Ada 'Pulau SpongeBob' di Kalimantan Timur, Sudah Pernah ke Sana Belum?

Siapa sih yang nggak familiar dengan karakter kartun SpongeBob SquarePants. Kayaknya sudah pada tau deh. Nah animasi ini digandrungi semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Ada 'Pulau SpongeBob' di Kalimantan Timur, Sudah Pernah ke Sana Belum?

Nah di kartun itu, biasanya ada sesi yang ngasih lihat sebuah pulau kecil dengan tiga pohon yang menjulang. Pulaunya khas banget.

Dan, ternyata 'Pulau SpongeBob SquarePants' itu ada versi Indonesia lho. Lokasinya ada di Kalimantan. Karena pulaunya kecil dan ada pohon-pohon yang menjulang, Pulau di Kalimantan Timur ini sampai dijuluki Pulau SpongeBob SquarePants. 

Kayak apa sih wujudnya? Ada yang sudah pernah ke sana?

Dijuluki Oleh Orang Jerman

Ada 'Pulau SpongeBob' di Kalimantan Timur, Sudah Pernah ke Sana Belum?

Image source: backpackerjakarta.com

Pulau ini lebih dikenal sebagai Bikini Bottom ala Kalimantan Timur. Namanya Pulau Manimbora di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 

Ternyata asal usul Pulau ini dijuluki oleh wisatawan asal Jerman. Jadi saat itu sedang pelesiran di perairan Kalimantan Timur. Dari Kejauhan dia melihat ada pohon kelapa yang menjulang. Dilihatnya mirip sama pulau yang biasa dilihat di pembukaan kartun SpongeBob SquarePants.

Julukan itu akhirnya melekat sampai sekarang. Kecantikan pulau ini luar biasa, bro. Pasir pantainya bersih, dan air lautnya berwarna biru toska. Cantik pokoknya.

Pulau Tak Berpenghuni

Ada 'Pulau SpongeBob' di Kalimantan Timur, Sudah Pernah ke Sana Belum?

Image source: backpackerjakarta.com

Ini bukan pulau yang dihuni manusia. Nggak luas kok. Lo bisa mengitari pulau ini hanya dengan jalan kaki aja. Karena perkiraannya, pulau ini luasnya cuma dua kali lapangan voli. 

Estimasinya cuma 30 menit buat lo bisa mengelilingi seluruh pulau ini. Banyak banget yang seru-seru kalau mengunjungi Pulau Manimbora ini.

Ombaknya terbilang kecil, jadi masih aman buat main-main air di bibir pulau. Belum lagi kalau airnya lagi surut. Hamparan pasir putih bakal kelihatan memanjang ke tengah laut dengan laguna di tepi ujungnya. 

Lo bisa berjalan sedikit agak ke tengah. Nah, di momen inilah lo bisa sepuasnya buat foto-foto. Kapan lagi lo bisa berdiri di laut lepas kan. Pastiin baterai HP nggak drop ya.

Kebanyakan wisatawan yang ke 'Pulau SpongeBob SquarePants' ini cuma buat singgah. Nggak disarankan kalau lo mau menginap di sana, meski lo menggelar tenda sekalipun. Jangan.

Waktu yang ideal buat ke lokasi ini yakni pas pagi hari atau sesaat sebelum matahari terbenam. Bawalah perbekalan yang cukup, nyeruput kopi di bibir pulau nikmat juga bro.

Misteri Tumpukan Tulang Manusia

Ada 'Pulau SpongeBob' di Kalimantan Timur, Sudah Pernah ke Sana Belum?

Image source: phinemo.com

Kecantikan pulau ini diselimuti misteri adanya tumpukan tulang manusia. Di sisi barat Pulau Manimbora ada sebuah bangunan di mana bangunan itu adalah pusara yang diberi kelambu warna kuning. Di sekelilingnya dipagar kayu

Tengkorak itu katanya miliki Suku Bajo. Konon, mereka kerap memanfaatkan Pulau Manimbora sebagai pemakaman bagi warga mereka yang wafat. 

Beberapa tengkorak dilengkapi papan nisan, tapi ada juga yang cuma dibiarkan berserak di pulau tersebut. Menarik, tapi bikin merinding juga ya. Kalau beruntung, lo bisa juga melihat acara ritual tahunan oleh warga lokal. Beberapa sesajen dan ritual dilakukan di Pulau Manimbora ini.

 

Source: https://www.grid.id/read/04197804/pulau-manimbora-pulau-fiktif-bikini-bottom-di-kartun-spongebob-yang-bisa-kamu-temukan-di-kalimantan-timur?page=all
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Ulin Nuha
Semoga bisa kesana.
Sumardiyono
Amazing infonya
MUHAMMAD SUFIYAN TAJUDDIN
Pulau SpongeBob SquarePants
Endy Fredian Dinata
So amazing
AHMAD ZAENUDIN
Waw luarbiasa...
agung
tq info ya
Oni Saputra
wow jadi pengen kesana
DYAH WIDIASTUTI
Thank infonya..
DYAH WIDIASTUTI
Nice infonya..
Hari Tristiyanto
Pesis banget ya....

semiga cepat viral agar bisa mndatangkan cuan bagi warha sekitar top