Mau Bisnis Tiket Pesawat Murah? Ini yang Harus Lo Perhatikan!

Saat mulai menjalani suatu bisnis lo pasti bakal menemukan berbagai tantangan, termasuk bisnis agen tiket pesawat resmi. Demi menarik perhatian konsumen, setiap agen tiket pesawat pasti bakal memasang harga murah dengan promo yang sangat menarik. Namun, saat menjual tiket promo murah ada beberapa hal yang harus lo perhatikan biar bisa mendapatkan keuntungan yang optimal, bro. Apa saja hal tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Mau Bisnis Tiket Pesawat Murah? Ini yang Harus Lo Perhatikan!

Kalau lo suka banget dengan dunia traveling, maka bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis di bidang ini, bro. Yup, bisnis tiket pesawat resmi bisa dibilang merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Apalagi, kalau lo selalu up to date dengan harga-harga promo, lo bisa mendapatkan banyak konsumen dengan harga yang menarik tersebut, bro. Tapi, saat baru mulai menjalani bisnis tiket pesawat, lo harus memperhatikan hal-hal ini saat menjual tiket promo!

Pahami Jangka Waktu Tiket Promo

Mau Bisnis Tiket Pesawat Murah? Ini yang Harus Lo Perhatikan!

Image source: indoindians.com

Saat sebuah maskapai menawarkan tiket pesawat murah, lo wajib memahami bahwa bakal ada jangka waktu yang disesuaikan dari promo tersebut. Biar konsumen bisa dengan mudah melakukan pemesanan, lo harus memberikan informasi pelengkap dari tiket promo, seperti cara transaksi maupun metode pemesanan, bro.

Biasanya, ada dua jenis promo yang bakal ditawarkan pihak maskapai terkait jangka waktu promo, yaitu tiket yang berlaku segera setelah pemesanan dan tiket yang berlaku lain hari setelah pemesanan.

Kalau tiket yang berlaku segera setelah pemesanan, berarti tiket yang memang dibeli konsumen saat harga penawaran maskapai jauh lebih rendah dari harga reguler. Sehingga, segera setelah proses pemesanan tiket selesai dilakukan, harga yang dibayar adalah harga promo yang pastinya lebih murah dibandingkan harga reguler saat itu, bro.

Sedangkan, tiket yang berlaku lain hari setelah pemesanan merupakan tiket yang umumnya berlaku pada jangka waktu tertentu setelah pemesanan selesai dilakukan. Misalnya, lo melihat promo tiket pesawat Air Asia dengan harga Rp 50.000,00 untuk rute Jakarta-Medan dengan pemesanan di bulan Januari 2021 tetapi penerbangan dengan tiket tersebut baru bisa dilakukan di bulan Februari 2021. Nah, inilah yang dinamakan tiket yang berlaku lain hari setelah pemesanan, bro.

Perhatikan Jenis Promo Tiket Pesawat

Mau Bisnis Tiket Pesawat Murah? Ini yang Harus Lo Perhatikan!

Image source: youtube.com/Traveloka

Selanjutnya, perhatikan juga jenis promo tiket pesawat yang disediakan sebuah maskapai penerbangan. Dengan begini, lo bisa bisa membantu konsumen untuk menemukan jenis promo tiket pesawat yang sesuai dengan kebutuhannya, bro.

Pada umumnya, jenis promo diterapkan oleh maskapai penerbangan ada tiga, yaitu promo rute, promo potongan dan promo pelanggan. Promo rute bisa dibilang menjadi promo tiket pesawat yang paling sering diterapkan maskapai secara bergantian untuk berbagai rute populer yang dilayani, bro.

Kalau promo potongan, umumnya promo dengan akses khusus yang akan didapat konsumen saat konsumen memegang kartu kredit dari bank tertentu atau memenangkan hadiah atau reward tertentu dalam website resmi maskapai.

Sedangkan, promo pelanggan adalah promo tiket pesawat yang diterapkan sebuah maskapai khusus buat pelanggan setianya di kelas bisnis maupun rute tertentu. Umumnya, promo ini juga bisa diakses saat konsumen yang bersangkutan memiliki kartu anggota dari maskapai yang memberikan kemudahan selama penerbangan, bro.

Perhatikan Rute Promo

Mau Bisnis Tiket Pesawat Murah? Ini yang Harus Lo Perhatikan!

Image source: travel.tribunnews.com

Saat baru memulai bisnis tiket pesawat dan ingin menjual tiket promo, lo juga wajib memperhatikan rute mana saja yang sering dipromosikan oleh masing-masing maskapai, bro. Pasalnya, dengan begitu, lo bisa membuat iklan yang sesuai agar konsumen lebih memilih tiket promo ketimbang tiket reguler.

Selain itu, lo juga perlu paham bahwa rute promo yang diterapkan terkadang memiliki pola tertentu, salah satunya promo rute yang sama bisa cuma diberikan dalam hitungan 3 kali setahun oleh maskapai yang bersangkutan.

Pahami Kebijakan Masa Promo

Terakhir, lo juga wajib memahami kebijakan masa promo tiket pesawat yang lo jual, bro. Tujuannya, tentu saja biar lo bisa menjelaskan secara rinci setiap informasi yang ditanyakan calon konsumen terkait promo tiket pesawat yang ditawarkan.

Kebijakan penerbangan selama masa promo yang dimaksud umumnya berkaitan dengan proses refund atau reschedule setelah pembelian, yang terkadang sulit atau bahkan nggak bisa dilakukan dengan pertimbangan harga tiket yang sudah jauh lebih murah daripada harga reguler, bro.

Nah, itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat baru memulai bisnis tiket pesawat dan ingin menjual tiket promo biar lebih menarik konsumen. Selamat mencoba, bro!

 

Referensi: https://www.travgo.com/blog/content/memulai-bisnis-tiket-online-tiket-pesawat-murah/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
SRI YAYA ASTUTI
PARA PECINTA PROMO
Agus Sungkawa
Harus pnya pengetahuan di bidang tersebut di atas
Ivan harnawan
Nice info
Ulin Nuha
Semoga bermanfaat infonya
Ahmad Juhanda
Nice info
Bimo Waskito
Info yg bagus buat promo hunter
Nurma Mugi Nugraha
ManTAB infonya Min
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Sangat di nantikan buat yang nunggu promo