Nih Bro Cara Bersihin Bearing Skateboard, Jangan Asal Ya!

Punya banyak hobi itu sah-sah aja. Asal perawatannya yang jangan sampai dicuekin. Masalah banyak orang kadang punya macam-macam hobi tapi kadang lupa soal perawatan. Saking asyiknya itu alat yang sering dimainin mojok aja tuh di kamar. Lupa buat dirawat.

Nih Bro Cara Bersihin Bearing Skateboard, Jangan Asal Ya!

Nah salah satunya skateboard. Apalagi buat pemain baru. Abis seluncuran bisa-bisa langsung disimpan begitu aja. Mau jangka pendek atau panjang, kadang lupa. 

Padahal asyiknya main skateboard itu selain trik-triknya, settingan papan juga bikin berseluncur di aspal jadi lebih asyik. Ibaratnya, apa yang lo tanam, itu yang lo dapat. 

Jadi, coba deh ambil lagi skateboard yang udah mulai berdebu itu. Terus bersihkan tiap komponennya. 

Salah satu komponen penting dari skateboard yang jangan sampai lupa diberisihkan itu bagian bearing rodanya bro. Karena itu yang bikin papan lo bisa meluncur mulus tanpa tersendat.

Tapi sebelum mulai membersihkan bearing, lo harus siapin alat-alat ini dulu nih:

  1. Meja 
  2. Kunci inggris
  3. Pisau
  4. Kertas tisu
  5.  Gelas
  6.  Alkohol Berbasis Isopropil, seperti penghapus cat kuku atau alkohol gosok
  7.  Skateboard
  8.  Pelumas
  9. Tisu untuk menjaga kebersihan 
  10.  Wadah terpisah

Siapkan Ruangan

Nih Bro Cara Bersihin Bearing Skateboard, Jangan Asal Ya!

Image source: skatedeluxe.com

Lo harus memiliki ruangan atau space sendiri buat memulai bersih-bersih skateboard kesayangan lo. Karena lo harus melepas roda dan komponen-komponen lainnya.

Bekerja di meja yang panjang bisa atau lo hanya memerlukan lantai juga nggak apa-apa, bro. tisu yang disiapkan tadi untuk mengurangi kotoran-kotoran yang ada di ruangan. Jadi bisa langsung dilap dengan handuk kecil. Dan, pastinya handuk yang sudah nggak terpakai ya.

Mulai Lepaskan Roda

Nih Bro Cara Bersihin Bearing Skateboard, Jangan Asal Ya!

Image source: vandemlongboardshop.co.uk

Kalau ruang kerja siap, maka copoti satu epr satu komponen skateboardnya. Untuk memberikan bantalan alias bearing skateboard otomatis lo harus mencopot ban lebih dulu. 

Lepaskan baut dari roda menggunakan si kunci inggris tadi, lalu posisikan roda di mulut bearing pada sudut 45 derajat. Pedang roda dengan tangan, lalu gunakan pelumas untuk mengeluarkan beardi dari roda. Tahap ini lo bisa ulangi sampai semua bearing di skateboard terlepas dan simpan di wadah yang aman.

Dan, di titik inilah proses pembersihan bearing dimulai. Untuk membersihkannya lo bisa menggunakan tisu. Tisu ini bisa membersihkan kotoran di bagian luar pelindung bearing. 

Sesudah bagian luarnya dibersihkan maka giliran bearing itu sendiri yang harus 'dipoles', Lo bisa menggunakan silet, tapi benda apapun yang bisa digunakan untuk melepaskan pelindung bearing bisa lo gunakan. 

Rendam Bearing dalam Alkohol

Nih Bro Cara Bersihin Bearing Skateboard, Jangan Asal Ya!

Image source: vandemlongboardshop.co.uk

Inti dari membersihkan bearing skateboard adalah memperpanjang masa pakai dan meminimalisir membeli papan yang baru. Jadi dengan kegiatan ini lo bisa menghemat ratusan ribu rupiah untuk mengganti part yang rusak. 

So, balik lagi ke proses pembersihannya. Lo ambil cangkir lalu isi sekitar 1 inci dan rendamlah bearing skateboard itu. Lo bisa merendam bearing selama 30 menit sambil ayun atau diputar-putarkan. 

Tahap mengoleskan pelumas ke bearing skateboard sebenarnya opsional, bro. Karena peluma ini butuh biaya tambahan meski meningkatkan performa papan seluncur lo setelah dibersihkan.

 

source: https://www.redbull.com/us-en/how-to-clean-skateboard-bearings
Gear Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
TIPS YANG TOPS
Yoga prisma haryanto
Ilmu baru
Yadi pitriadi
infonya bagus mantull
Ulin Nuha
Semoga infonya bermanfaat
Sumardiyono
Nice infonya
MUHAMMAD SUFIYAN TAJUDDIN
Nambah ilmu
AHMAD ZAENUDIN
Thank infonya
agung
tq info ya
DYAH WIDIASTUTI
Thank infonya..
Hari Tristiyanto
detail bgt tios nya ... makasih ya