Mau Jadi Travel Blogger? Nih Tipsnya Ya!

Menjadi travel blogger sukses bisa dibilang menjadi impian sebagian besar traveler. Pasalnya, lo bisa jalan-jalan sambil menghasilkan cuan, bro. Lantas, bagaimana cara yang tepat biar jadi travel blogger dari nol? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Mau Jadi Travel Blogger? Nih Tipsnya Ya!

Siapa sih, yang nggak mau dapat uang sambil jalan-jalan? Yup, inilah alasan kenapa banyak banget orang yang mau jadi travel blogger, bro. Sambil berwisata ke suatu tempat, travel blogger bisa menjadikan hal tersebut sebagai sumber penghasilan yang lumayan.

Meskipun belum begitu populer di Indonesia, travel blogger kini mulai bermunculan dan nggak sedikit yang sukses di bidang pekerjaan yang satu ini. Kalau tertarik, maka lo bisa terapkan cara yang tepat biar jadi travel blogger dari nol berikut ini, bro!

Tentukan Platform Blog yang Tepat

Mau Jadi Travel Blogger? Nih Tipsnya Ya!

Image source: pexels.com/pexels-oleg-magni

Cara biar jadi travel blogger dari nol yang pertama yaitu tentukanlah platform blog yang tepat. Pasalnya, platform yang bakal lo gunakan nantinya pasti juga bakal menentukan keseluruhan perjalanan blogging lo, bro.

Layaknya rumah atau tempat tinggal, ada berbagai tipe dan fasilitas platform. Begitu pula dengan kelebihan dan kekurangannya.

Ada platform yang sangat mudah digunakan, namun minim opsi kustomisasi. Ada juga platform yang lumayan rumit, tapi bisa membebaskan lo buat berkreasi dengan berbagai macam tampilan dan fitur menarik, bro.

Biasanya, kebanyakan orang memilih platform WordPress buat blognya. Dilansir laman Niagahoster, WordPress telah digunakan hampir 35 persen pengguna content management system (CMS) di dunia. Platform ini juga menguasai lebih dari 60 persen market share CMS di dunia lho, bro.

Pilih Nama Domain yang Tepat

Mau Jadi Travel Blogger? Nih Tipsnya Ya!

Image source: idcloudhost.com

Ketika lo sudah menemukan platform yang tepat maka, lo juga wajib menentukan nama domain yang tepat, bro. Setidaknya, ada empat poin yang harus diingat dalam menentukan nama domain, yaitu mudah diingat, gunakan kata kunci, hindari hyphen atau simbol “–“, dan juga gunakan ekstensi top-level domain (TLD).

Intinya, empat poin itulah yang perlu diingat dalam memberi nama domain. Tapi kalau Anda menginginkan lebih banyak insight soal ini, kami juga memiliki artikel menentukan nama domain.

Artikel itu memang ditulis khusus untuk bisnis kreatif. Namun, tak bisa ditampik juga kalau isinya akan sangat relevan bagi Anda. Lebih-lebih jika Anda ingin menyeriusi blog dan mendapatkan uang dari internet.

Tentukan Layanan Web Hosting Terbaik

Mau Jadi Travel Blogger? Nih Tipsnya Ya!

Image source: expertphotography.com

Kalau lo sudah menemukan nama domain yang tepat, maka cara biar jadi travel blogger dari nol yang selanjutnya yaitu tentukanlah layanan web hosting terbaik lo, bro. Pasalnya, domain nggak bakal bisa bekerja tanpa adanya hosting.

Web hosting ini fungsinya menyimpan data yang lo tampilkan di blog, bro. Layaknya tempat penyimpanan, web hosting ini memiliki berbagai macam kapasitas yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, lho.

Kalau baru memulai, maka lo bisa menggunakan hosting dengan kapasitas yang nggak terlalu besar. Tapi, kalau blog traveling lo sudah berkembang dan besar, maka lo juga bisa meng-upgrade paket hosting yang lebih besar, bro.

Konsisten Bikin Konten 

Mau Jadi Travel Blogger? Nih Tipsnya Ya!

Image source: redcomm.co.id

Cara biar jadi travel blogger dari nol yang selanjutnya yaitu mulailah konsisten buat bikin konten, bro. Cobalah bikin konten secara rajin dan terus menerus. Pasalnya, semakin banyak konten yang lo bikin, semakin banyak juga trafik yang bisa didapatkan.

Semakin banyak trafik, maka semakin besar juga peluang lo untuk mendapatkan cuan, bro. Entah itu dari pemasangan iklan lewat Google Adsense, sponsorship, program afiliasi, kerja sama dengan brand, dan sebagainya.

Sebaiknya, buatlah konten minimal 300 kata. Semakin banyak kata yang ada di dalam konten lo, maka semakin mudah juga Google untuk menganalisis seberapa relevan konten yang lo buat, bro.

Selain itu, pengunjung blog traveling lo pun bisa menjadi berlama-lama jika konten lo lumayan panjang. Tapi, yang paling penting tetap utamakan kualitas konten ya, bro!

Kepoin dan Terapkan Optimasi SEO

Search Engine Optimization (SEO) tentu berkaitan erat dengan visibilitas blog lo di mata Google, bro. Kalau blog lo memenuhi prinsip SEO, maka ada peluang besar bagi lo buat tampil di hasil pencarian teratas Google.

Hasilnya, blog traveling lo pun bisa mendapatkan lebih banyak pembaca, bro. Khususnya, pembaca yang berasal dari organic traffic. Meskipun optimasi SEO bukanlah hal yang sederhana, sebaiknya pelajarilah dan terapkan optimasi SEO pada blog traveling lo, bro.

Pasalnya, ada banyak banget hal yang wajib dikerjakan biar blog traveling lo bisa disebut SEO-friendly. Tapi, ketika blog traveling lo teroptimasi dengan baik lo pasti bakal merasakan hasil manis, bro!

Nah, itulah beberapa cara yang tepat biar jadi travel blogger dari nol. Selamat mencoba, bro!

 

Referensi: https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menjadi-travel-blogger/#Cara_Menjadi_Travel_Blogger_dari_Nol
Tips Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
MuhammadAsrul
Nice info
Yadi pitriadi
Infonya sangat bermanfaat sekali
Hari Tristiyanto
Harus Konsisten dan kreatif pastinya.. makasih tips nya
Agus Sungkawa
cara yang tepat biar jadi travel blogger dari nol
Sumardiyono
tanks infonya
Bimo Waskito
Thanks min
AHMAD ZAENUDIN
Mantap jiwa
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Sangat bagus sekali info ny
MUHAMMAD SUFIYAN TAJUDDIN
Mantap infonya