Tips Dasar Menerbangkan Drone Biar Dapat Gambar yang Ciamik

Hadirnya teknologi drone bisa dibilang sangat bermanfaat saat ini, terutama bagi para pencinta fotografi dan videografi. Sebab, dengan teknologi canggih ini para fotografer dan videografer bisa mengambil gambar dari ketinggian, bro. Lantas, bagaimana tips dasar menerbangkan drone biar dapat foto atau video yang memuaskan? Berikut ulasan selengkapnya!

Tips Dasar Menerbangkan Drone Biar Dapat Gambar yang Ciamik

Biasanya, dulu fotografer atau videografer yang mau mengambil gambar dari ketinggian perlu menaiki helikopter, pesawat atau bangunan yang tinggi. Tapi, sekarang hal ini bisa diatasi berkat kecanggihan drone yang lebih praktis dan ekonomis, bro.

Namun, agar bisa mendapatkan gambar yang berkualitas, lo tentu memerlukan jam terbang yang tinggi dan juga tips-tips khusus untuk belajar memulai. Selain itu, tips-tips ini juga berguna banget buat menjaga biar drone nggak hilang dan selalu tetap dalam kendali.

Daripada makin penasaran, sila simak informasi tips dasar menerbangkan drone biar dapat gambar yang memuaskan berikut ini, bro!

Jangan Malu Buat Memulai

Tips Dasar Menerbangkan Drone Biar Dapat Gambar yang Ciamik

Image source: quadcopters.co.uk

Pada dasarnya, cara kalibrasi drone buat fotografi memang agak berbeda dari teknik fotografi biasa. Drone harus dioperasikan dengan kendali remote control yang terbagi menjadi dua jenis yaitu dengan penggunaan perangkat remote atau aplikasi dari smartphone.

Kalau sudah mahir, pasti lo bakal bisa menyeimbangkan posisi drone biar gambar yang diambil nggak kabur atau blur kok, bro. Oleh karena itu, jangan pernah malu buat memulai dan belajar menerbangkan drone.

Buat berlatih, lo bisa memulai terlebih dahulu dengan menggunakan mini quadcopter sejenis Cheerson CX10, Hubsan X4 H107C, atau Syma X5C, bro. Sejumlah mini drone tersebut relatif memiliki bobot yang ringan dengan ukuran yang mungil.

Sehingga, manuvernya pun bisa lebih mudah dikendalikan. Setelah mahir dengan mini quadcopter, lo bisa beralih dengan menggunakan drone yang berukuran lebih besar dengan fitur yang otomatis lebih canggih juga, bro.

Siapkan Komponen dan Peralatan yang Memadai

Tips Dasar Menerbangkan Drone Biar Dapat Gambar yang Ciamik

Image source: en.wikipedia.org

Tips dasar menerbangkan drone biar dapat gambar yang memuaskan selanjutnya yaitu siapkanlah komponen dan peralatan yang memadai, bro. Menjaga daya tahan baterai salah satunya. Pastikan daya baterai sudah terisi penuh sebelum mulai menerbangkan drone.

Selain itu, lo juga bisa menyediakan aliran listrik buat mengisi ulang baterai atau menyediakan baterai cadangan. Untuk mobilitas di luar ruangan, sebaiknya lo menyediakan baterai cadangan agar waktu beraktivitas lebih praktis dan efisien., bro

Dengan cara ini, lo nggak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu ataupun mencari baterai pengganti ketika kehabisan baterai. Buat berjaga-jaga, siapkan juga propeller atau baling-baling cadangan biar buat mengantisipasi kemungkinan jika salah satunya hilang ataupun rusak, bro.

Jangan Lupa Setting Resolusi Gambar

Tips Dasar Menerbangkan Drone Biar Dapat Gambar yang Ciamik

Image source: eyoutube.com/Hade Official Channel

Jangan lupa juga buat setting resolusi gambar biar hasilnya bisa sesuai dengan harapan, bro. Lo bisa memilih resolusi HD atau 4K sesuai dengan kebutuhan dokumentasi yang diinginkan. Hal ini tentu saja bisa mempermudah saat memasuki proses editing, bro.

Biar Praktis Gunakan Mode Otomatis

Tips Dasar Menerbangkan Drone Biar Dapat Gambar yang Ciamik

Image source: slashgear.com

Tips dasar menerbangkan drone biar dapat gambar yang memuaskan selanjutnya yaitu gunakanlah mode otomatis biar lebih praktis, bro. Mode pengaturan ini dibuat biar lo lebih mudah mengeksplorasi fitur fotografi untuk menghasilkan foto dan video yang tajam dan menakjubkan.

Beberapa mode otomatis seperti Mode Active Track, Return to Home, dan Flight Autonomy bisa lo gunakan untuk mengatur gerakan drone yang lebih inovatif, terutama untuk kebutuhan di luar ruangan, bro!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/gadget/5-aturan-dasar-cara-menerbangkan-drone-untuk-hasilkan-video-ciamik-75
Tips Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
Info yang Tops
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat buat pemula nih,gambar yg d dapat semkai ciamik
Agung Sutrisno
Asyik melihat Drone Beterbangan
Sumardiyono
Nice infonya
Bimo Waskito
Tips bermanfaat bro
AHMAD ZAENUDIN
Luar biasa infonya
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
thanks info ny
Ulin Nuha
Semoga bermanfaat
Cecep Jajang
Harus dengan tehnik Jagan asal nerbangin