Panduan Memilih Pelindung Leher Buat Motocross

Extreme sport boleh dilakoni oleh siapa saja. Tapi semua harus sepakat kalau extreme sport harus mengedepankan safety item atau peralatan keamanan yang mumpuni. Buat urusan keamanan nggak boleh tuh coba-coba. Nah, ini juga yang diterapkan dalam ajang motocross.

Panduan Memilih Pelindung Leher Buat Motocross

Kita semua tahu motocross ini rentan akan cedera. Makanya body protectornya lengkap banget. Mulai dari helm hingga sarung tangan. Dan, ada satu item yang nggak populer tapi penting dipakai, namanya pelindung leher.

Pelindung leher motocross, atau penyangga leher dirancang untuk melakukan dua tugas penting. Pertama menghindari benturan ke arah leher. Kedua, pelindung leher motocross dirancang untuk membatasi gerak maju mundur, dan gerakan kepala dari sisi ke sisi. 

Ini mencegah hiperekstensi dan hiperfleksi saat terjadi tabrakan. Hiperekstensi terjadi saat leher ditekuk terlalu jauh ke belakang. Sementara hiperfleksi itu kebalikannya yang berarti terjadi ketika leher bengkok terlalu jauh ke depan.

Cara Kerja Pelindung Leher

Panduan Memilih Pelindung Leher Buat Motocross

Image source: fi.pinterest.com

Memakai penyangga atau pelindung leher untuk motocross biasanya nggak bergantung pada tingkat keahlian pengendara. Pelindung atau penyangga ini cukup sederhana.

Posisinya ada di atas dada dan punggung dan ini sudah pasti membatasi gerakan kepala.  Tujuan daripada pelindung leher ini sudah pasti meminimalisir cedera, mencegah memar pada sumsum tulang belakang. 

Setiap perusahaan pelindung leher selalu menawarkan produk yang menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama. Lo akan melihat model entry level, dan top of range dari perusahaan yang sama di mana mereka menawarkan bentuk dan desain dasar yang juga mirip. 

Jangan ragu buat beli produk jempolan bro, kalau peruntukannya urusan keselamatan. Lo harus membuat keputusan untuk diri supaya memilih pelindung leher yang lebih tinggi. Apa pun desain atau merek pelindung leher yang lo pilih, semuanya memiliki batasan keefektifannya tergantung pada jenis kecelakaan.

Manfaat menggunakan pelindung leher sebagai perlindungan dalam kecelakaan parah, kepala dan leher pengendara sangat rentan terhadap cedera. Pelindung leher membantu membatasi mobilitas kepala dari leher ke area lain di tubuh.

Jenis Pelindung Leher Motocross

Panduan Memilih Pelindung Leher Buat Motocross

Image source: pinterest.co.uk

Ada yang namanya Integrated Brace. Keuntungannya kalau lo memakai pelindung leher bersama dengan pelindung dada, maka itu masih tampak lebih baik. Ada pelindung dada di pasaran yang dilengkapi dengan pelindung leher dan kawat gigi terintegrasi.

Ini meminimalkan jumlah perlengkapan ekstra yang harus lo bawa. Ada juga yang namanya Stand Alone Brace yang mana pelindung leher ini terpisah dari pelindung dada. Harga item ini mulai dari 50 dolar hingga 100 dolar. 

Beberapa merek kenamaan yang memproduksi item ini antara lain Leatt, Alpinestra, dan EVS Sport. Leatt itu dibentuk awal tahun 2000-an. Sejak saat itu, perusahaan Cape Town, Afrika Selatan ini telah memperluas lini pelindung leher dengan menyertakan beberapa model, seperti Leatt GPX 6.5 dan Leatt GPX 5.5.

Lalu ada Alpinestar. Berbasis di Asolo, Italia, Alpinestars menciptakan perlengkapan keselamatan dan balap sejak awal 1960-an. Alpinestars BNS Tech-2 adalah contoh baik dari keahlian dan dedikasi perusahaan ini pada olahraga balap.

Terakhir EVS Sports memproduksi peralatan keselamatan untuk pengendara motocross sejak tahun 1985. Produk aslinya adalah penyangga lutut, tetapi sekarang menawarkan banyak peralatan hebat yang dipercaya oleh pengendara. EVS memiliki garis penyangga leher yang luas, termasuk EVS Sports R4 Race Collar ini.

 

Source: https://motocrossadvice.com/dirt-bike-gear/neck-brace-motocross/
Gear Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Helmi salim wachdin
Super safety
Yoga prisma haryanto
Safety first
Sumardiyono
makasih bro
Agung Sutrisno
Keamanan lebih utama
Heni Oen
wah ada panduan bagi anak motornih
Senuadi Tandun
keselamatan pengemudi memang harus di utamakan
AHMAD ZAENUDIN
Thank infonya..
agung
tq info ya
DYAH WIDIASTUTI
Thank infonya
Nurma Mugi Nugraha
Savety first bro