Cara Menghemat Oksigen Saat Scuba Diving

Kehabisan oksigen saat menjalani aktivitas Scuba Diving bisa dibilang menjadi hal yang sangat ditakuti oleh para penyelam. Sebab, hal yang satu ini bisa membahayakan dan mengancam nyawa, bro. Mau tahu bagaimana cara menghemat oksigen saat Scuba Diving? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Menghemat Oksigen Saat Scuba Diving

Scuba ini merupakan singkatan dari Self Contain Underwater Breathing Apparatus yang kurang lebih memiliki arti “alat bantu pernapasan bawah air pribadi” dalam bahasa Indonesia dan dicetuskan oleh Jacques Cousteau.

Sesuai dengan namanya, aktivitas Scuba Diving ini menggunakan udara normal yang dikompresi untuk mendukung aktivitas penyelaman, bro. Isinya memang bukan oksigen murni, tapi kurang lebih 79% nitrogen dan 21% oksigen.

Dengan tabung udara yang dibawa ini, lo bisa bebas beraktivitas di dalam air, bro. Bahkan, bisa dengan bebas menjelajahi bawah laut lebih dalam dan lebih lama ketimbang Free Diving. Tapi, lo juga wajib mempertimbangkan faktor keamanan, salah satunya ketersediaan oksigen.

Maka dari itu, sebelum nyebur, baiknya simak dulu cara menghemat oksigen saat Scuba Diving berikut ini, bro!

Pastikan Alat Scuba Diving Nggak Bocor

Cara Menghemat Oksigen Saat Scuba Diving

Image source: energiindogasnusantara.com

Cara menghemat oksigen saat Scuba Diving yang pertama yaitu pastikan alat Scuba Diving yang lo gunakan nggak bocor, bro. Pasalnya, sekecil apapun lubang yang dapat mengeluarkan udara dalam tabung pasti bakal mempengaruhi juga konsumsi udara saat menyelam.

Selain tabung udara, perhatikan juga sejumlah peralatan ini berfungsi dengan baik ya, bro:

Oring merupakan barang kecil namun sangat penting. Pastikan oring pada tabung udara lo bekerja dengan baik tanpa ada kebocoran, bro.

Masker dan Kacamata selam, pastikan kedua alat ini dalam kondisi baik, nggak bocor dan nggak cepat mengembun. Sebab, kalau hal ini terjadi, lo bakal banyak mengeluarkan udara buat membersihkannya, bro.

Mouthpiece pada regulator pastikan menghadap yang benar yaitu ke bawah. Sebab, kalau menghadap ke atas, maka udara biasanya bakal keluar dengan sia-sia, bro.

Pengalaman

Cara Menghemat Oksigen Saat Scuba Diving

Image source: Pexels.com/pixabay

Pengalaman dan Jam Selam memang menjadi faktor utama dalam mengatur kebutuhan oksigen dalam tabung. Pasalnya, kalau lo sudah memiliki jam selam yang tinggi, maka tubuh lo bisa lebih terbiasa dengan kondisi yang ada, bro.

Pemakaian udara pun bisa lo sesuaikan dengan sehemat mungkin agar bisa menyelam lebih lama dari biasanya.

Menyelam Dengan Santai

Cara Menghemat Oksigen Saat Scuba Diving

Image source: befreetour.com

Ternyata, gerakan tubuh juga sangat mempengaruhi kebutuhan udara buat bernafas lho, bro. Misalnya, saat lo sesekali mengayuh fin atau kaki katak dengan sekuat tenaga kemudian berhenti. Saat berhenti inilah lo membutuhkan pasokan udara yang yang lebih banyak.

Sama halnya ketika lo berlari kencang beberapa meter, lo pasti bakal ngos-ngosan saat berhenti berlari, bro. Jadi sebaiknya lakukan segala aktifitas dalam air dengan santai atau nggak tergesah-gesah.

Lakukan segala aktivitas di bawah laut dengan pikiran senang. Hal ini pasti bakal mempengaruhi persediaan udara dalam tabung biar makin hemat, bro.

Jangan Menyelam Terlalu Dalam

Cara Menghemat Oksigen Saat Scuba Diving

Image source: Pexels.com/pia

Cara menghemat oksigen saat Scuba Diving selanjutnya yaitu usahakan jangan sampai menyelam terlalu dalam, bro. Pasalnya, saat menyelam terlalu dalam, pasti bakal terjadi perubahan tekanan dalam paru-paru

Semakin dalam menyelam, maka paru-paru lo bakal semakin menyempit dan tentu saja bakal membutuhkan oksigen yang lebih banyak ketimbang menyelam di kedalaman yang dangkal. Jadi, usahakan jangan menyelam terlalu dalam saat Scuba Diving ya, bro.

Kenali Bobot Tubuh Sendiri

Cara Menghemat Oksigen Saat Scuba Diving

Image source: unsplash.com/chris_slupski

Buoyancy atau daya apung bisa dibilang menjadi hal yang sangat penting dalam aktivitas Scuba Diving. Tapi balik lagi, untuk mendapatkan daya apung yang baik berarti lo harus memiliki banyak jam selam, bro.

Tapi kalau lo masih pemula, lo bisa gunakan BCD atau Bouyancy Compensator Device. Alat tambahan buat Scuba Diving yang satu ini berupa rompi yang di dalamnya terdapat udara yang bisa disesuaikan dan berfungsi buat membantu mengatur daya apung selama menyelam, bro.

Nah, itulah beberapa cara menghemat oksigen saat Scuba Diving. Jadi, nggak ada alasan lagi buat takut mencoba olahraga ekstrem yang satu ini ya, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi: https://wanadri.or.id/home/tips-menghemat-borosnya-udara-oksigen-saat-diving/
In Depth Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Yeni Kurniasih
informasinya bermanfaat beberapa pola perjalanan wisata petualangan di Indonesia
Sumardiyono
Nice infonya
Ulin Nuha
Thanks infonya
Hari Tristiyanto
tips yg tops
DYAH WIDIASTUTI
Thanks infonya
Yoga prisma haryanto
Bermanfaat sekali
Wafiroel N
tambah wawasan nih
Heni Oen
info yang bermanfaat
Agung Sutrisno
Kehabisan oksigen membahayakan dan mengancam nyawa