Lagi Tren Nih, Sudah Pada Tahu Belum Istilah-istilah dalam Golf?

Jangan minder dulu kalau dengar yang namanya olahraga golf. Olahraga ini dikenal sebagai olahraga buat orang berduit alias mahal.

Lagi Tren Nih, Sudah Pada Tahu Belum Istilah-istilah dalam Golf?

Anggapan itu sulit dibantah, karena memang ongkos sewa lapangannya juga nggak murah. Harga buat sewa lapangannya itu bisa Rp 2 juta untuk di kawasan Jakarta. 

Belum lagi peralatannya. Ada harga peralatan golf harga 'paketannya' sampai Rp 38 juta. Tapi kalau diketeng alias satuan harganya bisa bervariasi mulai dari Rp jutaan, ada yang Rp 5 juta, Rp 3,6 juta juga ada, bahkan sampai Rp 19 juta.

Buat kalangan tertentu, memang ini jadi olahraga yang menarik. Penjualannya juga bagus di Indonesia. Apalagi sekarang lagi tren. 

Dan yang harus dipahami, olahraga golf juga bukan sekadar memukul bola dan memasukkannya ke dalam lubang. Tetapi juga ada esensi soal silaturahmi, networking bisnis, sampai lobi-lobi politik. 

Sampai di sini ada yang minat coba olahraga golf? Nggak apa-apa juga sih kalau belum minat. Karena memang olahraga ini juga menyesuaikan kemampuan finansial.

Tapi sekadar cari tahu kayak apa olahraga golf, lo bisa intip nih ada istilah apa aja sih. Jadi kalau sudah siap turun ke lapangan golf, sedikit-sedikit sudah paham. Toh, rezeki nggak ada yang tahu kan?

Istilah Bermain Golf

Lagi Tren Nih, Sudah Pada Tahu Belum Istilah-istilah dalam Golf?

Image source: Unsplash.com/Robert Ruggiero

Birdie. Hasil skor satu angka di bawah Par dalam satu hole.

Bogey. Bogey kebalikan dari Birdie yakni hasil skor satu angka di atas Par dalam satu hole.

Bunker. Cekungan berisi pasir atau rumput yang berperan sebagai hambatan dalam permainan golf.

Caddie. Orang yang disewa untuk membawakan stik golf dan membantu di lapangan.

Club. Tongkat yang dipakai untuk memukul bola golf, sering disebut juga sebagai stik golf. Ada tiga jenis club yang dipakai dalam permainan golf yakni wood, iron dan putter.

Dogleg. Bentuk belokan atau lengkungan ke kiri atau ke kanan pada suatu hole.

Double Bogey. Hasil skor dua pukulan di atas par.

Driving Area. Fasilitas yang disediakan bagi para golfer untuk melatih ayunan dan pukulan mereka serta bermain golf jarak pendek. Driving area sering disebut juga sebagai golf range.

Eagle. Hasil skor dua di bawah Par.

Green. Area berumput yang dipangkas pendek di sekitar hole atau pin.

Gros. Akumulasi jumlah pukulan yang dilakukan pemain di sebuah hole secara utuh belum dikurangi nilai handicap.

Hosel. Bagian dari stik golf yang menghubungkan tangkai dengan kepala stik golf.

Par. Skor dalam permainan golf dengan nilai yang sudah ditetapkan untuk tiap hole. Tiap hole bisa memiliki skor yang berbeda-beda.

Tee Box. Sebuah area tee pemain di mana pemain memulai permainan.

Water Hazard. Rintangan berupa aliran air atau kolam yang terdapat di lapangan golf. Water hazard bisa berupa rintangan air alami atau dibuat yang bertujuan untuk menambah kesulitan pemain ketika bermain golf.

Istilah-istilah Pukulan Golf

Lagi Tren Nih, Sudah Pada Tahu Belum Istilah-istilah dalam Golf?

Image source: Unsplash.com/sydney Rae

Approach Shot. Pukulan jarak pendek hingga sedang dengan tujuan mendekatkan bola ke area green. Approach shot terbagi menjadi tiga jenis yakni pitch, flop dan chip.

Bunker Shot. Pukulan yang dilakukan ketika bola jatuh di atas bunker. Pegolf bakal memakai stik golf jenis sand wedge ketika melakukan pukulan ini.

Chip In. Pukulan pemain disebut Chip In jika berhasil memasukkan bola ke dalam lubang bukan dari green.

Fairway Shot. Pukulan kuat yang dilakukan ketika bola jauh dari hole. Pukulan ini dilakukan saat bermain golf dengan menggunakan stik golf jenis wedge atau iron.

Hole in One. Pemain disebut melakukan Hole in One jika berhasil memasukkan bola dari teeing ground ke dalam lubang dengan satu pukulan.

Knockdown atau Punch. Knockdown merupakan pukulan rendah yang dilakukan untuk menghindari pohon, ranting, dahan atau angin yang kuat.

Putting. Memukul bola di atas rumput dengan menggunakan alat bantu untuk meletakkan bola yang disebut dengan putter. Pukulan ini dianggap pukulan tersulit bagi para golfer. Stik golf jenis putter dipakai untuk pukulan jarak pendek ini.

Tee Shot. Pukulan dilakukan pertama kali oleh golfer dalam permainan golf. Dalam permainan golf, Tee Shot diibaratkan sebagai pukulan servis.

 

Source: https://gogolf.co.id/gogolf-news/istilah-dalam-bermain-golf
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Nurma Mugi Nugraha
Wah, ngeri liat harganya min
Sumardiyono
Tanks infonya
DEVI TRI HANDOKO
OLAHRAGA MAHAL
Heni Oen
baru tau setelah baca
Yoga prisma haryanto
Baru tau.. karna ya jarang memperdalami tntang olahraga ini...
AHMAD ZAENUDIN
Thank informasinya..
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
ngayal aja blm sampe ..kalau maen golf hehhehe
Agus Sungkawa
Olahraga golf yang hrus mempunyai budget gede hehehee
Ulin Nuha
Mantulll Nice info