cipratan embun. Mirip dengan bahan polyester, bahan Supplex yang merupakan salah satu jenis kain nylon juga tahan lama dan cepat kering, bro.

Ada juga topi rimba yang menambahkan kelebihan lain, seperti tahan air, antinyamuk, dan penangkal sinar UV. Alhasil, teriknya sinar matahari, turunnya hujan, sampai gangguan nyamuk nggak bakal membuat lo gentar buat melanjutkan petualangan, bro.

Pilih Ukuran yang Sesuai

Milih Topi Rimba Buat Bertualang Juga Ada Caranya!

Image source: konveksitopi.net

Jika sudah memahami bahannya, selanjutnya lo juga perlu memilih topi rimba dengan ukuran yang pas di kepala, bro. Jangan sampai memilih ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar. Pasalnya, hal ini bisa saja membuat topi rimba nggak nyaman saat dipakai, atau bahkan membuat penampilan lo terasa aneh.

Umumnya, produsen topi rimba bakal menuliskan ukuran topi rimba dengan terperinci, mulai dari lingkar kepala, diameter, hingga tinggi topinya. Maka dari itu, lo juga wajib perlu memperhatikan keterangan yang ada dengan saksama, bro.

Kalau lo membelinya lewat online shop, jangan lupa untuk membaca review pembeli terlebih dahulu. Lo juga bisa menanyakan detail ukurannya pada admin penjual biar makin yakin dalam menentukan pilihan, bro.

Cek Fitur Lainnya

Last but not least, tips memilih topi rimba yang terakhir yaitu jangan lupa buat memeriksa fitur topi rimba lainnya. Selain jenis, bahan, dan ukuran, periksalah detail lain yang ada di topi rimba biar lo bisa menggunakannya secara maksimal.

Detail pada topi rimba bukan hanya sekadar dekorasi, tetapi memiliki fungsi, bro. Misalnya, tali dagu berguna untuk mencegah topi jatuh ketika tertiup angin. Kebanyakan tali dagu telah dilengkapi stoper buat mengatur ukuran dan kekencangan biar nyaman dan pas saat digunakan.

Ada juga topi jenis bucket hat yang memiliki tali pengatur yang menyatu pada topi. Dengan begitu, topi bisa disesuaikan dengan ukuran kepala penggunanya. Selain fitur tersebut, periksa lagi yang lainnya, biar nggak kecewa saat menggunakan topi rimba pilihan lo sendiri, bro!

 

Referensi: https://my-best.id/137268#toc-1
Tips Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Nurma Mugi Nugraha
ManTAB min info nya
Sumardiyono
makasih infonya
SRI YAYA ASTUTI
TOPI RIMBA YANG KEREN
DEVI TRI HANDOKO
teliti sebelum membeli
AHMAD ZAENUDIN
Thank infonya
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
Cakep Topinya
Muhammad Ilham
Mantappppp
Amirul Bahri
Nice Infooonya
Ricko Pratama Putra
Ohh baru tau saya