Tips Aman Menyimpan Paspor Saat Traveling

Mengurus paspor yang rusak atau hilang saat traveling di luar negeri bisa dibilang memang nggak semudah mengurus kekasih hati yang pergi gitu aja. Ada waktu yang harus dikorbankan dan juga rumitnya birokrasi yang harus dilewati, bro. Tapi tenang, untuk menghindari tersebut lo bisa menerapkan sejumlah tips aman menyimpan paspor saat traveling berikut ini!

Tips Aman Menyimpan Paspor Saat Traveling

Paspor memang menjadi hal yang sangat penting buat para traveler yang hobi traveling ke luar negeri. Nggak heran, jika kehilangan atau kerusakan paspor saat traveling ke luar negeri sangat-sangat ditakutkan para traveler, bro.

Maka dari itu, lo wajib menjaga keamanan paspor biar musibah semacam itu nggak terjadi. Jangan bingung, karena lo bisa coba menerapkan beberapa tips aman menyimpan paspor saat traveling berikut ini, bro!

Selalu Waspada Terhadap Keadaan Sekitar

Tips Aman Menyimpan Paspor Saat Traveling

Image source: mas-kulin.com    

Tips aman menyimpan paspor saat traveling yang pertama yaitu selalu waspadalah terhadap keadaan sekitar, bro. Lakukan tips ini dimanapun lo berada, baik saat di hotel, bandara, pesawat, atau tempat lainnya.

Pasalnya, pencuri bisa ada dimana saja, bahkan di tempat yang sekiranya aman sekalipun. Jadi, kalau lo lebih memperhatikan keadaan sekitar, hal ini cukup bisa dihindari, bro. Lebih baik lagi, sebelum berangkat, rajinlah mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait keamanan di destinasi wisata tujuan.

Saat sedang mengamati kondisi sekitar, ingat bahwa lo perlu tetap melakukan pencegahan yaitu dengan menyimpan paspor sebaik mungkin saat bepergian. Jadi, pastikan paspor tetap aman saat ditaruh dalam tas, ransel atau koper yang dibawa ya, bro.

Amankan Paspor dari Hujan

Tips Aman Menyimpan Paspor Saat Traveling

Image source: bokekpacker.blogspot.com

Nggak cuma dari hal-hal yang berkaitan dengan pencurian, paspor juga wajib diamankan dari cuaca, terutama hujan, bro. Pasalnya, air hujan atau cipratannya bisa saja merusak bagian data pribadi yang sangat penting pada paspor.

Sebagai langkah antisipasi, lo bisa menggunakan cover atau pelindung tahan air untuk menyimpan paspor ketika bepergian saat musim hujan. Yang paling penting, pastikan paspor lo selalu kering dan terjaga saat berpergian ya, bro!

Simpan Paspor dengan Aman di Tempat Menginap

Tips Aman Menyimpan Paspor Saat Traveling

Image source: review.bukalapak.com

Paspor memang berfungsi sebagai identitas diri saat berada di luar negeri. Tapi, lo nggak perlu selalu membawanya saat tiba di negara tujuan, bro. Sebaiknya, simpanlah paspor dalam brankas di tempat menginap.

Bisa juga di dalam koper dengan keadaan terkunci atau digembok. Pastikan tempat lo menginap memang tergolong aman ya, bro. Dengan begini, paspor bisa lebih aman dari pencurian dan kerusakan saat berjalan-jalan di negara tujuan.

Buat berjaga-jaga, lo bisa membawa salinan paspor saat bepergian. Begitu juga dengan identitas penting lainnya, seperti SIM Internasional sampai KTP. Tapi sekali lagi, pastikan lo sudah menyimpannya dengan benar dan aman ya, bro!

Jangan Pernah Titipkan Paspor ke Orang Lain

Tips Aman Menyimpan Paspor Saat Traveling

Image source: tripzilla.id

Tips aman menyimpan paspor saat traveling yang terakhir yaitu jangan pernah titipkan paspor ke orang lain. Ketika traveling bersama teman-teman atau keluarga, pasti ada yang pernah menyerahkan atau dititipkan paspor. Walaupun sekilas tampak aman, sebaiknya jangan lakukan hal ini lagi ya, bro.

Pasalnya, kalau orang yang dititipkan lalai atau tasnya tercuri, maka semua paspor akan hilang dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, sebaiknya simpanlah dan jaga baik-baik paspor lo sendiri, bro.

Nah, itulah beberapa tips aman menyimpan paspor saat traveling. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat traveling ya, bro!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/travel/jaga-keamanan-paspor-saat-traveling-dengan-mengikuti-7-tips-menyimpan-ini-92641
Tips Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
tips aman menyimpan paspor saat traveling. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat traveling ya, bro!
Ivan harnawan
Nice info
Ulin Nuha
Nice info semoga bermanfaat
Bimo Waskito
Nice infoo
Nurma Mugi Nugraha
Nah ManTAB sekali info nya Min
Endy Fredian Dinata
Bermanfaat infonya
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
Kudu punya tas kecil yg bisa diumpetin di balik baju biar lbh aman
Yoga prisma haryanto
Info bermanfaat
Ricko Pratama Putra
Betul Brads, nice info!